Cara Merubah Peta Dari Format Arcview Menjadi Format Autocad

Tutorial Cara Merubah Peta Dari Format ArcView Menjadi Format AutoCAD ini merupakan bab dari tutorial autocad map pilihan. Saya menuliskan tutorial ini, alasannya yakni pernah ditanyakan oleh teman saya.


Dulu dikala mau mengolah data untuk kepentingan skripsi, data spasial yang ia peroleh berformat ArcView, sementara software yang ia gunakan untuk mengolah data spasial yakni AutoCAD Map.


Sebenarnya ada banyak cara untuk merubah format data spasial tersebut. Adapun yang akan saya uraikan merupakan salah satu cara saja yang mudah-mudahan dapat menjadi salah satu solusi alternatif untuk menuntaskan kasus diatas.


Tehnik yang saya gunakan untuk merubah format data spasial tersebut memakai derma Software MapInfo Professional. Makara tehnik ini dapat anda gunakan kalau software MapInfo sudah terinstal dalam komputer yang anda gunakan.


Lalu menyerupai apakah cara yang saya maksud tersebut, eksklusif simak saja tutorial dibawah ini.


Tahapan Merubah Format ArcView Menjadi AutoCAD


1. Buka aktivitas MapInfo Professional, kalau muncul form obrolan pilih saja Cancel.


2. Klik sajian Tools > Universal Translator > Universal Translator. Apabila berhasil akan muncul form obrolan menyerupai dibawah ini.


Tutorial Cara Merubah Peta Dari Format ArcView Menjadi Format AutoCAD ini merupakan bab Cara Merubah Peta Dari Format ArcView Menjadi Format AutoCAD


3. Pada bab Source , Format pilih ESRI Shape ; pada bab File cari dimana kita menyimpan peta tersebut (Peta dalam format Arcview/ *.shp).


Pada bab Destination, Format pilih MapInfo TAB ; pada bab Directory, cari dimana kita akan menyimpan peta hasil proses ini. Pada bab Log, biarkan saja menyerupai default nya.


4. Klik OK. Apabila prosesnya berhasil maka akan ada pesan yang berbunyi Translation succesful!


5. Langkah selanjutnya yakni merubah peta hasil translasi tadi (format MapInfo / *.TAB) menjadi format AutoCAD / *.CAD. Adapun langkah-langkahnya sama dengan proses translasi yang pertama (untuk lebih jelasnya, ikuti tahap selanjutnya).


6. Pada bab Source , Format pilih MapInfo TAB ; pada bab File cari dimana kita menyimpan peta hasil translasi (Peta dalam format MapInfo/ *.tab).


Pada bab Destination, Format pilih AutoCAD DWG/DXF ; pada bab Directory cari dimana kita akan menyimpan peta hasil proses ini. Adapun File Type pilih saja DWG.


Pada bab Log, biarkan saja menyerupai default nya. Untuk menawarkan citra lihat tampilan dibawah ini.


Tutorial Cara Merubah Peta Dari Format ArcView Menjadi Format AutoCAD ini merupakan bab Cara Merubah Peta Dari Format ArcView Menjadi Format AutoCAD


7. Klik OK. Proses translasi berjalan otomatis, apabila berhasil akan muncul pesan Translation succesful!


8. Proses untuk merubah peta dari format Arcview menjadi format AutoCAD selesai.


Untuk memastikan hasil perubahan ini, buka saja aktivitas AutoCAD. Apabila ingin melihat hasil dari proses yang saya lakukan dikala menciptakan tutorial ini, lihat gambar dibawah.


Tutorial Cara Merubah Peta Dari Format ArcView Menjadi Format AutoCAD ini merupakan bab Cara Merubah Peta Dari Format ArcView Menjadi Format AutoCAD


Yang perlu menjadi catatan adalah:


1. Sebenarnya ArcView memiliki akomodasi Export yang dapat digunkan untuk merubah File berformat ArcView menjadi File berformat lain (misalnya Windows bitmap, Windows metafile, dll), akan tetapi pilihan format AutoCAD / *.dwg / *.dxf tidak tersedia.


(ArcView yang saya gunakan versi 3.3, adapun versi lain saya belum pernah mencobanya, jadi belum tahu apakah tersedia pilihan AutoCAD / *.dwg / *.dxf atau tidak).


2. AutoCAD yang saya gunakan yakni AutoDesk Map 2004. Sebenarnya AutoDesk Map 2004 ini juga memiliki akomodasi Import yang dapat dipakai untuk merubah Peta dalam format lain (misalnya format ArcView) menjadi format AutoCAD.


Akan tetapi dikala saya mencobanya, file berformat ArcView 3.3 ini tidak dapat dibuka (versi lain belum pernah mencoba).


3. Ketika memakai akomodasi Universal Translator milik MapInfo, Peta dalam format selain MapInfo hanya dapat dirubah menjadi format MapInfo. Baru sehabis jadi format MapInfo peta tersebut dapat dirubah menjadi format lain (intinya tidak dapat langsung).


Saat ini (Tahun 2015), untuk merubah peta format ArcView menjadi AutoCAD saya merekomendasikan cara di tutorial Convert SHP to DWG.


Demikian tutorial Cara Merubah Peta Dari Format Arcview Menjadi Format AutoCAD ini, mudah-mudahan bermanfaat terutama bagi yang sedang berguru AutoCAD untuk pemetaan digital.


Untuk melihat tutorial yang lain, menyerupai Tahapan Digitasi On Screen Menggunakan Autodesk Map 2004 silahkan klik Tutorial AutoCAD Map.




Sumber https://www.asifah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Merubah Peta Dari Format Arcview Menjadi Format Autocad"

Posting Komentar