Ciri-Ciri Dan Manfaat Kantong Semar

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai ciri-ciri kantong semar dan manfaatnya. Tanaman ini bergotong-royong berasal dari genus Nepenthes dan dikenal dengan nama umumnya yakni kantong semar. Tanaman ini yaitu salah satu tumbuhan yang tergolong unik alasannya yaitu termasuk dalam tanaman karnivora yang bisa mematikan serangga yang masuk ke dalam kantong daunnya.


Pada artikel ini kita akan membahas mengenai ciri Ciri-ciri dan Manfaat Kantong Semar


Tanaman ini diminati oleh banyak orang alasannya yaitu tergolong dalam tumbuhan yang eksotis alasannya yaitu mempunyai keunikan secara morfologi dan fisiologi. Kantong semar ini mempunyai ciri-ciri yang membedakannya dengan tumbuhan lain.


Disamping itu, kantong semar juga mempunyai manfaat yang mempunyai kegunaan bagi kehidupan manusia, di luar popularitasnya yang dikenal sebagai tumbuhan karnivora. Apa sajakah itu? Simaklah ciri-ciri dan manfaat kantong semar berikut ini.


Ciri-ciri dari Kantong Semar


Kantong semar sebagai tumbuhan karnivora mempunyai ciri-ciri yang menjadi faktor pembeda tumbuhan ini dengan tumbuhan lainnya. Berikut ciri-cirinya.


Cara Kantong Semar Mendapatkan Nutrisi


Jika tumbuhan lain mengandalkan fotosintesis dan siklus nitrat untuk mendapat nutrisi, tumbuhan ini justru mengandalkan perolehan nutrisi dengan memangsa serangga sebagai materi dasar garam dan nitrat.


Tanaman ini mempunyai kantong yang merupakan modifikasi daun. Kantong ini berfungsi sebagai perangkap untuk memangsa serangga yang masuk ke dalamnya. Didasar kantong ini terdapat cairan asam yakni enzim pencerna proteolase, yang mengolah serangga yang dimangsa menjadi garam fosfat dan nitrat.


Tujuan Nepenthes memangsa serangga yaitu mengambil nutrisi dan kandungan nitrogen untuk menyokong pertumbuhannya.


Daun atau Kantong?


Daun muda pada kantong semar akan tertutup sampai mencapai tahap dewasa. Ketika kantong sudah tumbuh dewasa, kantong ini akan terbuka, dan berfungsi sebagai perangkap untuk memangsa menyerupai yang telah disebutkan pada diatas. Kantong yang merupakan daun ini akan kembali tertutup jikalau tumbuhan ini sedang mencerna mangsanya.


Jenis Kelamin Kantong Semar & Persilangannya


Merupakan tumbuhan berumah dua, yakni satu tumbuhan hanya akan mempunyai satu jenis kelamin saja, yakni jantan atau betina. Karena sifatnya yang berumah dua, Anda sanggup menemukan banyak sekali kantong semar dengan aneka macam jenis yang merupakan hasil dari perkawinan silang.


Tanaman ini berkembang biak secara kawin atau generatif, tapi juga sanggup berkembang biak secara tak kawin atau vegetatif. Perkembangbiakan secara kawin yakni dengan proses pembuahan pada tumbuhan kantong semar tak serumah kemudian menghasilkan biji sesudah perkawinan selesai. Perkembangbiakan secara tak kawin yakni dengan proses pertunasan atau stek batang.


Tipe Pertumbuhan Kantong Semar


Beberapa diantara tumbuhan ini yaitu tumbuhan yang sanggup merambat, dengan panjang sulur kantong pada tumbuhan ini yang sanggup tumbuh antara 15 meter sampai 20 m. Tapi yang paling banyak ditemukan yaitu yang tumbuh tegak (upright).


Beberapa Jenis Memiliki Bibir Kantong Berwarna Lain


Ada banyak jenis nepenthes yang mempunyai bibir kantong berwarna mencolok yang menghasilkan nektar untuk memikat serangga untuk masuk kedalam kantong. Dinding kantong mempunyai lapisan tipis lilin yang bersifat licin.


Manfaat dari Kantong Semar


Adapun manfaat dari tumbuhan kantong semar ini yang sanggup membantu insan yaitu sebagai berikut:



  1. Kantong semar dengan spesies Nepenthes gymnamphora sanggup dipakai sebagai indikator suatu iklim di kawasan tertentu. Jika spesies kantong semar ini sanggup ditumbuhkan pada suatu daerah, maka kawasan itu sanggup dipastikan mempunyai tingkat curah hujan yang tinggi, tanah dengan kandungan unsur hara rendah, serta kelembapan udara melebihi 75%.

  2. Cairan pada kantong sanggup dipakai sebagai obat batuk, dengan catatan bahwa cairan yang dipakai yaitu yang diambil dari kantong yang tertutup.

  3. Air rebusan dari cairan dan akar tumbuhan ini sanggup dipakai sebagai obat sakit perut, luka bakar, dan iritasi mata.

  4. Batang tumbuhan yang sudah dikeringkan dari jenis Nepenthes ampullaria sanggup dipakai sebagai pengganti tali jerat.

  5. Pada beberapa negara menyerupai Filipina, kantong dari tumbuhan ini sanggup dipakai sebagai pembungkus dikala menanak nasi, atau juga sebagai pengganti daun pisang pada pengemasan makanan tradisional, dengan catatan bahwa kantong yang akan dipakai sudah dicuci higienis untuk menghilangkan cairannya dan lapisan lilinnya.


Demikian artikel yang memaparkan ciri-ciri dan manfaat kantong semar. Tanaman karnivora yang sanggup digunakan sebagai tumbuhan hias sehingga banyak dibudidayakan ini sejatinya menawarkan beberapa manfaat yang mempunyai kegunaan bagi kehidupan manusia. Semoga segala isu yang sudah disajikan sanggup bermanfaat bagi Anda.


Kami menjual aneka jenis tumbuhan hias kantong semar, untuk melihatnya Anda bisa klik disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Ciri-Ciri Dan Manfaat Kantong Semar"

Posting Komentar