Ukuran Standar Kitchen Set

Saya sering ditanya wacana standar ukuran kitchen set yang ideal. Desain dapur yang kini telah melalui beberapa fase dan menjadi lebih dari sekedar daerah memasak, memakai furniture berupa kitchn set minimalis, memperlihatkan kualitas estetika yang sanggup dipamerkan kepada orang yang berkunjung ke rumah.

Saya sering ditanya wacana standar ukuran kitchen set yang ideal Ukuran Standar Kitchen Set
Ukuran Standar Kitchen Set

Desain dapur kini digabung dengan ruang makan, daerah untuk mengumpulkan keluarga dan teman. Untuk itu, kitchen set yang dipasang tidak hanya untuk fungsi,tetapi juga sebagai identitas desain rumah, mencerminkan bagaimana aksara penghuninya. Namun masih banyak yang bingung, sejatinya bagaimana ukuran standar kitchen set yang benar ? Berikut akan aku jabarkan beberapa ukuran standar kitchen set dan bagian-bagiannya :

Ukuran standar skema kitchen set

Ada beberapa tata letak dapur yang biasanya digunakan: yaitu kitchen set pada dinding tunggal, bentuk galeri, berbentuk L, berbentuk U dan berbentuk L dengan meja di tengah. Dari pengalaman desain rumah, biasanya ukuran ruang untuk kitchen set minimalis minimal 2 meter x 3 meter dengan bentuk kitchen L atai I. Ukuran ini cukup ideal untuk memenuhi kebutuhan dapur satu kepala keluarga.

Saya sering ditanya wacana standar ukuran kitchen set yang ideal Ukuran Standar Kitchen Set
Ukuran standar skema kitchen set


Semua yang diharapkan oleh kitchen set yakni area "segitiga dapur". Segitiga dapur yakni tiga titik yang menghubungkan kulkas, kompor, dan wastafel. Segitiga dapur terbaik mempunyai jarak kurang dari 6 meter linier.

Segitiga kerja dapur yang melebihi 6 meter menciptakan bergerak dari satu fungsi ke fungsi lainnya menjadi tidak praktis. Setiap tata letak dapur bekerja tergantung pada batas Anda atau dinding, pintu dan lokasi jendela. Dari pengalaman, kitchen set bentuk L  yakni jenis kitchen set yang terkenal belakangan ini.

Ukuran-ukuran penting dalam menciptakan kitchen set

Saya sering ditanya wacana standar ukuran kitchen set yang ideal Ukuran Standar Kitchen Set
Ukuran-ukuran penting dalam menciptakan kitchen set

Ada beberapa ukuran standar kitchen set yang sangat penting untuk diperhatikan ketika menciptakan ataupun membeli kitchen set yang sudah jadi. Berikut ini akan dijabarkan beberapa dimensi penting dari sebuah kitchen set.

01. Lebar Meja Kitchen Set dan Kabinet Bawah

Hal pertama dimulai dai skema kitchen set, sediakan lebar meja 50-70cm untuk area kerja daerah memotong, meletakan kompor dan sink. Ukuran standar internasional lebar meja kitchen set yakni 60 cm, ini sudah niscaya muat dengan hampir semua kompor dan sink yang dijual di pasaran Indonesia. Jika lebar terlalu sempit, maka seringkali kompor tidak akan masuk dan kita akan sulit menciptakan daerah sink pada kitchen set.

02. Tinggi Meja Kitchen set

Saya sering ditanya wacana standar ukuran kitchen set yang ideal Ukuran Standar Kitchen Set
Proporsi tinggi meja kitchen set

Meja kitchen set yakni daerah untuk meletakan fungsi-fungsi penting dapur menyerupai kompor, sink, blender, dan area untuk meletakan talenan untuk memotong makanan. Ukuran tinggi meja kitchen set standar yakni 76-85 cm diadaptasi dengan proporsi pengguna. Tinggi meja yang disarankan untuk kebanyakan orang Indonesia yakni 80 cm dari lantai.

03. Tinggi Kitchen Set

Sebuah kitchen set juga biasanya dilengkapi dengan kabinet atas (lemari atas). Ketinggiannya perlu diperhitungkan biar memudahkan ketika mengambil barang-barang yang tersimpan di kabinet atas terutama barang pecah belah. Oleh alasannya itu ukuran ini sangat penting.

Selain itu, ketinggian dilarang terlalu tinggi untuk kenyaman kegiatan dapur, menyerupai kegiatan memotong, mencuci, memasak dan yang lainnya. Jarak antara meja dengan bab bawah kabinet atas sebaiknya yakni 85-110 cm biar masih cukup nyaman digunakan.

04. Lebar Kabinet Atas

Selanjutnya perhatikan ukuran lebar kabinet atas pada kitchen set. Biasanya ukuran yang digunakan yakni 35-50cm. Ukuran standar internasional yakni lebar kabinet atas 40 cm. Namun, perhatikan pula barang-barang yang akan dimasukkan didalamnya. Lebar kabinet atas harus kurang dari kabinet bawah biar kepala tidak terbentur ketika memakai meja kerja kitchen set.

05. Panjang Area Kerja Kitchen Set

ukuran kitchen set minimalis

Dengan area kerja yang besar dan luas tentu akan membantu memperlihatkan kenyamanan ketika bekerja. Panjang masing-masing area kerja diadaptasi dengan kebutuhan terutama penggunaan peralatan dapur. Idealnya untuk ukuran area kompor, sink dan daerah memotong perlu panjang 80 - 100 cm. Ini artinya panjang minimal untuk kitchen set yakni 2,5 meter.

06. Lekukan Bawah Kabinet

Untuk Anda yang menentukan desain kitchen set dengan bentuk yang ada lekukannya, sebaiknya buat ukuran sekitar 10-15 cm. Ukuran ini akan mempermudah pencucian area serta menciptakan nyaman untuk bangun tegak menghadap ke meja dapur.

07. Ukuran Ideal Sink

Sink yakni salah satu perlengkapan untuk kitchen set untuk mencuci piring maupun materi masakan sebelum dimasak. Terdapat dua jenis sink yang sanggup digunakan yaitu sink dengan dua kolam ataupun yang satu bak. Semua sanggup dipilih menurut kebutuhan dapur Anda. Untuk fungsi sink yang ideal, ukurannya yakni 80-90 cm sebagai ukuran permukaan. Ukuran ini sudah diadaptasi dengan ukuran orang Indonesia, jadi tidak perlu ragu untuk menggunakannya.

08. Perhatikan Ukuran Cooker Hood di Kabinet Atas

kitchen set bentuk U

Cooker hood atau kitchen exhaust fan yakni kipas yang diletakan di atas kompor. Tujuannya, untuk menghisap asap yang kompor yang mungkin berbau tak sedap. Karena adanya keberadaan cooker hood, perlu diadaptasi dengan ukuran untuk kabinet atas yang menjadi daerah cooker hood. Jarak yang sempurna terhadap coocker hood yaitu sekitar 60-80cm. Agar tidak menganggu kegiatan memasak ataupun meraih peralatan dikabinet atas.

09. Luas Area Dapur

Untuk mempermudah pengerjaan, maka penting untuk memastikan ukuran dapur. menyerupai yang dijelaskan sebelumnya ukuran minimal untuk dapur dengan bentuk I (dinding tunggal) yakni 2 meter x 3 meter. Sementara untuk menciptakan dapur dengan layout yang lainnya kita perlu menciptakan sketsanya terlebih dahulu.

10. Kaki kitchen set masuk ke dalam

Untuk menambah kenyamanan kitchen set, sisakan 10 cm dari lantai untuk digunakan sebagai area kaki kitchen set. Sebaiknya kaki ini masuk ke dalam 5-10 cm untuk menghindari jari kaki menabrak kaki kitchen set. Mata insan ketika melihat kitchen set, biasanya menyesuaikan dengan pandangan kabinet bawah, namun seringkali kaki kita terbentur pada kaki kitchen set yang lurus, maka dari itu, memasukan bab bawah ini akan menciptakan keyamanan kitchen set lebih baik.

Demikianlah mengenai standar ukuran kitchen set, semoga bermanfaat dan sanggup membantu Anda merancang kitchen set, apabila Anda punya pertanyaan dan butuh rujukan atau butuh jasa desain kitchen set, kami siap membantu.


Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Ukuran Standar Kitchen Set"

Posting Komentar