Cara Stek Daun Bunga Gloxinia – Dua Bulan Niscaya Tumbuh!



Ini ialah tumbuhan hias dari Brasil, varian warnya mulai merah hingga ungu. Tanaman di dataran tinggi lebih dari 500 meter di atas permukaan laut. Pengembangbiakannya melalui pembenihan, tunas, dan stek daun. Cara terakhir lebih disukai alasannya lebih cepat, sederhana dan akhirnya memuaskan.





Pengembangbiakan stek daun diharapkan alat-alat berupa tanah humus atau gembur sebagai media tanam, pisau dan gunting.





Baca Juga tentang: 









Memulai Pengembangbiakan Stek Daun:





Media tanam harus gembur, drainase yang baik dan tersedia materi organik tinggi, seperti. Hal ini akan menunjang percepatan perakaran dan penyesuaian stek daun. Sistem akar gloxinia bersifat superfisial, artinya penanaman stek harus dangkal tapi luas.





Pilih calon stek daun dari tumbuhan yang sehat berupa berwarna hijau kebiruan, tumbuh besar dan tidak ada hama penyakit.





Potong daun tersebut dari pangkal tangkainya sekitar satu sentimeter, kemudian potongan tersebut dibelah lagi menjadi dua kepingan atau potongan kecil. Pemotongan daun diadaptasi arah guratan atau urat daun. Tanam stek daun di media tanam yang telah disediakan. Daun ditanam tidak terlalu dalam juga tidak terlalu dangkal. Bisa ditanam berjejer atau dalam satu media.





Baca Juga tentang: 









Tutup semaian dengan sungkup plastik atau sanggup dibentuk secara sederhana dari potongan bekas botol air minum kemasan atau gelas plastik transparan. Tujuannya menjaga kelembaban stek dan paparan sinar matahari secara langsung. Sebelum ditutup, siram media tanam secukupnya.





Simpan di tempat teduh dan periksa kembali sepekan kemudian untuk mengetahui proses pertumbuhannya. Fase ini untuk memastikan pertumbuhan stek dan kebutuhan yang diharapkan untuk tumbuhan baru.





Setelah sebulan akan terlihat stek daun menguning dan ibarat mati, tapi jangan khawatir, itu hal lumrah. Biasanya membuktikan telah tumbuh akar. Namun, jikalau ditemui stek daun membusuk, segera buang atau ganti lagi dengan stek baru.





Biarkan stek hingga menunggu waktu sekitar dua pekan. Setelah itu akan terlihat tunas gres muncul dari stek daun. Buka epilog stek dari sungkup plastik transparan. Biarkan stek tumbuh perlahan, namun tetap disimpan di tempat terjaga hingga dua pekan lagi.





Normalnya, Bunga Gloxinia biasanya berbunga sehabis usia tanamnya mencapai 12 hingga 20 minggu. Bibit stek jikalau sudah memiliki paling sedikit 2 helai daun siap dipindahkan ke pot atau media lainnya. Pemindahan paling baik pada pagi atau sore hari.





Saat penanaman tersebut stek daun harus dalam posisi tegak. Penanaman ibarat ketika penanaman stek, perlu kehati-hatian. Tutup lubang tanam memakai lapisan tanah kepingan atas dan padatkan kepingan pinggirannya.





Cara merawat gloxinia jikalau ditanam di pot ditempatkan di ruang terbuka dan cukup matahari tapi tidak pribadi terkena paparan sinar matahari, alasannya sanggup menyebabkan bunga cepat memudar.





Suhu yang cocok berkisar 22 hingga 25 derajat Celcius pada siang hari dan tidak di bawah 18 derajat Celcius pada malam hari.










Periode pertumbuhan dan pembungaan gloxinia harus didukung kelembaban udara yang mencukupi. Jika tidak pertumbuhan tumbuhan melambat, daun melengkung atau melintir, kuncup bunga memudar dan tidak akan mengembang.





Tanaman memerlukan air cukup ketika pertumbuhan vegetasi, alasannya itu harus rutin dilakukan penyiraman. Saat ekspresi dominan kemarau penyiraman dilakukan dua hingga tiga hari sekali. Di ekspresi dominan hujan tergantung kondisi media tanam apakah mengering atau sebaliknya.





Beberapa kesalahan ketika pengembangbiakan gloxinia:





  • Kesalahan menanamkan stek daun ke media tanam dengan cara dipaksa. Sebaiknya stek daun diperlakuan hati-hati, buat lubang di tanah memakai jari atau tongkat. Setelah itu tanam stek perlahan-lahan dan sedikit menekan tanah di sekitarnya.
  • Kekurangan cahaya
  • Stek terkena snar matahari pribadi yang menimbulkan daun mengering dan mati.
  • Penggunaan pemotong ibarat guting atau pisau yang tumpul dan berkarat. Alat yang kotor sanggup menimbulkan stek busuk.
  • Pemilihan daun yang salah. Hindari menyetek daun terlalu renta dan terkena hama penyakit
  • Media tanam tergenang air dan suhu udara rendah









Beberapa faktor tumbuhan tidak tumbuh normal ketika fase pertumbuhan:





  • Pencahayaan yang buruk. Paparan sinar matahari terlalu berlebihan atau kurang.
  • Kekurangan nutrisi berupa pupuk
  • Suhu udara tidak sesuai
  • Pot bunga yang terlalu besar
  • Perawatan yang salah ketika masa pertumbuhan yang seharusnya memerlukan penanganan ketelatenan




Tanda tumbuhan sakit:





  • Daun menguning akhir sinar matahari berlebih dan pupuk melebihi dosis, serta ketidaksesuaian kelembaban
  • Bintik coklat di daun akhir penggunaan air hambar ketika menyiram tanaman
  • Daun pucat yang menjadikan bunga tidak mekar alasannya kekurangan nutrisi dan pencahayaan.




Serangan hama dan penanggulangannya:





  • laba-laba ialah hama paling berbahaya terhadap bunga gloxinia. Penanggulangannya harus segera, sanggup memakai antihama kimia yang tersedia di toko pertanian.
  • Gloxinia juga sanggup diserang hama thrips dan aphid yang biasa menyerang tumbuhan cabai. Hama ini sanggup mematikan tumbuhan dalam waktu cepat. Untuk menanggulanginya semprot dengan insektisida yang sanggup dibeli di toko pertanian.


Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Stek Daun Bunga Gloxinia – Dua Bulan Niscaya Tumbuh!"

Posting Komentar