Manfaat Dan Kelebihan Pertanian Organik

Keberadaan sistem pertanian organik memainkan peranan penting terhadap hasil pertanian kar Manfaat dan Kelebihan Pertanian Organik
Keberadaan sistem pertanian organik memainkan peranan penting terhadap hasil pertanian sebab mengandalkan bahan-bahan alami atau menghindari penggunaan bahan-bahan kimia.

Pengenalan materi kimia di bidang pertanian menerima begitu banyak perhatian. Hasil pertanian mendadak melimpah-pada awalnya. Setiap kerusakan yang ditimbulkan pupuk kimia hampir tidak terlihat. Teknologi ini tersebar di seluruh dunia sebab dianggap revolusi di bidang pertanian. Hingga pada hasilnya masyarakat menghadapi persoalan serius bekerjasama dengan kesehatan menyerupai kanker, polusi, degradasi tanah, dan pengaruh pada binatang domestik.


Sederetan penyakit berbahaya tersebut diakibatkan oleh contoh makan dan gaya hidup yang tidak sesuai. Buah-buahan dan sayuran yang dikonsumsi boleh jadi mempunyai nama yang sama tapi proses tumbuhnya tidak lagi sesuai akhir adanya campur tangan materi kimia di dalamnya. Petani konvensial biasanya tidak memahami hal ini. Saatnya para petani menyadari akan manfaat dan kelebihan yang diperoleh dari pertanian organik.


Pertanian organik merupakan upaya mewujudkan sistem pertanian berkelanjutan dengan menerapkan teknologi dengan tetap mempertimbangan keseimbangan lingkungan dan ekosistem.


Baca juga: Cara Menanam Cabe Rawit Secara Organik


Manfaat dan Kelebihan Pertanian Organik


Pertanian organik mengusung sistem rotasi penanaman, kontrol pestisida biologi dan pupuk hijau. Penerapan tersebut menghasilkan kondisi tanah yang jauh lebih baik dan flora tetap sehat bebas hama dan penyakit.


Berikut manfaat dan kelebihan materi organik:


1. Hasil pertanian yang lebih sehat


Keberadaan sistem pertanian organik memainkan peranan penting terhadap hasil pertanian kar Manfaat dan Kelebihan Pertanian Organik
Pertanian organik hadir sebagai penghasil buah sehat, bergizi, dan aman.

Nutrisi paling penting yang didapatkan dari buah dan sayur ialah kandungan kalsium, protein, karbohidrat, dan vitaminnya. Semua hal tersebut bisa hilang apabila telah terkontaminasi dengan bahan-bahan kimia. Pertanian organik hadir sebagai penghasil buah sehat, bergizi, dan aman.


2. Harga jual lebih mahal


Sejalan dengan kualitas hasil pertanian maka harga yang diperoleh setidaknya 25-30% dibandingkan dengan harga pertanian biasa. Hal tersebut juga bisa menunjang tingkat perekonomian para petani organik.


3. Biaya operasional lebih murah


Penggunaan pupuk anorganik biasanya sangat mahal. Dengan pertanian organik petani tidak perlu lagi khawatir mengenai pengeluaran biaya pupuk sebab petani bisa memanfaatkan sumber hara yang diperoleh dari kotoran binatang ternak, sisa hasil panen ataupun rumput liar.


Baca juga: Menggunakan Azolla Sebagai Pupuk Organik


4. Menjaga kualitas tanah


Keberadaan sistem pertanian organik memainkan peranan penting terhadap hasil pertanian kar Manfaat dan Kelebihan Pertanian Organik
Menghindari penggunaan materi kimia menghasilkan kondisi tanah yang jauh lebih baik dan flora tetap sehat bebas hama dan penyakit.

Menggunakan bahan-bahan organik bisa mendorong acara biologi tanah. Mampu menjaga dan memperbaiki pH tanah, juga terlindungi dari mulsa organik.


5. Mengurangi limbah pertanian


Limbah pertanian tidak lagi perlu dirisaukan sebab sanggup dimanfaatkan sebagai materi alami pupuk organik.


6. Menjaga kualitas air


Di banyak tempat pertanian, pencemaran air tanah dengan pupuk sintetis dan pestisida ialah persoalan utama. Untuk mengatasinya maka materi kimia digantikan oleh pupuk organik (misalnya kompos, pupuk kandang, pupuk hijau).


7. Lingkungan pertanian tetap sehat


Polusi yang diakibatkan oleh pupuk anorganik tidak lagi meresahkan sehingga lingkungan kerja para petani tetap kondusif dan sehat.


Itulah manfaat dan kelebihan pertanian organik, baik bagi insan maupun alam. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan bagi para pembaca.


Untuk mengetahui lebih banyak lagi wacana produk pertanian, silahkan dilihat di website kami ini, bibitbunga.com.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Manfaat Dan Kelebihan Pertanian Organik"

Posting Komentar