Babi Sumber Penyakit Askariasis



Oleh : Admin Gema

Apa itu penyakit ASKARIASIS?
ASKARIASIS, yakni penyakit yang disebabkan oleh cacing Ascaris suum (cacing gelang). Cacing gelang ini berkembangbiak di dalam badan babi. Sehingga, sanggup dikatakan bahwa babi merupakan salah satu distributor terbesar penyebar cacing gelang. Bagi lingkungan yang banyak dijadikan peternakan babi sebaiknya ditanggulangi sanitasinya dengan baik.

Penularan ASKARIASIS dari BABI kepada MANUSIA
Cacing gelang / Ascaris suum bersarang pada tinja/kotoran babi. Kotoran babi banyak mengandung telur-telur cacing gelang. Jika kotoran babi itu dibiarkan saja maka akan mencemari sayuran, air, buah-buahan, dan tanah. Penularannya terjadi dikala insan mengkonsumsi sayur atau buah-buahan yang telah tercemari tinja babi. Luar biasa, waspadalah ...!!!

Akibat yang ditimbulkan oleh ASKARIASIS
Pada belum dewasa atau bocah cacing gelang sanggup menjadikan rasa mual, diare, bahkan sanggup menyumbat usus dan melubangi usus. Labih fatal lagi, sanggup merusak hati, radang paru-paru, dan selaput lendir yang kebiru-biruan. Hati-hatilah, jaga kebersihan lingkungan anda yang banyak mengandung limbah babi. 

Sumber : Atmawinata, Edi.2006.Mengenal Beberapa Penyakit Menular dari Hewan kepada Manusia.Bandung : Yrama Widya.

 

Sumber http://gemarmatematika21.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Babi Sumber Penyakit Askariasis"

Posting Komentar