Bagaimana Cara Instalasi Listrik Yang Baik ?, Perhatikan Hal-Hal Berikut!


Sahabat BT, listrik yakni kebutuhan dasar insan untuk kondisi kekinian. Tanpa listrik banyak kebutuhan-kebutuhan insan yang tidak sanggup terpenuhi. Olehnya itu untuk menjamin kondisi listrik kita sanggup stabil dan andal, kebutuhan akan instalasi listrik yang baik yakni keharusan. Bagaimana Cara instalasi listrik yang baik ?

Instalasi listrik yang baik adalah instalasi yang sanggup berfungsi dengan baik dan menunjukkan keamanan dan kenyamanan dalam pengoperasiannya. Untuk mendapat manfaat menyerupai tersebut di atas, maka sistim instalasi listrik harus mengikuti Peraturan Umum Instalasi Listrik (PUIL) yang berlaku dan memakai peralatan / komponen listrik yang memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). 
Hal - hal yang perlu diperhatikan pada ketika merencanakan Instalasi listrik antara lain:

a. Tentukan jumlah dan letak beban listrik yang akan dibutuhkan. contohnya penempatan lampu dan saklar, kulkas, mesin cuci, pompa air, microwave dll. 
b. Tentukan besar daya listrik PLN yang diharapkan dari total beban listrik yang terpasang. Biasanya cukup 60% dari total beban (daya) peralatan listrik yang akan dipakai. 
c. Kelompokkan beban listrik untuk memperhitungkan besar ukuran kabel dan peralatan pengamanan arus lebih atau hubungan singkat (MCB). 
d. Pilih peralatan pengaman (MCB), belilah produk orisinil berlogo SNI, jangan termakan membli produk yang palsu walaupun harganya murah alasannya yakni produk palsu sanggup menimbulkan terjadinya kebakaran. 
e. Sesuaikan pemasangan stop kontak dengan penempatan peralatan elektronik, sebaiknya satu stop kontak untuk satu peralatan. 
f. Hindari pemasangan steker yang bertumpuk pada satu stop kontak. Steker yang bertumpuk sanggup menimbulkan panas pada kontak - kontaknya yang sanggup menimbulkan kebakaran. 
g. Lengkapi instalasi listrik dengan sistem pembumian (grounding) untuk pencegahan terhadap sentuhan pribadi (tegangan sentuhan). Bila sistem pengaman dilengkapi dengan RCCB , maka ancaman kontak pribadi 9tegangan sentuh) sanggup dihindari. 
h. Tanamkan kabel pada tembok dengan dilindungi pipa, untuk instalasi yang rapih dan fasilitas dalam penambahan atau penggantian kabel di lalu hari. hindari penyambungan kabel, kecuali untuk pencabangan dan sambungan ini harus dilakukan di dalam kotak sambung. 
i. Hindari pemasangan kabel telepon dan kabel listrik di dalam satu pipa, jarak minimum antara kabel listrik dan kabel telepon yakni 1 cm. Hal ini untuk menghindari gangguan pada sinyal telepon. Instalasi listrik yang tidak terpasang dengan baik, merupakan sumber utama bahaya. Ikutilah petunjuk pemasangan instalasi listrik biar kita terhindar dari malapetaka. 

Demikian postingan Om BT perihal hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menciptakan instalasi listrik yang baik. Semoga bermanfaat. [BT]

Sumber http://www.blogteknisi.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Bagaimana Cara Instalasi Listrik Yang Baik ?, Perhatikan Hal-Hal Berikut!"

Posting Komentar