Karakteristik Dan Wujud Kebudayaan

Halo sobat bangkusekolah.com! Kebudayaan merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah Negara. Sebagai warga Negara yang baik, kita harus selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan yang ada. Untuk mempelajari lebih jauh, mari kita ulas mengenai karakteristik dan wujud kebudayaan.


 Kebudayaan merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah Negara Karakteristik dan Wujud Kebudayaan


Karakteristik Kebudayaan


Yang pertama, kebudayaan yakni milik bersama masyarakat manusia. Kebudayaan merupakan sejumlah cita-cita, nilai, dan standard sikap yang didukung oleh sebagian besar warga masyarakat. Kebudayaan yakni common denominator yang menyebabkan perbuatan masing-masing individu sanggup dipahami oleh individu lain dalam kelompok masyarakatnya. Dalam setiap masyarakat terdapat perbedaan-perbedaan kebudayaan khusus. Misalnya variasi kebudayaan berdasarkan jenis kelamin, umur, kelas-kelas sosial, golongan-golongan sosial dalam masyarakat beragam menyerupai kelompok etnis, agama, profesi, dan iklan. Variasi kebudayaan setiap kelas, kelompok atay golongan sosial dinamakan subkultur atau variasi kebudayaan khusus. Di samping itu, ada juga orang-orang berperilaku idiosinkratis yang menyebabkan mereka disebut eksentrik, asing atau mungkin gila.


Karakteristik budaya yang kedua, kebudayaan yakni hasil mencar ilmu bukan warisan biologis. Hal ini sesuai dengan dfinisi kebudayaan berdasarkan Koentjaraningrat, bahwa kebudayaan merupakan keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya insan dalam rangka kehidupan bermasyarakat yang dijadikan milik diri insan melalui belajar. Ralph Linton menyebutkan kebudayaan sebagai warisan sosial. Proses penerusan kebudayaan dari satu generasi ke generasi lain diseibut enkulturasi.


Ketiga, kebudayaan didasarkan pada symbol Leslie White (1959) beropini bahwa semua sikap insan dimuat dengan penggunaan lambang atau symbol. Manusia berkomunikasi dengan memakai simbol-simbol, yang disepakati bersama. Simbol yakni sesuatu nilai atau maknanya diberikan oleh mereka yang mempergunakannya. Nilai atau maknanya tidak ditentukan oleh sifat intrinsik dalam bentuk fisiknya, tetapi dengan cara-cara yang non indrawi. Misalnya warna putih sanggup berarti suci, sanggup berarti berkabung, sanggup pula berarti menyerah. Aspek simbolis yang penting yakni bahasa. Dengan memakai bahasa insan memberikan gagasan, emosi, dan keinginan-keinginannya termasuk meneruskan kebudayaan dari generasi satu ke generasi berikutnya.


Yang ke empat, kebudayaan berfungsi sebagai kesatuan yang saling bekerjasama (integrasi). Dalam menganalisis kebudayaan suatu suku bangsa, para jago antropologi sering menguraikan mengenai unsure peralatan dan perlengkapan hidup, mata pencaharian, sistem keluarga dan masyarakat, kesenian, bahasa, keyakinan, dan sistem pengetahuannya yang masing-masing unsur tersebut bahwasanya merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan.


Kelima, kebudayaan bersifat superorganik. Kebudayaan diwariskan turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya, sehingga tetap hidup terus menerus secara berkisanambungan, meskipun orang-orang yang menjadi anggota masyarakat senantiasa silih berganti alasannya kematian meskipun generasi tersebut sudah mati.


Wujud Kebudayaan


Menurut Koentjaraningrat, ada 3 wujud kebudayaan yaitu :



  1. Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nila-nilai, norma-norma, peraturan, dan sebagainya. Wujud ideal dari kebudayaan sifatnya abstrak, tidak sanggup diraba, ada dalam alam pikiran masyarakat, dinyatakan dalam karangan-karangan atau buku-buku.

  2. Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks acara serta tindakan berpola dari insan dalam masyarakat. Sistem sosial ini bersifat konkret, terjadi di sekeliling kita sehari-hari, sanggup diobservasi, difoto dan didokumentasi.

  3. Wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia. Wujud kebudayaan ini disebut sebagai kebudayaan fisik dan tidak memerlukan banyak penjelasan, sifatnya positif berupa benda-benda yang sanggup diraba, dilihat dan difoto, contohnya gedung-gedung, alat transportasi, mesin-mesin, kain dan sebagainya.


Itulah pembahasan mengenai karakteristik dan wujud kebudayaan. Bagaimana? Sobat sudah sanggup membedakannya bukan? Semoga bermanfaat, silahkan like dan share ya.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Karakteristik Dan Wujud Kebudayaan"

Posting Komentar