Beginilah Cara Menanam Ficus Pumila Yang Baik Dan Benar


 lebih dikenal dengan sebutan daun dolar rambat Beginilah Cara Menanam Ficus Pumila yang Baik dan Benar




Ficus pumila lebih dikenal dengan sebutan daun dolar rambat. Daun ini berasal dari tempat Asia Timur tepatnya berada di daerah dataran Cina, Jepang, Vietnam, kemudian menyebar di seluruh wilayah Asia sampai negara di cuilan Eropa dan Amerika.





Dengan persebaran wilayah yang amat luas, ficus pumila selalu menjadi incaran konsumen untuk ditanam supaya semakin memperindah taman rumah Anda. Jika Anda tertarik untuk menanamnya, berikut akan dijelaskan bagaimana cara menanam ficus pumila yang baik dan benar.





Menyiapkan Bibit Ficus Pumila
Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam cara menanam ficus pumila yaitu menyiapkan bibit tanamannya terlebih dahulu. Untuk bibit tersebut, Anda sanggup mengambil pribadi dari tanamannya atau membeli di toko bibit flora terdekat.





Jika Anda membelinya di toko tanaman, maka Anda harus sanggup menentukan bibit yang berkualitas baik dengan mempunyai ciri-ciri warna bibit berwarna hijau, daun tidak layu serta flora tidak mempunyai cacat sedikitpun.





Tetapi, kalau Anda menentukan untuk mengambil bibit tersebut dari tanamannya langsung, maka sebelum Anda memulai cara menanam ficus pumila, Anda harus mengetahui beberapa hal terlebih dahulu. Seperti, menentukan flora ficus pumila yang mempunyai kualitas baik dan layak untuk dijadikan bibit.





Berikutnya, potonglah beberapa batang flora tersebut kurang lebih sepanjang 10 sampai 15 cm dengan memakai pisau. Pastikan bahwa batang yang telah Anda potong mempunyai akar rambat yang utuh supaya sanggup ditanam kembali.





Langkah selanjutnya mendapat bibit untuk cara menanam ficus pumila yaitu menyediakan wadah berisi air kemudian rendam batang tersebut selama kurang lebih satu sampai satu setengah hari. Besoknya, Anda harus menyediakan semai untuk melaksanakan pembibitan. Anda sanggup memakai polibag berukuran kecil untuk melaksanakan penyemaian.





Kemudian, masukan tanah yang sudah tercampur dengan pupuk kompos dan sedikit pasir dengan perbandingan 3:2:1 ke dalam polibag yang telah disediakan. Buatlah lubang tanam pada media semai tersebut. Kemudian tancapkan batang ficus pumila pada lubang tersebut dengan sebagian besar akar terbenam ke dalam tanah.





Siramlah dengan rutin bibit tersebut dan letakkan di tempat dengan penyinaran cahaya matahari penuh selama kurang lebih dua bulan. Setelah dua bulan, barulah Anda sanggup melangkah ke langkah selanjutnya, yaitu cara menanam ficus pumila.





Anda sanggup mempelajari cara menanam lada hitam kalau tertarik dengan jenis flora ini.





Memilih Lahan dan Lokasi Tanaman
Cara menanam ficus pumila berikutnya yaitu dengan menentukan lahan serta lokasi untuk flora itu sendiri. Karena ficus pumila merupakan flora rambat yang berfungsi untuk menghiasi dinding atau pagar rumah, maka pilihlah lokasi dll area sekitar tembok atau pagar rumah Anda.





Cara menanam ficus pumila dalam menentukan lahan dan lokasi flora sanggup Anda lakukan melalui langkah-langkah seperti, pertama Anda harus menyiapkan terlebih dahulu titik-titik pinggiran penanam pada media pagar atau tembok yang Anda inginkan. Berilah jarak sekitar satu meter dari titik-titik tersebut. Kemudian, buatlah lubang sedalam 30 sampai 40 cm dengan lebar 5 sampai 10 cm.





Cara menanam ficus pumila dalam menentukan lahan dan lokasi flora berikutnya yaitu menyiapkan tanah yang telah dicampur dengan pasir, pupuk kompos atau pupuk sangkar serta tanah liat dengan perbandingan 2:1:1:1. Jangan lupa untuk melaksanakan penggemburan tanah terlebih dahulu sebelum Anda menciptakan lubang pada lahan yang akan Anda tanami. Atur juga kelembaban serta pH tanahnya supaya flora tersebut sanggup tumbuh dengan subur.





Anda perlu mengetahui cara menciptakan pupuk organik untuk lada, cara menciptakan kotoran kambing menjadi pupuk kompos berkualitas, dan cara menciptakan pupuk kompos dari kotoran sapi dengan em4.














Menanam Tanaman Ficus Pumila
Setelah lahan tersebut siap ditanami, maka cara menanam ficus pumila berikutnya yaitu memasukkan terlebih dahulu tanah yang telah dicampur tadi untuk melapisi dasar lubang tanam dengan ketebalan 2 sampai 5 cm.





Selanjutnya, sayat polibag tempat melaksanakan penyemaian bibit san pindahkan secara perlahan ke dalam lubang tanam. Setiap lubang tersebut sanggup Anda tanami sekitar satu sampai tiga bibit ficus pumila sekaligus.





Setelah lubang tersebut terisi oleh bibit, maka cara menanam ficus pumila berikutnya yaitu menutup lubang tersebut dengan memakai tanah adonan sampai penuh dan padatkan.





Jangan lupa untuk memperhatikan tekstur dari dinding atau pagar yang akan menjadi tempat merambatnya flora tersebut. Jika tekstur dindingnya halus, maka Anda perlu memasang paku-paku kecil khusus flora atau paku kabel untuk dinding dengan jarak kurang lebih 50 sampai 100 cm.





Tetapi kalau tekstur tembok tersebut Cenderung berbatu dan tidak halus, maka Anda tidak perlu melaksanakan hal tersebut. Karena akar flora ficus pumila sanggup merambat dengan baik di tembok menyerupai ini. Begitu pula kalau Anda akan melaksanakan cara menanam ficus pumila di pagar, Anda harus mengikat batang flora tersebut kalau sudah mulai tumbuh tinggi pada tiap ketinggian 50 sampai 80 cm.
Anda perlu mengetahui cara menciptakan pupuk perangsang bunga dan buah.





Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui dari cara menanam ficus pumila. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan perawatannya supaya flora tersebut sanggup tumbuh dengan baik dan sehat.





Anda berkewajiban untuk menyiramnya secara teratur, melaksanakan pemasangan paku secara berkala, melaksanakan pemupukan serta penyiangan dan mengatasi hama yang menyerang. Tertarik untuk menanam ficus pumila kini juga?



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Beginilah Cara Menanam Ficus Pumila Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar