Pengertian Industri Dan Tujuan Industri

Hai sahabat bangkusekolah.com, tahukan kau apa itu industri? Dalam kehidupan sehari-hari, niscaya kau sering mendengar istilah industri. Kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian industri serta tujuan pembangunan industri.


PENGERTIAN INDUSTRI


Pengertian industri dibedakan menjadi dua jenis yaitu industri dalam arti sempit dan industri dalam arti luas.


a. industri dalam arti sempit

industri merupakan perjuangan insan mengolah materi mentah atau materi baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi.


b. industri dalam arti luas

menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1984 ihwal Perindustrian, yang dimaksud dengan industri ialah kegiatan ekonomi mengolah materi mentah, materi baku, barang setengah jadi, dan/atau barang jadi menjadi barang nilai yang lebih tinggi untuk penggunaanya, termasuk kegiatan rancang berdiri dan perekayasaan industri.


 niscaya kau sering mendengar istilah industri Pengertian Industri dan Tujuan Industri


Dari pengertian industri secara luas, ditemukan istilah yang sanggup dijelaskan sebagai berikut:



  1. Kegiatan ekonomi ialah acara insan yang bekerjasama dengan pemenuhan kebutuhan hidup yang bertujuan menghasilkan barang atau jasa.

  2. Bahan mentah ialah semua materi yang didapat dari sumber daya alam dan yang diperoleh dari perjuangan insan untuk dimanfaatkan lebih lanjut. Misalnya, kapas untuk industri tekstil, kerikil kapur untuk industri semen, dan kayu gelondongan untuk industri mebel.

  3. Bahan baku industri ialah materi mentah yang diolah atau tidak diolah yang sanggup dimanfaatkan sebagai sarana produksi dalam industri. Misalnya, kayu olahan untuk industri mebel, lembaran besi atau baja untuk industri pipa, dan benang (kapas yang telah dipintal) untuk industri garmen atau tekstil.

  4. Barang setengah jadi ialah materi mentah atau materi baku yang telah mengalami satu atau beberapa tahap proses industri yang sanggup diproses lebih lanjut menjadi barang jadi. Misalnya, lembaran kain dibentuk industri pakaian, kerangka mebel untuk industri meja dan kursi, lembaran kertas untuk tulis, majalah, korang, dan industri barang-barang cetakan.

  5. Barang jadi adlaah baeang hasil industri yang siap pakai untuk konsumsi final ataupun siap digunakan sebagai alat produksi. Misalnya, industri pakaian jadi (celana, baju, dan jaket), industri mebel (meja, kursi, dan lemari), industri semen, dan industri minyak goreng.

  6. Kegiatan rancang berdiri ialah kegiatan industri yang bekerjasama dengan perencanaan pendirian industri atau pabrik secara keseluruhan atau bagian-bagiannya.

  7. Perekayasaan industri ialah kegiatan industri yang bekerjasama dengan perancangan atau pembuatan mesin atau peralatan pabrik dan peralatan industri lainnya.

  8. Mengolah menjadi barang dengan nilai yang lebih tinggi, untuk penggunaanya. Maksudnya, mengakibatkan barang menjadi bernilai lebih tinggi baik secara ekonomi maupun pemanfaatannya.


Kesimpulannya, kegiatan industri merupakan suatu kegiatan yang sangat kompleks dan membutuhkan ketersediaan sumber daya insan yang memadai selain sumber daya yang lain.


TUJUAN PEMBANGUNAN INDUSTRI INDONESIA


Tujuan pembangunan industri di Indonesia yaitu:



  1. Meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat secara adil dan merata.

  2. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara sedikit demi sedikit dan mengubah struktur perekonomian kea rah yang lebih baik.

  3. Meningkatkan kemampuan dan penguasaan serta mendorong terciptanya tekonologi yang sempurna guna.

  4. Meningkatkan keikutsertaan masyarakat dan kemampuan golongan ekonomi lemah termasuk pengrajin biar berperan aktif dalam pembangunan industri .

  5. Memperluas dan meratakan kesempatan kerja dan kesempatan berusaha serta meningkatkan peranan koperasi industri .

  6. Meningkatkan penerimaan devisa melalui peningkatan ekspor produksi nasional yang bermutu dan menghemat devisa melalui pemakaian hasil produksi dalam negeri.

  7. Menunjang dan memperkuat stabilitas nasional yang dinamis.


Itulah sahabat klarifikasi mengenai pengertian industri dan tujuan pembangunan industri di Indonesia.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Industri Dan Tujuan Industri"

Posting Komentar