Cara Menanam Paprika Dalam Pot Atau Polybag

Pada artikel kali ini kita akan mempelajari cara menanam paprika di  Cara Menanam Paprika Dalam Pot atau Polybag


Pada artikel kali ini kita akan mempelajari cara menanam paprika di polybag atau pot, dari biji. Sebelumnya, kita perlu ketahui dulu lebih lanjut tentang asal seruan buah paprika, sehingga lebih afdol dalam hal menanamnya hehe..


Pada artikel kali ini kita akan mempelajari cara menanam paprika di  Cara Menanam Paprika Dalam Pot atau Polybag


Apakah paprika itu termasuk kedalam sayur atau buah?


Paprika termasuk dalam species Capsicum annuum. Tanaman paprika menghasilkan buah dengan banyak sekali warna buah ibarat merah, kuning, hijau, atau bahkan ungu. Paprika sendiri sepintas mempunyai bentuk ibarat lonceng (ada juga yang jenis panjang), dan rasa yang dimiliki paprika sendiri yaitu anggun dan sedikit pedas, masih satu genus dengan tumbuhan cabai.


Pada artikel kali ini kita akan mempelajari cara menanam paprika di  Cara Menanam Paprika Dalam Pot atau Polybag
Apakah semua jenis paprika berbentuk lonceng? Rupanya tidak. Di bibitbunga.com Anda bisa mendapat banyak sekali jenis varietas paprika lengkap.

Kenapa paprika mempunyai rasa sedikit pedas?


Karena sama halnya ibarat cabai, paprika mengandung senyawa yang berjulukan Capsaicin, meskipun jumlahnya tidak sebanyak pada buah cabai. Capsaicin merupakan senyawa yang menjadikan rasa pedas atau panas di dalam mulut. Pada paprika kandungan capsaicin terkandung pada daging buah dan capsaicin dengan konsentrasi yang tinggi terkandung pada kawasan sekitar bijinya. Bagi Anda yang mungkin belum tahu, paprika yang berwarna merah mengandung senyawa capsaicin yang tinggi daripada paprika dengan warna yang lainnya. Paprika juga mengandung vitamin C, dan faktanya vitamin C pada paprika merah dikatakan dua kali lebih banyak daripada paprika hijau.


Bagaimana cara menanam paprika?


Ayo kita masuk ke kepingan pembahasan inti dari artikel ini. Jika Anda tertarik untuk menanam paprika dari biji, berikut ini yaitu panduannya dengan memakai wadah pot atau polybag.


Langkah I. Niatkan, dan siapa bilang paprika tidak bisa di dataran rendah?


Seperti yang telah kita ketahui bahwa di Indonesia sendiri sudah banyak yang membudidayakan tumbuhan paprika ini. Jenis yang biasa ditanam di Indonesia yaitu skipper, blue star dan wonder bell. Dan di Indonesia sendiri paprika biasanya dibudidayakan di dataran tinggi yang mempunyai suhu yang dingin.


Jadi, bila Anda berada di dataran rendah dan hendak menanam paprika di pekarangan rumah apakah tidak akan bisa? Tentu saja bisa! Sudah banyak kok teman-teman kita yang mencoba menanam paprika di dataran rendah dan bisa berbuah.


Langkah II. Dapatkan & Siapkan Benih


Langkah selanjutnya Anda persiapkan benih paprika. Anda bisa membelinya di toko kami ini, Anda bisa mendapat banyak sekali macam jenis paprika dari paprika hijau, paprika merah, paprika ungu dan masih banyak yang lainnya, dari jenis lokal hingga impor.


Setelah Anda mendapat benih paprikanya langkah selanjutnya yaitu merendam benih paprika ke dalam air hangat kuku selama kurang lebih 4 hingga 6 jam (optional). Langkah ini bertujuan biar benih paprika lebih cepat tumbuh dibanding tidak direndam. Selama masa perendaman campurkan dengan air bawang guna mempercepat perkecambahan paprika (bawang merah yaitu zpt alami yang sanggup merangsang akar tumbuhan).


Langkah III. Menyemai Benih Paprika


Siapkan terlebih dahulu media tanamnya, Anda bisa gunakan pot ataupun polybag yang mempunyai kisaran diameter 25 cm minimal. Kemudian untuk tanahnya memakai tanah yang gembur dan remah serta tidak padat. Kemudian taburkan benih paprika diatas tanah kemudian tutup kembali memakai tanah atau pasir yang halus. Selama masa penyemaian benih paprika hindarkan dari penyinaran matahari yang berlebihan dengan cara meletakkannya pada tempat yang teduh serta jaga selalu biar kondisinya tetap lembab dengan cara menyiraminya dengan memakai sprayer. Tunggulah sekitar 25 hari hingga benih mulai berkecambah dan berkembang menjadi bibit.


Pada artikel kali ini kita akan mempelajari cara menanam paprika di  Cara Menanam Paprika Dalam Pot atau Polybag
Biji paprika yang telah berkecambah, membuatnya berubah bentuk, dari yang bisa dikatakan masih biji (benih), sekarang sudah jadi bibit tumbuhan hidup paprika (tanaman muda berdaun dua).

Langkah IV. Mananam Paprika ke Media Tanam


Sembari menunggu benih paprika tumbuh menjadi bibit, Anda bisa persiapkan dulu media tanamnya untuk tempat tinggal bibit paprika. Media tanamnya memakai adonan antara tanah, pupuk kompos dan pupuk sangkar dengan kadar pebandingannya 1 : 1 : 1. Untuk pupuk kandangnya Anda bisa memakai kotoran binatang ternak ibarat sapi, kambing ataupun ayam.


Untuk memindahkan benih yang telah berkembang menjadi bibit Anda harus menunggu sekitar 25 hari hingga 30 hari. Gunanya biar bibit lebih besar lengan berkuasa dan mempunyai kemungkinan untuk tumbuh yang tinggi. Sebaiknya Anda melaksanakan pemindahan bibit pada sore hari alasannya suhunya tidak terlalu panas. Setelah dipindahkan ke dalam media tanam yang baru, letakkan pot atau polybag di tempat yang teduh.


Langkah V. Cara Merawat Paprika yang Sudah Tumbuh


Setelah paprika ditanam, untuk perawatannya yang pertama yaitu Anda perlu buat kayu penyangganya. Gunanya yaitu biar si paprika tidak gampang roboh diterpa angin. Selanjutnya siramilah si paprika setiap pagi dan sore hari. Penyiramannya diubahsuaikan dengan kondisi lingkungan, apabila hujan cukup satu kali sehari saja.


Lakukan juga pemupukan sehabis kira-kira 20 hari dari hari pemindahan bibit ke media tanam yang gres dan lakukan pemupukan setiap 20 hari sekali hingga si paprika siap untuk dipanen. Anda bisa memakai pupuk organik ibarat pupuk kompos, pupuk sangkar dll ataupun memakai pupuk kimia N-P-K. Bersihkan pula tumbuhan liar (gulma) yang tumbuh di sekitar tumbuhan paprika kesayangan.


Langkah VI. Cara Memanen Buah Paprika



  • Kapan saatnya untuk memanen paprika? Anda sudah bisa memanen paprika sehabis melewati kurang lebih 3 bulan.

  • Bagaimana cara mengetahui paprika siap untuk dipanen? Anda bisa mengetahui bagaimana paprika siap untuk dipanen dengan dua cara yaitu dengan diketuk dan ditekan. Bila buah paprika diketuk dan menjadikan bunyi yang nyaring, maka paprika siap untuk di panen. Dengan cara ditekan, yaitu ketika Anda menekan paprika dan bentuknya tidak berubah maka paprika siap untuk dipanen.

  • Bagaimana cara memetik paprika yang sudah matang? Paprika yang sudah matang cara memetiknya dengan memetik buahnya bersama dengan tangkainya. Setelah dipetik simpanlah pada suhu yang cukup cuek biar kualitas dari buah paprika tetap terjaga dengan baik.


Begitulah cara untuk menanam paprika pada pot atau polybag. Jika tertarik untuk mencobanya di rumah? Anda bisa klik disini untuk membeli aneka bibit tumbuhan paprika yang kami jual.


Semoga paprika Anda sanggup tumbuh dengan baik, serta bisa untuk panen raya ya! 🙂



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Paprika Dalam Pot Atau Polybag"

Posting Komentar