Perbedaan Fundamental Kecepatan Dan Kelajuan

Sebelumnya kita sudah berguru bersama mengenai definisi gerak. Nah, kini kita akan berguru bersama mengenai perbedaan fundamental kecepatan dan kelajuan.


Tahukah kalian bila cheeta merupakan salah satu binatang tercepat yang ada di dunia. Yah, cheeta bisa berlari sampai 26m/s atau 96 km/jam. Apa teman bangkusekolah.com mengerti apa yang dimaksud dengan kecepatan? Lalu apa perbedaan antara kecepatan dengan kelajuan?


Perbedaan Mendasar Kecepatan dan Kelajuan


Disini kami akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan kecepatan dan kelajuan. Namun sebelum teman mempelajari lebih jauh lagi, ada baiknya bila teman bangkusekolah.com memahami terlebih dahulu konsep perpindahan serta konsep jarak. Hal ini tak lepas mengingat sering kali kita malah tertukar memahami makna konsep perpindahan serta konsep jarak. Sobat bisa mempelajarinya pada postingan sebelumnya.


Kembali ke tema bahasan kita kali ini. Kecepatan dan kelajuan merupakan dua istilah yang tidak ajaib lagi dalam perubahan gerak. Nah, kecepatan masuk dalam kategori besaran vektor, dan kelajuan masuk dalam kategori besaran skalar. Pada besaran vektor lebih cenderung memperhitungkan arah gerak. Sedangkan pada besaran skalar mempunyai besar namun tidak memperhitungkan arah gerak dari sebuah benda.


Kecepatan ialah perpindahan yang ditempuh pada tiap satuan waktu. Sedangkan kelajuan ialah jarak yang ditempuh pada tiap satuan waktu. Kita bisa menuliskan definisi kecepatan dan kelajuan secara sistematis menyerupai yang ada di bawah ini.Sebelumnya kita sudah berguru bersama mengenai definisi gerak Perbedaan Mendasar Kecepatan dan Kelajuan


Yah, disini kita memang dituntut untuk benar-benar pahan dan mengerti konsep jarak serta perpindahan. Tanpa memahami secara niscaya makna dari keduanya, bisa dipastikan teman semua tidak akan bisa menguasai konsep kecepatan dan kelajuan.


Di bawah ini ada beberapa tumpuan soal yang bisa kalian amati supaya kalian lebih paham dan mengerti perihal kelajuan dan kecepatan.


Contoh 1


Perhatikan gambar yang ada di bawah ini. Pada gambar tersebut tampak seorang siswa tengah berjalan di lintasan ABC. Diketahui selang waktu dari titik A menuju titik C ialah 1 jam. Berapakah kelajuan dan kecepatan siswa tersebut?Sebelumnya kita sudah berguru bersama mengenai definisi gerak Perbedaan Mendasar Kecepatan dan Kelajuan


Jawab :


Panjang AB = 3 km, dan Panjang BC = 4 km

Waktu AC = 10 s

Untuk mencari besarnya kelajuan siswa tersebut, langkah pertama yang kita lakukan ialah menghitung jarak tempuh.

Jarak AC = p.AB + p.BC

Jarak AC = 3km + 4km

Jarak AC = 7km


Jika jarak tempuh sudah diperoleh kita bisa menghitung berapa kelajuannya dengan cara,

Kelajuan = Jarak / waktu

Kelajuan = 7 km/jam


Jadi kelajuan siswa tersebut ialah 7 km/jam.


Nah kini hitung berapa besar kecepatan dari siswa tersebut!


Untuk mencari berapa kecepatannya, pertama-tama kita harus mencari perpindahan siswa tersebut dengan memakai cara teorema Pytagoras. Disini besarnya perpindahan yang di sanggup ialah 5 km. Dan selanjutnya kita bisa menghitung berapa kecepatan siswa tersebut.


Kecepatan siswa – perpindahan / waktu

Kecepatan siswa = 5 km/jam

Jadi kecepatan siswa tersebut ialah 5 km/jam


Bagaimana? Apa teman bangkusekolah.com sudah paham? Nah kini coba teman kerjakan soal tantangan di bawah ini.


Sebelum memulai sesi latihan sepak bola, para pemain terlebih dahulu melaksanakan pemanasan dengan berlari mengelilingi lapangan berbentuk bulat 14 menit 40 detik lamanya. Diketahui Doni gres bisa melaksanakan 2 kali putaran saja, sedangkan Tio bisa melaksanakan 2,5 kali putaran. Jika diketahui jari-jari dari lapangan tersebut ialah 70 m. tentukan :


a. Berapa kecepatan dan kelajuan Doni mengelilingi lapangan?

b. Berapa kecepatan dan kelajuan Tio mengelilingi lapangan?



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Perbedaan Fundamental Kecepatan Dan Kelajuan"

Posting Komentar