Cara Mengenali Gas Karbon Monoksida Dan Bahayanya

Cara Mengenali Gas Karbon Monoksida dan Bahayanya Cara Mengenali Gas Karbon Monoksida dan Bahayanya

Dear sahabat BT, pernahkah sahabat mendengar atau membaca gosip wacana seseorang yang tiba-tiba meninggal mendadak ? dan ternyata sehabis diselidiki seseorang tersebut meninggal alasannya kelamaan menghirup udara yang terkontaminasi gas karbon monokasida. Nah pada kesempatan ini Om BT akan sharing terkait Cara Mengenali Gas Karbon Monoksida dan Bahayanya.

Karbon monoksida (CO) ialah gas yang tidak berbau, tidak berwarna dan tidak berasa. Gas ini timbul dari pembakaran materi bakar fosil yang tidak sempurna.

Sumber CO termasuk pemanas gas (dengan dan tanpa flues), kompor gas, kayu atau pemanas arang, asap tembakau, dan infiltrasi knalpot mobil. Emisi yang berada di ruang tertutup dan tidak terventilasi sanggup menjadikan korban jiwa dan rawat inap.

Dapat dikatakan, CO ialah polutan yang paling banyak di atmosfer. Banyak pemanas yang dipakai untuk memanaskan rumah bekerja dengan aben gas.

Belum ada kejelasan pengaruh CO pada konsentrasi rendah. Namun, pada konsentrasi sangat tinggi sanggup menjadikan ketidaksadaran dan kematian, yang sanggup terjadi dalam beberapa menit.

Gejala keracunan CO sanggup disalahartikan sebagai flu, menyerupai pusing, sakit kepala, malaise dan mual. Kelompok yang berpotensi rentan termasuk orang tua, orang dengan suatu kondisi kesehatan, anak-anak, ibu hamil dengan janin di dalamnya.

Hal menjadi perhatian, konsentrasi CO di lingkungan dalam ruangan sanggup meningkat relatif cepat, dan mengingat dengan tidak berbau. Tingkat yang meningkat telah menjadikan kematian yang tidak disengaja, bahkan selama dekade terakhir. Kematian ini biasanya dikaitkan dengan paparan emisi dari peralatan gas yang berfungsi jelek atau ventilasi ruangan yang tidak memadai dan sistem pemanas gas yang tidak dilepas.

Menanggapi sejumlah keracunan CO,  Australian Gas Association and Energy Safe Victoria telah menghasilkan lembaran fakta untuk mendidik masyarakat wacana penggunaan yang kondusif dari pemanas berbahan bakar gas dan potensi ancaman keracunan CO. Salah satunya dengan mempunyai pemanas gas yang diperiksa setiap dua tahun oleh tukang gas berlisensi dan meminta Sertifikat Kepatuhan.

Di samping itu, pastikan ada beberapa asupan udara segar secara terencana ke dalam rumah. Jangan memakai pemanas gas semalaman atau untuk waktu yang lama.

Kemudian, dianjurkan lakukan 'tes kompor gas' dengan cara nyalakan api di atas kompor. Jika itu aben dengan warna jingga dengan kemunculan asap, itu sanggup menjadi bendera merah bahwa ada CO di udara.

Saran berikutnya yang paling gampang dengan mempertimbangkan untuk memasang alarm CO sebagai tindakan keamanan tambahan. Dengan alat tersebut, akan lebih gampang mengenali keberadaan CO di udara, dan sanggup eksklusif menawarkan peringatan. 

Demikian postingan Om BT tentang Cara Mengenali Gas Karbon Monoksida dan Bahayanya. Semoga bermanfaat. [BT]

Sumber http://www.blogteknisi.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Mengenali Gas Karbon Monoksida Dan Bahayanya"

Posting Komentar