Satuan Volume Berbasis Liter

Satuan Liter
Liter yaitu satuan volume yang dipakai oleh Lembaga Internasional untuk Berat dan Ukuran (International Bureau of Weights and Measures). Satuan liter bukan satuan volume dalam sistem internasional (SI) tetapi sanggup dikonversikan dalam satuan SI. Satuan volume dalam SI diturunkan dari satuan panjang. Contoh satuan volume dalam SI yaitu meter kubik, decimeter kubik, centimeter kubik, dst. 1 liter sama dengan 1 decimeter kubik atau 1000 centimeter kubik atau 0,001 meter kubik. Liter didefinisikan sebagai volume suatu benda yang menempati ruang berbentuk kubus berukuran panjang 10 cm, lebar 10 cm dan tinggi 10 cm. Makara satu liter sama dengan 10 x 10 x 10 centimeter kubik yaitu 1000 centimeter kubik.

 Liter yaitu satuan volume yang dipakai oleh Lembaga Internasional untuk Berat dan Ukur Satuan Volume Berbasis Liter

 

Penulisan Satuan Liter
Secara resmi satuan liter ditulis dengan abjad kecil semua. Jika disingkat, penulisan satuan liter sanggup ditulis dengan abjad l (L kecil), contohnya 25 l (25 liter) dan 10 ml (10 milliliter). Tetapi dalam penerapannya seringkali dipakai kependekan dengan abjad L (huruf kapital), contohnya 2 L (dua liter) atau 15 dL (15 deciliter). Hal ini untuk mengurangi kemungkinan kerancuan dan salah pengertian dalam pembacaan contohnya 100 l terlihat menyerupai 1001. Selain itu abjad l (L kecil) sangat menyerupai dengan abjad I (i kapital). Cara yang juga umum untuk menuliskan simbol liter yaitu memakai abjad L tulisan sambung (l).

 Liter yaitu satuan volume yang dipakai oleh Lembaga Internasional untuk Berat dan Ukur Satuan Volume Berbasis Liter

 

Satuan Volume Berbasis Liter yang Paling Umum
Beberapa satuan volume berbasis liter yang paling umum antara lain
• milliliter (ml), 1 ml = 0,001 liter
• deciliter (dl), 1 dl = 0,1 liter
• kiloliter (kl), 1 kl = 1000 liter
Satuan volume berbasis liter selengkapnya sanggup dilihat dalam tabel dibawah.

 Liter yaitu satuan volume yang dipakai oleh Lembaga Internasional untuk Berat dan Ukur Satuan Volume Berbasis Liter

 

Contoh Perhitungan Besaran Volume Menggunakan Satuan Berbasis Liter

Contoh Soal 1
Soal: Sebotol susu berisi seperempat liter. Berapa ml susu yang terdapat dalam botol tersebut? (Petunjuk: 1 liter = 1000 ml).
Jawab:
Banyaknya susu 1/4 liter = (1/4)x1000 ml = 250 ml.

Contoh Soal 2
Soal: Sebuah truk tangki mengangkut 8 kiloliter minyak solar. Berapa liter minyak solar yang diangkut oleh truk tangki tersebut? (Petunjuk: 1 kiloliter = 1000 liter).
Jawab:
Banyaknya minyak 8 kiloliter = 8×1000 liter = 8000 liter.

Contoh Soal 3
Soal: Sebuah kaleng berisi 7,5 dl cat. Berapa volume cat dalam kaleng tersebut dalam satuan liter? (Petunjuk: 1 dl = 0,1 liter).
Jawab:
Volume cat 7,5 dl = 7,5×0,1 liter = 0,75 liter.


Sumber https://www.finansialku.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Satuan Volume Berbasis Liter"

Posting Komentar