6 Manfaat Dari Menanam Satu Juta Pohon Bagi Lingkungan Dan Makhluk Hidup


Sudah bukan menjadi diam-diam lagi bahwa Indonesia ialah salah satu negara yang mempunyai hu 6 Manfaat dari Menanam Satu Juta Pohon Bagi Lingkungan dan Makhluk Hidup



Sudah bukan menjadi diam-diam lagi bahwa Indonesia ialah salah satu negara yang mempunyai hutan yang sangat luas. Hingga tahun 2017, tercatat pada data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) luas hutan Indonesia mencapai 125.922.474 hektare.


Meskipun angka tersebut terbilang cukup besar, secara umum hutan di Indonesia mengalami penyusutan tahun demi tahun. Pada tahun 2015 saja hutan Indonesia masih berada diangka 128 juta hectare. Penyebab menyusutnya hutan di Indonesia tidak lain alasannya ialah penebangan liar dan kebakaran hutan.


Manfaat dari Menanam Satu Juta Pohon Bagi Lingkungan dan Makhluk Hidup


Penting sekali untuk selalu menjaga bumi kita selalu ditumbuhi oleh pohon-pohon rindang. Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan khususnya oleh insan yang didapatkan dari menanam pohon Manfaat Budidaya Tanaman Secara Umum Bagi Masyarakat dan Lingkungan.


1. Menyediakan pasokan oksigen atau udara segar (paru-paru dunia)


Seperti yang sudah kita pelajari di dingklik sekolah, sebuah pohon mempunyai fungsi sebagai penghasil oksigen alami. Dari proses fotosintesis yang dilakukan oleh pohon dan dibantu dengan sinar matahari, sebuah karbondioksida diudara akan diubah oleh pohon menjadi oksigen yang menjadi materi utama untuk makhluk hidup bernafas Cara Merawat Pohon Sengon 1 Tahun Agar Cepat Besar.


Untuk sebuah pohon rindang sampaumur bisa menghasilkan oksigen untuk 2 orang dewasa, bisa kita bayangkan butuh berapa banyak pohon untuk persediaan oksigen bagi seluruh umat insan di seluruh dunia. Karena memang fungsi utama dari sebuah pohon ialah menghasilkan oksigen.


Tanpa adanya proses fotosintesis yang dilakukan oleh pohon, insan dan makhluk hidup lainnya sanggup dipastikan tidak sanggup bernafas dengan lega. Indonesia sendiri mempunyai kegiatan menanam pohon dengan tajuk menanam seribu pohon, namun dengan melihat lahan hutan semakin menyusut kegiatan tersebut berganti menjadi “Menanam Satu Juta Pohon”.


Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk memperbaiki kualitas lingkungan dan lahan dengan melaksanakan aktifitas menanam pohon yang cepat tumbuh. 10 negara berikut ialah negara dengan menyumbang lahan hutan terluas diantaranya Rusia, Brazil, Kanada, Amerika Serikat, China, Australia, Republik Demokratik Congo, Indonesia, Peru, dan India


2. Merindangkan dan menyejukkan lingkungan


Dengan menghasilkan banyak oksigen untuk lingkungan, satu juta pohon diperlukan sanggup menciptakan sejuk dan rindang lingkungan sekitar.


Dengan menyerap banyak karbondioksida dan polusi-polusi di udara yang sanggup menimbulkan lingkungan pans, adanya pohon yang menyerap udara-udara kotor tersebut kemudian dikembalikan kembali ke udara bebas berupa udara segar nan higienis yaitu oksigen.


Bahkan di kota-kota besar sekalipun sudah berbagai tempat hutan kota yang memang dicarikan lahan khusus di tengah kota yang kemudian ditanami sejumlah pohon Cara Menanam Pohon Maple di Indonesia dengan Mudah. Karena di kota berbagai kendaraan kemudian lalang, bangkit banyak pabrik, dengan adanya proteksi hutan kota diperlukan sanggup mendinginkan suasana kota.


Tak hanya memang disediakan lahan khusus ibarat hutan kota, di pinggir jalan, di taman juga sudah tumbuh banyak pohon Inilah Fungsi Budidaya Tanaman Hias Bagi Lingkungan. Sehingga sanggup dikatakan dengan adanya pohon sanggup mengurangi pencemaran udara. 






 


3. Melindungi lingkungan dari banjir dan tanah longsor


Selain daun dari pohon yang mempunyai fungsi untuk mengubah karbondioksida dan polutan diudara menjadi oksigen melalui proses fotosintesis, fungsi dari adanya sejuta pohon lainnya ialah sebagai tempat menyimpan air.


Dari sekolah dasar kita sudah diajarkan bahwa dengan menebang pohon secara sembarangan akan menimbulkan banjir dan longsor Cara Budidaya Pohon Gmelina Arborea Alias Si Jati Putih. Hal tersebut alasannya ialah memang fungsi akar dari pohon yang sudah sampaumur ialah untuk menyerap dan menyimpan air.


Ketika hujan tiba air yang masuk kedalam tanah akan diserap oleh akar-akar pohon dan sebagian akan mengalir eksklusif ke sungai. Walaupun debit air hujan banyak, dengan proteksi akar pohon debit air tidak akan meluap sampai ke lingkungan warga.


Tetapi lain dongeng bila tidak ada pohon, maka air-air yang masuk ke dalam tanah tidak akan ada yang menyerap dan semuanya eksklusif mengalir ke sungai. Dengan curah dan debit hujan yang besar, sungai tidak bisa menampung maka timbul lah banjir.


Selain itu debit air yang besar dalam tanah, bila tidak ada akar yang menyerap air tersebut akan menimbulkan tanah menjadi longsor khususnya pada daerah tebing dan dataran tinggi. 


4. Menjadi tempat tinggal satwa


Ada beberapa binatang yang memang tempat tinggalnya di hutan atau di pohon. Beberapa tahun terakhir berbagai pemberitaan mengenai turunnya binatang liar ke pemukiman warga, tentunya turunnya hewan-hewan tersebut bukan tanpa alasan melainkan alasannya ialah lingkungan tempat tinggal mereka telah berganti baik menjadi lahan perkebunan, kebakaran hutan, atau penebangan hutan liar. Sehingga hewan-hewan tersebut tidak mempunyai tempat tinggal lagi. 






 


Dengan kita menanam sejuta pohon, secara tidak eksklusif kita telah berpartisipasi, ikut serta dalam mengembalikan tempat tinggal bagi satwa dan mengembalikan ekosistem yang telah dirusak oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.


5. Menyediakan air bersih


Air yang sudah masuk kedalam tanah secara tidak eksklusif telah melalui proses filtrasi alami yang dilakukan oleh pohon yang ada di hutan.


Untuk itu pohon-pohon yang banyak sanggup berfungsi sebagai penyedia pasokan air higienis pada mata air khususna di dataran tinggi. Selain menyediakan udara yang bersih, pohon ternyata juga menyediakan air higienis untuk makhluk hidup.


6. Dapat mencegah erosi


Selain mencegah banjir dan tanah longsor, pohon-pohon yang beraa di pinggiran pantai (hutan bakau) sanggup berfungsi untuk mencegah abrasi atau pengikisan tanag. Akar-akar yang besar lengan berkuasa dari flora bakau sanggup menghalau gelombang dan pasang air bahari untuk mengikis tanah atau pasir yang ada dipinggiran bahari sehingga luas daratan tetap tanpa mengalami penyusutan


Itulah beberapa klarifikasi mengenai manfaat yang didapatkan dari menanam satu juta pohon. Diharapkan dengan adanya pelajaran mengasihi dan menghargai lingkungan dan pohon semenjak dini sanggup menyadarkan generasi penerus untuk selalu menjaga lingkungan sekitarnya. Khususnya untuk menjaga kelestarian pohon untuk kepentingan seluruh makhluk hidup yang ada di seluruh dunia


Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "6 Manfaat Dari Menanam Satu Juta Pohon Bagi Lingkungan Dan Makhluk Hidup"

Posting Komentar