Cara Menyemai Adenium Dari Biji – Hingga Perawatan Bunga

Bunga adenium merupakan salah satu bunga yang cukup digemari oleh masyarakat. Dan cukup banyak yang menjadi penggemarnya kemudian mengoleksi bunga tersebut. Bunga tersebut cocok menjadi tumbuhan hias di perkarangan pribadi.


Jenis bunga adenium ini yakni bunga yang cocok yang ditanam di tempat dataran rendah. Serta mempunyai kelembapan yang cukup baik. Bunga adenium merupakan salah satu bunga yang mempunyai keindahan yang tak terkalahkan. Dari itulah banyak orang yang menyukai Tanaman Adenium


Bunga adenium tidak hanya sanggup dikembangbiakkan dengan cara stek batang, namun bunga adenium juga sanggup dikembangbiakkan dengan bijinya. Perkembangbiakkan adenium memakai biji tolong-menolong mempunyai kelebihan daripada perkembangbiakkan memakai stek batang.


Kelebihannya antara lain, bonggol tumbuhan adenium sanggup menggelembung besar, namun kalau kita mengembangbiakkannya dengan stek maka hasil dari stek tersebut cenderung datar dan hanya sanggup menggelembung sedikit di bab perakarannya. Nah, oleh alasannya yakni itu walau lebih usang berbunga. Namun menyemai adenium dari biji lebih baik untuk digunakan.


Sebenarnya dalam hal  pembibitan bunga adenium itu tidak teralu sulit. Namun masih banyak juga penggemar bunga ini yang merasa kesulitan dalam hal pembibitannya. Yang menjadikan kurang maksimalnya hasil yang didapatkan. Hal itu sanggup terjadi dikarenakan kurangnya pengetahuan dan warta yang diperoleh oleh para penggemar bunga ini.


Namun, kalau kita sudah tahu syarat hidup dan  Cara Merawat Tanaman Adenium Agar Berbunga, maka kita akan lebih simpel membudidayakannya. Bahkan pada tingkatan pemula sekalipun. Bahkan kita juga membudidayakannya di rumah sekalipun.


Selanjutnya kita membahas  cara menyemai adenium dari bij. Tekniknya memang sanggup dikatakan susah-susah gampang. Kita tidak sanggup sembarangan meletakkan biji di media tanam.


Ada beberapa hal seharusnya kita perhatikan saat kita akan menyemai biji adenium. Yang paling fundamental biji dari adenium harus ditanam secara vertical atau berdiri, alasannya yakni bila kita menanamnya dengan horosontal atau mendatar maka resiko membusuknya lebih tinggi.


Berikut tahapan-tahapan menyemai biji adenium semoga berhasil:



  1. Pertama kita ambil buah adenium yang telah bau tanah atau matang dan tentunya yang sudah siap untuk disemai.

  2. Berikutnya yakni kita harus mengeluaran biji adenium dari dalam buahnya.

  3. Selanjutnya kita sanggup membersihkan biji-biji adenium tersebut dari bulu-bulu halus yang ada di kedua ujung biji adenium.

  4. Lalu kita harus merendam biji adenium tersebut dengan cairan fungi selama kurang lebihnya 60 menit.

  5. Berikutnya kita sanggup menyiapkan media tanam dengan komposisinya yaitu, sekam dan pasir malang dengan perbnadingannya yaitu 1:1 kemudian kita menyemprotnya dengan sprayer semoga media tersebut lebih berair dan kita sanggup dengan simpel menanami biji.

  6. Kita buat lubang dengan cara menusuk media memakai  kayu, yang dipakai untuk memasukkan biji adenium yang akan disemai.

  7. Setalah itu kita sanggup memasukkan biji-biji tersebut secara vertical atau bangun paa lubang yang kita buat.

  8. Bila semua biji sudah simpulan dimasukkan di dalam lubang, kita sanggup menaburkan sedikit pasir di atasnya media yang telah kita semai bijinya tadi.

  9. Selanjutnnya kita sanggup melaksanakan penyemproyan dengan sprayer lagi pada media tanam adenium tersebut.

  10. Agar menjaga kelembapan pada media tanam, kita sanggup menutup media tersebut memakai  koran ataupun plastik, kemudian kita tempatkan media di tempat yang teduh.


Cari tahu juga:









Waktu kurang lebih satu minggu. Biji-biji yang sudah disemai tersebut keluar tunas-tunas baru.


Bila adenium sudah berbentuk biji maka kita cukup melaksanakan tahapan-tahapan dari no 4 hingga 10 saja. Tahapan no 1-3 biasanya dipakai oleh penggemar bunga adenium pernah mencicipi adanya tongkol adenium yang ibarat tanduk.



  1. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk merawat biji bunga adenium, antara lain:Saat kita melaksanakan penyiraman pada biji adenium sebaiknya diberikan penyiram secukupnya saja. Air dihentikan hingga menggenangi pot, alasannya yakni biji adenium tersebut sangat rentansekali. Dan bila air hingga membajari potnya, maka biji adenium tentunya akan membusuk.

  2. Ketika cuaca sangat terik, maka kita harus menawarkan tempat naungan atau berlindung bagi bii adenium yang gres kita semai/ semoga biji juga sanggup tumbuh secara baik dan sempurna.

  3. Bila gejala-gjala penyakit pada adenium sudah kita ketahui dan kenali maka senaiknya kita harus mengantispasi dengan menawarkan obat mirip fungisida. Agar ademium sanggup tumbuh dengan sehat dan baik. Dan tentunya semoga tidak emmbusuk,

  4. Jika kita ingin sukses dalam penyemaian biji adenium yaitu dengan cara memakai media yang steril dan juga berkualitas baik tentunya. Bila kita tidak yakin kita mengunnakan media yang kurang steril maka kita sanggup menyemprotkan fungisida dan serta kita juga sanggup menjemurnya. 







Begitulah pembahasan mengenai penyemaian biji adenium kali ini. Untuk membudidayakan adenim memang diharapkan perilaku sangat menyenangi dan telaten.


Agar tidak simpel mengalah dalam proses pembibitannya. Karena apalagi untuk pemula mungkin kesalahan satu atau dua tahapan itu biasa alasannya yakni belum mengenali bagaimana karakteristik bunga adeniun itu sendiri.


Cari tahu juga:



Dan perlu diingat bia kita ingin membudidayakan suatu tumbuhan sebaiknya kita juga mempelajari banyak sekali macam karakteristik dari tumbuhan tersebut, pembibitan tumbuhan tersebut, ataupun informasi-informasi penting mengenai tumbuhan tersebut.


Jangan hingga kita hanya mencoba pembibitan namun buta akan warta tumbuhan itu sendiri. Pada artikel ini yang kita bahasa memang bunga adeniun, oleh alasannya yakni itu kita harus mengenali bunga adenium. Agar pembudidayaan bunga adenium tersebut berhasil.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menyemai Adenium Dari Biji – Hingga Perawatan Bunga"

Posting Komentar