Ilmuwan Jepang Ciptakan Robot Lebah Untuk Tingkatkan Panen Madu

Sejumlah ilmuwan asal Jepang telah berhasil membuat robot lebah dengan tujuan untuk mengatasi krisis panen madu global yang sekarang sedang terjadi di negara tersebut. Robot lebah tersebut nantinya dibutuhkan bisa 'bekerjasama' dengan lebah sungguhan untuk bisa meningkatkan hasil panen madu.
 Sejumlah ilmuwan asal Jepang telah berhasil membuat robot lebah dengan tujuan untuk m Ilmuwan Jepang Ciptakan Robot Lebah untuk Tingkatkan Panen Madu
Robot Lebah 
Robot lebah tersebut dirancang akan mempunyai bentuk mirip robot mini dengan gerakan kinetik yang mirip lebah sungguhan. Hal inilah yang sedang dikembangkan oleh seorang peneliti senior di Nanomaterials Research Institute di Jepang, Eijiro Miyako, yang menjadi pencetus dari robot lebah tersebut.

Miyako menyampaikan bahwa robot lebah ini akan memakai gel ion berwujud cair untuk bisa mengambil serbuk sari dari satu bunga ke bunga lain. Namun, hambatan yang dihadapi ketika ini yaitu mereka harus mencari cara untuk menampung gel ion cair itu ke 'tubuh' robot lebah yang terbuat dari materi plastik.

Alhasil, mereka bisa membuat material mirip bulu-bulu sikat halus, mirip pada lebah sungguhan yang fungsinya untuk mengambil serbuk sari dari bunga. "Saya memakai bulu kuda dan menempelnya di punggung robot. Setelahnya saya coba untuk menambahkan gel ion cair, guna bulu kuda ini ialah untuk mempercepat ekspansi serbuk sari," terang Miyako.

Robot lebah ini nantinya akan memerlukan GPS ( Global Positoning System ), kamera resolusi tinggi dan kecerdasan buatan (AI / Artificial Intelligence) untuk bisa melacak lintasan dan sistem navigasi antara satu bunga dengan bunga lainnya, serta sanggup mendarat dengan baik dan sempurna sasaran.

Selain itu, Miyako juga mengadakan eksperimen di mana robot lebah ini nantinya akan sanggup melaksanakan penyerbukan silang di bunga lili Jepang (Lilium Japonicum). Lebah robot itu bahkan juga bisa melakukannya pada bunga yang mempunyai bulu lembut dan kelihatan menarik, tak merusak bab pistil maupun stamen ketika unit itu mendarat di atas kembang bunga tersebut.

"Kami sangat berharap bahwa hal ini sanggup membantu mengatasi duduk kasus panen madu di negara kami. Tapi, hal lebih penting lagi yaitu lebah dan robot harus dipakai secara bersamaan." pungkas Miyako.



Sumber http://teknoaldebran.blogspot.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Ilmuwan Jepang Ciptakan Robot Lebah Untuk Tingkatkan Panen Madu"

Posting Komentar