Pengertian Sloof Dan Fungsinya

 pada kesempatan ini aku ingin membahas sloof pengertian sloof dan fungsinya

Setelah kemarin aku membahas perihal Pondasi dan Macam Macam Jenisnya, pada kesempatan ini aku ingin membahas sloof. mungkin dari kita masih resah ibarat apa sih bentuk sloof itu sendiri dan fungsinya sloof sendiri untuk bangunan terutama rumah itu untuk apa. Jadi, Sloof ialah jenis Konstruksi Beton Bertulang yang biasanya dibentuk pada bangunan Rumah atau Gedung, dan posisinya biasanya pada Lantai 1 atau lantai dasar. Inilah lantaran nya kita jarang melihat bentuk sloof ketika bangunan sudah "Berdiri" tegak. walau bentuk nya tidak terlihat tapi fungsinya sangat diperlukan dalam suatu bangunan.

Sloof ini berfungsi untuk memikul Beban dinding, sehingga dinding tersebut "BERDIRI" pada beton yang kuat, sehingga tidak terjadi penurunan dan pergerakan yang dapat menjadikan dinding rumah menjadi Retak atau Pecah.
Kaprikornus dapat dikatakan Sloof juga merupakan salah satu aspek penting bagi rumah. inti dari kiprah Sloof ialah mendukung beban dinding rumah tersebut. Bila dikategorikan Sloof ialah termasuk Pondasi Menerus.

 pada kesempatan ini aku ingin membahas sloof pengertian sloof dan fungsinya

Sloof ialah jenis Konstruksi Beton Bertulang yang sengaja di desain khusus Luas Penampang dan Jumlah Pembesiannya, diubahsuaikan dengan kebutuhan Beban yang akan dipikul oleh Sloof tersebut nantinya.
Untuk memilih Luas Penampang atau ukuran Sloof ini, diperlukan Perhitungan Teknis yang Tepat biar Sloof tersebut nanti benar-benar Mampu untuk memikul Beban Dinding Bata di atasnya nanti.

Adapun fungsi sloof ialah sebagai berikut :
  • Sebagai pengikat kolom.
  • Meratakan gaya beban dinding ke pondasi.
  • Menahan gaya beban dinding.
  • Sebagai balok penahan gaya reaksi tanah yang disalurkan dari pondasi lajur.

Jadi, kesimpulan pada kali ini Sloof sangat berperan penting dalam konstruksi bangunan (khususnya Rumah) lantaran berfungsi menahan beban dinding yang mana dapat dikategorikan pondasi menerus.



Sumber : Bangunan Dasar

Sumber http://rizkikakbar.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Sloof Dan Fungsinya"

Posting Komentar