Tips Cara Menanam Dan Merawat Bunga Begonia

 namun pertumbuhan biji begonia hingga menjadi tumbuhan begonia kecil sangatlah usang Tips Cara Menanam dan Merawat Bunga Begonia
Ukuran dan bentuk umbi begonia.

Sebenarnya ada dua cara menanam begonia, yakni dari biji atau dari umbinya. Menanam bunga begonia dari biji, caranya sama dengan cara menanam biji-biji tumbuhan yang lainnya, namun pertumbuhan biji begonia hingga menjadi tumbuhan begonia kecil sangatlah lama, membutuhkan waktu sekitar dua-empat bulan tergantung jenisnya (baca juga artikel kami wacana jenis-jenis begonia). Sedangkan menanam bunga begonia dari umbi, relatif lebih mudah. Berikut ini cara menanam bunga begonia dari umbi.


 namun pertumbuhan biji begonia hingga menjadi tumbuhan begonia kecil sangatlah usang Tips Cara Menanam dan Merawat Bunga Begonia



  1. Siapkan umbi begonia.

  2. Siapkan pot berisi media tanam. Begonia tidak terlalu menyukai tanah, maka gantilah media tanah menjadi peat moss, kompos, atau sekam bakar. Begonia menyukai media tanam dengan drainase yang baik. Pot yang dipakai tidak perlu yang terlalu besar.

  3. Lubangi media tanam sedikit lebih besar dari umbi begonia. Untuk permulaan, sebaiknya satu pot untuk satu umbi saja. Tutup kembali memakai media tanam yang berada di dalam pot.

  4. Siram begonia ala kadarnya. Pastikan medianya lembap. Jangan hingga ada genangan air. Siram secara rutin dalam porsi sedikit semoga bumbi begonia tidak kekeringan. Lebih baik melaksanakan penyiraman memakai sprayer (alat penyiram).

  5. Simpan pot berisi umbi begonia di kawasan yang terkena sinar matahari. Jangan simpan begonia di kawasan yang tidak beratap, alasannya ialah akan menciptakan umbinya kedaluwarsa ketika hujan turun.


Tips merawat begonia


 namun pertumbuhan biji begonia hingga menjadi tumbuhan begonia kecil sangatlah usang Tips Cara Menanam dan Merawat Bunga Begonia
Siram tumbuhan begonia yang telah tumbuh secara teratur.


  • Lakukan pengecekan secara terjadwal pada pot begonia. Jika pot begonia terjangkit gulma, bersihkanlah gulma-gulma tersebut.

  • Berilah pupuk cair dengan konsentrasi 20-20-20 selama sebulan sekali. Bisa juga diganti dengan proteksi adonan kompos dan peat moss.

  • Jika Anda menemukan jerami di sekitar rumah, ambillah. Taruh di atas media tanam bunga begoniamu. Fungsi dari proteksi jerami ini ialah untuk menciptakan media tanam basah lebih lama. Jadi, Anda tidak perlu sering-sering menyiramnya.

  • Segera potong bab dari bunga begonia yang layu.

  • Jika terjangkit hama, segeralah semprotkan obat antihama sesuai hama apa yang menyerang. Jika hama yang menyerang ialah keong atau siput, Anda hanya tinggal menaburkan bubuk cangkang telur di sekeliling tumbuhan begonia (di permukaan media tanam).


Catatan:


Jika begonia sudah mulai tumbuh. Anda dapat menanam tumbuhan lain satu pot dengan tumbuhan begonia, alasannya ialah begonia tidak memakan banyak tempat. Namun, pastikan sistem drainasenya masih baik.


Silahkan klik disini untuk melihat aneka bibit bunga begonia dan bibit bunga lainnya.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tips Cara Menanam Dan Merawat Bunga Begonia"

Posting Komentar