Klasifikasi Dan Ciri-Ciri Tanaman Kamboja (Plumeria)

Kamboja atau dikenal dengan nama latin Plumeria merupakan tumbuhan yang berasal dari Amerika Tengah. Nama Plumeria diambil dari nama spesialis botani dari Perancis yaitu Charles Plumier.


 merupakan tumbuhan yang berasal dari Amerika Tengah Klasifikasi dan Ciri-Ciri Tanaman Kamboja (Plumeria)
Charles Plumier, salah seorang botanist yang dinilai paling kuat dalam sejarah tumbuh-tumbuhan dan binatang sepanjang masa, menjadi pandangan gres penamaan bunga kamboja, yaitu Plumeria.

Meskipun berasal dari luar negeri, kamboja juga banyak ditemukan di Indonesia terutama di Bali. Hampir di setiap sudut Pulau Bali terdapat tumbuhan kamboja, alasannya yaitu keberadaan tumbuhan ini dekat dengan kebudayaan masyarakat setempat. Sedangkan di tempat lain di Indonesia kamboja banyak ditemukan tumbuh di tempat pemakaman dan dipakai untuk peneduh atau tanda makam.


 merupakan tumbuhan yang berasal dari Amerika Tengah Klasifikasi dan Ciri-Ciri Tanaman Kamboja (Plumeria)
Kultivar kamboja yang berwarna pink dan putih.

Tanaman kamboja pertama kali masuk ke Indonesia pada masa penjajahan Portugis dan Belanda. Tanaman ini gampang tumbuh di banyak sekali tempat dengan ketinggian tidak lebih dari 700 meter di atas permukaan laut. Kamboja bisa menyesuaikan diri dengan baik di banyak sekali tempat dan tidak membutuhkan iklim tertentu untuk sanggup berkembang biak. Meskipun dikenal dengan bunga yang banyak ditemukan di tempat pemakaman, kamboja sekarang menjadi salah satu tumbuhan hias yang banyak dimiliki dan dikoleksi oleh para pecinta tanaman.


Kamboja atau plumeria mempunyai ciri tumbuhan yang berbeda dengan bunga lainnya. Tanaman kamboja berbentuk pohon dengan tinggi sekitar 1,5 hingga 6 meter dan mempunyai banyak sekali macam warna bunga mirip merah, kuning, dan putih, tergantung jenis kultivar plumeria yang Anda ingin tanam. Di bawah ini merupakan rincian pembagian terstruktur mengenai dan ciri-ciri tumbuhan kamboja:


Klasifikasi Tanaman Kamboja


Nama latin kamboja yaitu plumeria, dengan banyak sekali varietas mirip plumeria rubra, abtusa, dan alba. Klasifikasi plumeria atau kamboja adalah:



  • Kingdom: Plantae

  • Sub kingdom: Viridiplantae

  • Super divisi: Streptophyta

  • Intra kingdom: Embryophyta

  • Divisi: Tracheophyta

  • Kelas: Spermatophytina

  • Ordo: Magnoliopsida

  • Famili: Gentianales

  • Genus: Plumeria

  • Spesies: Plumeria sp


Ciri-ciri Tanaman Kamboja


Kamboja mempunyai banyak sekali macam jenis spesies yang mempunyai banyak sekali warna bunga dan nama latin yang berbeda namun masih dalam satu keluarga, yaitu keluarga apocynacecae. Tanaman ini sanggup tumbuh dengan baik pada suhu tropis atau sub tropis. Kamboja juga tumbuh dengan cepat, berikut ciri-ciri tumbuhan kamboja:


Batang


Tanaman kamboja mempunyai batang yang keras, lingkaran memanjang, mempunyai cabang yang banyak, bekas dudukan daun terlihat jelas, dan berwarna putih kehijauan. Selain itu, batang tumbuhan ini bisa tumbuh dengan cepat, dan kebal terhadap hama dan penyakit yang menyerang. Batang tumbuhan ini memilik ketinggian sekitar 1,5 – 6 meter bahkan lebih tergantung dari jenis yang di tanam.


Daun


Tanaman kamboja mempunyai daun tunggal, mempunyai panjang 10-25 cm bahkan lebih, runcing di bab pangkal, mempunyai bab tepi merata, tebal dan mempunyai bentuk lonjong. Daun kamboja berwarna hijau muda dan hijau tua. Selain itu, daun tumbuhan ini memerlukan matahari yang cukup untuk memasak, menyimpan dan menciptakan cadangan makanan yang baru.


Bunga


Bunga tumbuhan kamboja berbentuk mirip terompet dan berkumpul di ujung ranting. Bagian dalam bunga ada yang berbulu dan tidak berbulu dan mempunyai banyak sekali macam warna. Tangkai putiknya berukuran pendek, tumpul, dan melebar.


Buah


Buah pada tumbuhan kamboja berbentuk lonjong kebulatan berwarna kehijauan dan kehitaman bila sudah tua. Selain itu, buah kamboja mempunyai panjang sekitar 18-20 cm dengan lebar sekitar 1-2 cm, berongga dua, dan berbiji banyak.


Akar


Tanaman kamboja mempunyai akar tunggang, bercabang dan berwarna kecoklatan. Akar tumbuhan ini mempunyai fungi untuk menyerap mineral dan unsur air yang ada di dalam tanah dengan kedalaman 1,5 -2 meter bahkan lebih tergantung dengan pertumbuhan tanaman.


Itulah isu mengenai tumbuhan kamboja, pembagian terstruktur mengenai dan ciri-cirinya. Semoga isu ini bermanfaat dan sanggup menambah pengetahuan Anda perihal tumbuhan kamboja.


Kami menjual aneka jenis tumbuhan kamboja, jikalau Anda tertarik silahkan klik disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Klasifikasi Dan Ciri-Ciri Tanaman Kamboja (Plumeria)"

Posting Komentar