√ Jenis Jenis Alat Pada / Di Zaman Kurun Praaksara

Jenis Jenis Alat Pada / Di Zaman Masa Praaksara - Selain banyak sekali macam fosil sisa-sisa kehidupan manusia, kehidupan pra-aksara di Indonesia sanggup pula dilacak melalui inovasi perkakas yang dipakai oleh insan pada masa kemudian tersebut. Di Indonesia, sampai sekarang masih sering ditemukan perkakas-perkakas yang diperkirakan pernah dipakai oleh insan purba.

Berikut ini beberapa jenis alat dari masa praaksara yang pernah ditemukan di Indonesia.
a. Kapak Genggam
Kapak genggam diperkirakan merupakan alat yang dipakai oleh insan jenis Pithecanthropus untuk berburu. Struktur dan bentuk alat ini masih sangat sederhana dan bab yang tajam hanya terdapat di satu sisi saja. Kapak ini dipakai dengan cara digenggam. Alat ini pernah ditemukan di Trunyan (Bali), Awangbangkal (Kalimantan Selatan), dan Kalianda (Lampung).
b. Alat Serpih
Alat ini dipakai oleh insan purba untuk menusuk, memotong dan melubangi kulit binatang. Alat ini terbuat dari batu. Diperkirakan, alat ini merupakan serpihanserpihan dari kerikil yang dibuat sebagai kapak genggam. Alat ini pernah ditemukan di Sangiran dan Gombong (Jawa Tengah), serta Cabbenge (Flores).

aksara di Indonesia sanggup pula dilacak melalui inovasi perkakas yang dipakai oleh manus √ JENIS JENIS ALAT PADA / DI ZAMAN MASA PRAAKSARA


c. Kapak Persegi
Kapak persegi merupakan alat yang terbuat dari kerikil dan dipakai oleh insan untuk mencangkul, memahat, dan berburu. Alat ini terbuat dari kerikil berbentuk segi empat yang kedua sisinya diasah halus. Pada salah satu sisi pangkal, ada bab berlubang untuk tangkai. Sementara pangkal lainnya yakni bab yang tajam. Alat ini banyak ditemukan di banyak sekali daerah di Indonesia, mulai dari Sumatra, Jawa, Nusa Tenggara, sampai Sulawesi.
d. Kapak Lonjong
Kapak lonjong merupakan kapak yang bentuknya lonjong. Pangkal kapak tersebut lebar dan tajam, sedang ujungnya runcing dan diikatkan pada gagang. Alat ini terbuat dari kerikil yang telah diasah sampai halus. Kapak lonjong pernah ditemukan di Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.
e. Menhir
Menhir merupakan tugu kerikil yang tinggi. Diperkirakan menhir dipakai sebagai daerah pemujaan oleh insan prasejarah.
f. Dolmen
Dolmen yakni meja yang terbuat dari batu, diperkirakan dipakai sebagai daerah menyimpan sesaji untuk sesembahan insan prasejarah.
g. Sarkofagus
Sarkofagus yakni peti mati yang terbuat dari batu.
h. Arca
Arca yakni kerikil yang dibuat sampai ibarat makhluk hidup tertentu.
i. Bejana Perunggu
Bejana perunggu yakni benda yang terbuat dari perunggu. Bentuknya seakan-akan dengan gitar spanyol tanpa gagang. Alat ini hanya ditemukan di dua daerah yaitu di Madura dan Sumatra.
j. Kapak Corong
Kapak corong yakni kapak yang terbuat dari perunggu dan bentuk bab atas seakan-akan dengan corong. Alat ini pernah ditemukan di Jawa, Bali, Sulawesi, dan Papua.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Jenis Jenis Alat Pada / Di Zaman Kurun Praaksara"

Posting Komentar