Tips Cerdas Merawat Motherboard Laptop

Motherboard adalah komponen PC yang sangat penting. Sebagai “jantung” dari seluruh sistem, motherboard memiliki fungsi utama sebagai papan daerah tersambungnya socket semua komponen hardware, mulai dari prosesor, memori, hingga storage. Oleh alasannya ialah itu, motherboard perlu dipantau dan dirawat demi performa yang optimal. Berikut beberapa tips yang sanggup kau pemeliharaan rutin motherboard demi menjaga kondisi prima laptop:


memiliki fungsi utama sebagai papan daerah tersambungnya  Tips Cerdas Merawat Motherboard Laptop


Bersihkan motherboard dari debu


Penyebab utama kerusakan motherboard adalah overheat yang terjadi pada komponen hardware. Oleh alasannya ialah itu, atasi dilema tersebut dengan cara rutin membersihkan bubuk yang menumpuk di sekitar hardware, jendela pembuangan udara panas, dan kipas pendingin memakai kuas lembut secara hati-hati. Cara ini sanggup menjaga suhu perangkat semoga tidak gampang overheat.


memiliki fungsi utama sebagai papan daerah tersambungnya  Tips Cerdas Merawat Motherboard Laptop


Periksa fungsi kipas


Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, hal lain yang harus diperhatikan ialah menilik kipas prosesor. Biasakan untuk rutin mengecek rutin kipas semoga mengetahui perangkat tersebut masih bekerja normal atau tidak. Bila ternyata kipas tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka kau harus segera menggantinya sesegera mungkin atau memakai kipas pelengkap untuk mencegah overheat. Sebaliknya, kalau kipas masih berfungsi dengan baik, kau sanggup membersihkannya memakai tisu berair secara hati-hati.


memiliki fungsi utama sebagai papan daerah tersambungnya  Tips Cerdas Merawat Motherboard Laptop


Cek kapasitor


Langkah selanjutnya ialah mengecek kapasitor atau dikenal sebagai kondensor. Bila kau menemukan kapasitor yang menggelembung atau membengkak, maka ini mengatakan motherboard mengalami kerusakan dan tidak sanggup berfungsi dengan baik. Kamu harus menggantinya dengan kapasitor gres sesegera mungkin dengan cara mendatangi sentra servis resmi semoga sanggup ditangani teknisi profesional. Jika dibiarkan, kapasitor yang rusak menjadikan peningkatan suhu dan hasilnya menciptakan PC atau laptop tidak sanggup bekerja dengan baik.


memiliki fungsi utama sebagai papan daerah tersambungnya  Tips Cerdas Merawat Motherboard Laptop


Periksa charger laptop


Tegangan atau suplai listrik yang tidak stabil juga sanggup menjadikan kerusakan atau terbakarnya komponen motherboard, dan menciptakan motherboard rusak total. Untuk mengatasi dilema ini, kau sanggup memakai volt stabilizer yang bertanggung jawab menjaga tegangan listrik tidak naik-turun. Sementara pengguna laptop, pastikan membeli baterai dan charger original atau sesuai spesifikasi laptop semoga suplai listrik selalu stabil.


Jangan pakai laptop terlalu lama


Siapa yang sering bekerja atau bermain di laptop hingga lupa waktu? Jika iya, cobalah mulai membatasi waktu penggunaan laptop dalam sehari, walaupun perangkat sudah dilengkapi dengan kipas pendingin. Ingat, PC maupun laptop tetap membutuhkan jeda untuk istirahat dan mendinginkan seluruh komponennya meskipun hanya sekedar di-sleep untuk beberapa saat.


Baca Juga: Predator Helios 500, Laptop Super Kencang dengan Prosesor Intel Core i9


Sesekali nyalakan laptop


Selain memakai secara terus-menerus, membiarkan laptop tidak dipakai atau dihidupkan dalam waktu lama, juga sanggup merusak motherboard. Soalnya, laptop yang disimpan dalam waktu yang cukup usang menciptakan komponen-komponen keras di dalamnnya menjadi cukup hambar dan sanggup menjadikan konslet ketika dihidupkan kembali. Untuk mengatasinya, usahakan tetap menghidupkan laptop sekurang-kurangnya tiga kali dalam seminggu, entah untuk sekadar update beberapa software atau bermain game.


Jadi, penting sekali merawat motherboard karena sekali mengalami kerusakan, maka harus ditebus dengan biaya perbaikan yang menguras kantong. Apalagi cara perawatannya tak sulit dan mahal, sehingga sanggup spAcer lakukan sendiri di rumah. Yuk, mulai perhatian dengan laptop kesayanganmu, spAcer!



Sumber https://www.acerid.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tips Cerdas Merawat Motherboard Laptop"

Posting Komentar