Parsley Atau Peterseli Dan Manfaatnya

Jika Anda sering makan pizza atau spaghetti di restoran Italian Food favorit Anda (atau mungkin homemade?), Anda niscaya tahu atau setidaknya pernah menyicipi parsley.


Parsley yaitu tanaman herba dengan tinggi rata-rata 10 hingga dengan 30 cm yang terkenal sebagai herba untuk garnish (penghias sajian makanan) atau sebagai bumbu masak. Di Indonesia tumbuhan ini dikenal juga sebagai daun peterseli. Parsley atau peterseli merupakan keluarga akrab jenis wortel maupun seledri. Daunnya berwarna hijau dan juga berbau segar.


 Anda niscaya tahu atau setidaknya pernah menyicipi parsley Parsley atau Peterseli dan Manfaatnya


Dengan nama ilmiah Petroselinum crispum, daun ini dikenal sebagai garnish kaya nutrisi/gizi, apalagi dengan kandungan zat besi-nya yang sangat tinggi.


Meskipun fungsi utamanya untuk ketika ini yaitu sebagai garnish dalam makanan, parsley sudah dipakai untuk aneka macam keperluan beratus tahun lalu, salah satunya yaitu menghilangkan busuk verbal (disamping menghilangkan busuk bau daging dalam masakan, tentunya). Tercatat dalam sejarah bangsa Yunani, parsley dipakai untuk menghilangkan busuk jasad yang membusuk sewaktu masa perang.


Selain menghilangkan busuk verbal dan mengandung zat besi yang tinggi, daun parsley kaya akan klorofil, antioksidan tinggi, kalium, asam folat, asam amino dan kalium, serta vitamin-vitamin yang penting bagi tumbuh menyerupai vitamin A dan C. Daunnya juga berguna sebagai pereda nyeri pada ketika haid, mengurangi tekanan darah tinggi (masih keluarga akrab dengan seledri yang sama fungsinya), meredakan kembung pada perut/lambung (baik untuk penderita maag), menghilangkan nyeri tulang pada rematik, serta gangguan-gangguan pencernaan. Untuk alasan-alasan inilah tumbuhan ini sering dibudidayakan dan daunnya dikeringkan untuk dicampur dengan makanan. Parsley kering cukup terkenal sebagai bumbu yang sering dicari dan terkenal di Indonesia.


Peterseli berasal dari negara-negara Eropa, khususnya tumbuh subur di Mediterania Timur. Di Turki dipakai sebagai tumbuhan pencegah atau mengobati penyakit diabetes. Parsley juga sering diseduh sebagai teh untuk keperluan diuretik (atau dalam istilah awam merangsang produksi air kencing/urin untuk tujuan tertentu).


 Anda niscaya tahu atau setidaknya pernah menyicipi parsley Parsley atau Peterseli dan Manfaatnya
Tanaman Parsley yang flat dan keriting (curly).

Daun parsley ada dua jenis menurut bentuk daunnya, yaitu parsley flat dan parsley keriting atau curly. Kami menyediakan aneka bibit tumbuhan di bibit bunga.com silahkan kunjungi link tersebut.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Parsley Atau Peterseli Dan Manfaatnya"

Posting Komentar