Matematikawan Indonesia Angkatan Pertama

Matematikawan pertama dari Indonesia yakni Dr. G.S.S.J. Ratu Langie (alm.), yang lebih dikenal sebagai Dr. Sam Ratulangi, asal Sulawesi Utara. Ia berguru di University of Zurich, Swiss, dan meraih gelar doktor dalam bidang matematika pada tahun 1919.

http://id.wikipedia.org/wiki/Sam_Ratulangi

Prof. Dr. Moedomo Soedigdomarto (lahir di Magetan, Provinsi Jawa Timur, 29 November 1927 – meninggal di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, 5 November 2005 pada umur 77 tahun) yakni seorang tokoh pendidikan dan penelitian serta guru besar Matematika Institut Teknologi Bandung.

http://id.wikipedia.org/wiki/Moedomo_Soedigdomarto
Moedomo Soedigdomarto (alm.) meraih gelar doktor dalam bidang matematika murni dari University of Illinois, Amerika Serikat. Beliau juga menjadi dosen di FMIPA ITB sampai awal tahun 2000-an. Sekembalinya dari Amerika Serikat pada tahun 1961 di usianya yang ke-34, Moedomo diangkat sebagai guru besar ITB. Ia telah berkontribusi banyak terhadap ITB dengan sistem akademiknya. Pendidikan S1 dengan waktu 4,5 tahun merupakan salah satu gagasannya yang lalu diterapkan juga oleh perguruan tinggi lain, dan lalu diperpendek lagi menjadi 4 tahun menyerupai sekarang. Paper pertama karya putra Indonesia yakni paper berjudul Radon-Nykodim theorems for Bochner and Pettis integrals“, yang ditulis oleh Moedomo Soedigdomarto dan J.J. Uhl Jr. dan dipublikasikan di Pacific Journal of Mathematics pada tahun 1971. Beliau merupakan dokter matematika ketiga Indonesia.

Sumber :  


Sumber http://gemarmatematika21.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Matematikawan Indonesia Angkatan Pertama"

Posting Komentar