Apa Itu Pelapukan Fisika Dan Apa Penyebabnya ?

Dear sobat BT, hari ini Om BT akan sharing terkait dengan bahan PELAPUKAN. Pada kesempatan ini Om BT akan membahas ihwal pelapukan ditinjau dari sisi fisika yang lalu dikenal dengan Pelapukan Fisika atau Pelapukan Mekanik. Materi ihwal PELAPUKAN biasa kita dijumpai dalam ilmu geografi.  


Pelapukan Fisika atau Pelapukan Mekanik merupakan pelapukan yang disebabkan oleh proses fisika. Pelapukan ini di sebut juga sebagai pelapukan mekanik lantaran prosesnya berlangsung secara mekanik.

Pelapukan fisika sanggup terjadi lantaran adanya imbas beberapa faktor dari alam. Hal ini menunjukan bahwasannya pelapukan fisika sanggup terjadi lantaran adanya banyak sekali macam sebab. Secara umum, penyebab terjadinya pelapukan fisika ini ialah lantaran perbedaan suhu udara, pembekuan air, mengkristalnya air garam, dan juga tekanan tinggi. Adapun klarifikasi dari masing- masing lantaran antara lain ialah sebagai berikut:

[1] Perbedaan Temperatur Udara yang Tinggi

Pelapukan  yang disebabkan lantaran temperatur udara yang tinggi terjadi terutama di tempat yang mempunyai iklim kontinental atau iklim gurun. Hal ini lantaran di tempat kontinental dikala siang hari suhu akan terasa sangat panas, dan dikala suhu panas batuan akan mengembang. Sebaliknya, dikala malam hari udara di tempat kontinental akan terasa sangat dingin, dan dikala suhu menjadi hirau taacuh maka batuan akan mengkerut. Hal yang berlawanan ibarat ini akan sanggup menyebabkan batuan pecah atau retak- retak.

[2] Terdapat Pembekuan Air di dalam Batuan

Pelapukan fisika sanggup juga disebabkan lantaran adanya pembekuan air di dalam batuan. Pelapukan yang disebabkan lantaran pembekuan air dalam batuan ini terjadi pada tempat yang beriklim sedang. Apabila air membeku maka volume air itu akan mengembang dan akan menyebabkan tekanan. Oleh lantaran adanya tekanan ini maka batuan akan menjadi rusak atau bahkan pecah.

[3] Pengkristalan Garam

Pelapukan fisika juga sanggup disebabkan lantaran adanya pengkristalan garam. Pelapukan fisika yang disebabkan pengkristalan garam ini tentu saja akan terjadi di tempat pantai. Apabila air tanah mengandung garam, maka pada siang harinya  air akan menguap dan daram- garam akn mengkristal. Pengkristalan ini yang pada hasilnya akan merusak batuan.

[4] Adanya Tekanan Tinggi

Pelapukan secara fisika juga sanggup disebabkan lantaran adanya tekanan tinggi. Pelapukan fisika yang disebabkan lantaran tekanan tinggi sanggup terjadi di tempat yang mempunyai topografi curam. Hal ini lantaran adanya tekanan tinggi pada batuan di kepingan bawah yang diperoleh dari massa batuan di atasnya akan mendorong batuan mengalami kerusakan struktur. Hal tersebut akan menciptakan batuan mengalami kerapuhan sehingga pada hasilnya terjadi longsor dan ukurannya bermetamorfosis kecil- kecil.

Demikianlah bahasan Om BT ihwal Apa Itu Pelapukan Fisika dan Apa Penyebabnya?, Semoga bermanfaat!. [BT]

Sumber http://www.blogteknisi.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Apa Itu Pelapukan Fisika Dan Apa Penyebabnya ?"

Posting Komentar