Arti Dan Filosofi Bunga Matahari

Apa yang disimbolkan dari bunga matahari si kuning cerah menawan Arti Dan Filosofi Bunga Matahari
Apa yang disimbolkan dari bunga matahari si kuning cerah menawan? Simak arti, makna, serta filosofi sunflower di artikel ini.

Pernah melihat bunga matahari atau sunflower? Tentu banyak diantara kita pernah melihat bunga manis berdiameter besar dengan warna kuning ini. Hampir sebagian orang menyukai bunga ini, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai mereka yang berusia lanjut baik pria maupun perempuan.


Mungkin mereka menyukai bentuknya, warnanya, atau wanginya. Namun yang niscaya setiap bunga mempunyai caranya masing-masing untuk menarik perhatian para peminatnya. Meskipun banyak yang pernah melihat secara langsung, namun ada juga yang belum pernah melihat bunga ini sebab memang keberadaan bunga matahari tidak sebanyak bunga melati atau mawar.


Mengenal Bunga Matahari


Helianthus annus L atau biasa kita kenal dengan bunga matahari, merupakan tumbuhan yang masih satu keluarga dengan Asteraceae (kenikir). Tanaman ini mempunyai bunga beragam yang tersusun atas bunga-bunga kecil. Bunga berbentuk bulat ini mempunyai sikap khas yaitu selalu mengikuti arah matahari. Bunga berwarna kuning ini menjadi bunga resmi salah satu negara potongan Amerika Serikat yaitu Kansas.


Dimana Bunga Matahari Dapat Tumbuh?


Tumbuhan yang cocok ditanam ketika animo semi ini (kalau di Indonesia semua musim) termasuk yang gampang ditanam, terutama jikalau dari biji (silahkan lihat disini kategori produk benih bunga matahari). Bunga ini juga sanggup tumbuh dimana saja, baik dataran tinggi maupun rendah. Syarat utamanya yakni terkena sinar matahari yang cukup. Bunga semusim ini sanggup tumbuh tegak dengan ketinggian 1 sampai 3 meter. Sedangkan daunnya merupakan daun tunggal yang berbentuk mirip hati. Umur bunga ini sangat pendek yakni kurang dari 1 tahun.


Manfaat Bunga Matahari


Berdasarkan manfaatnya, bunga matahari digolongkan kedalam 4 kelompok. Berikut penjelasannya.


1. Kelompok penghasil minyak


Bunga matahari khusus dibudidayakan untuk dimanfaatkan minyak dari biji bunganya. Bunga matahari jenis ini mempunyai biji bercangkang tipis. Namun kandungan minyaknya cukup tinggi sampai 52 persen. Kaprikornus sangat cocok untuk dimanfaatkan sebagai penghasil minyak.


2. Kelompok pakan dan pupuk 


Bunga matahari jenis ini hanya diambil daunnya untuk dipakai sebagai pupuk atau pakan. Hal ini sebab bunganya mempunyai ukuran kecil.


3. Kelompok tumbuhan hias


Bunga matahari masuk dalam tanaman hias sebab mempunyai mahkota berwarna menarik dan bentuknya cukup besar. Karena dimanfaatkan sebagai tenaman hias tentu bunga ini mempunyai variasi warna bunga dan hampir setiap cabang ada bunganya.


4. Kelompok kuaci


Tanaman bunga matahari yang masuk kelompok ini dibudidayakan untuk diambil bijinya saja. Biji itulah yang kemudian akan diolah sebagai camilan sejenis kuaci.


Filosofi Bunga Matahari


Dinamakan bunga matahari sebab bunga ini bergerak mengikuti arah matahari, juga bentuk bunganya yang sudah mekar mirip sang mentari yang sedang bersinar. Coba Anda perhatikan, pada pagi hari bunga matahari akan menghadap ke arah timur daerah matahari terbit. Kemudian bunga terus mengikuti pergerakan matahari sampai ke arah barat yang merupakan arah matahari terbenam. Sifat inilah yang sering diartikan sebagai kesetiaan. Bunga matahari juga merupakan simbol atau mamiliki arti kepatuhan yang tidak pernah mengatakan pembangkangan atau protes.


Bunga ini juga menjadi simbol kebahagiaan, kegembiraan, dan keceriaan. Arti ini mungkin diambil dari kelopak bunga yang berwarna kuning cerah. Bunga matahari mustahil dipakai untuk mengungkapkan rasa cinta, sebab bunga ini tidak melambangkan kesan romantis mirip bunga mawar. Bunga ini lebih cocok mewakili kekerabatan persahabatan. Bunga matahari tampak begitu besar lengan berkuasa dan tidak gampang ringkih yang melambangkan sifat tegar.


Dalam dunia medis, bunga matahari sanggup dijadikan obat alternatif banyak sekali penyakit. Batang bunga membawa sifat antiperik yang sanggup menangkal flu. Sedangkan bunganya bersifat diuretik yang sanggup mengatasi nanah kanal kemih dan kerikil ginjal. Biji bunga matahari pun tak kalah bermanfaat. Biji yang sering dijadikan kuaci ini berperan sebagai obat penenang dan migrain. Hal ini sebab dalam biji bunga matahari terkandung zat aktis. Selain zat-zat tersebut, bunga matahari masih mempunyai kandungan asam lemak mineral mirip kalium, magnesium, fosfor, dan lainnya. Tak ketinggalan bunga ini juga mengandung vitamin B1 yang berfungsi untuk mengatasi kelelahan dan mencegah problem sistem syaraf.


Demikian sedikit ulasan mengenai arti dan filososfi bunga matahari. Selain mempunyai makna yang indah, bunga ini tak kalah bagus dengan bunga lain. Bunga matahari sanggup Anda tanam dengan rapi di halaman rumah, sehingga taman Anda lebih manis dan ceria. Apakah Anda pernah mencoba menanam bunga matahari? Jika belum, silahkan klik disini untuk membeli benih bunga matahari yang kami jual, kemudian  Anda sanggup mencoba untuk menanamnya 🙂


 



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Arti Dan Filosofi Bunga Matahari"

Posting Komentar