Cara Menanam Padi Bibit Unggul Mapan Hingga Panen

 pada artikel sebelumnya kita telah banyak membicarakan mengenai padi mapan  Cara Menanam Padi Hibrida Mapan Sampai PanenCara menanam padi bibit unggul mapan, pada artikel sebelumnya kita telah banyak membicarakan mengenai padi mapan 02 dan padi mapan 05. Maka dalam kesempatan ini kita akan membahas mengenai padi mapan secara umum. Perlu dijelaskan sebelumnya b


ahwa padi mapan merupakan varietas unggulan dengan jenis padi hibrida. Padi ini bisa menghasilkan produktifitas yang tinggi karenanya sudah dikenal secara luas oileh para petani tumbuhan padi. Padi mapan juga mempunyai spesifikasi kecocokan tanam hampir disemua wilayah baik dataran tinggi sampai dataran rendah sebagaimana cara budidaya jamur tiram dengan serbuk gergaji.


Karena hal tersebutlan maka padi mapan menjadi pilihan banyak petani di Indonesia. Meskipun demikian tentunya bukan hanya benih yang menjadi faktor penentu utama kesuksesan sebuah budidaya. Sebab didalamnya terdapat elemen elemen lain yang juga saling berkaitan. Terutama mengenai cara tanam dan teknik budidaya yang benar. Saat keduanya dipadukan dengan benar maka hasilnya sudah niscaya akan memuaskan.


Nah pada kesempatan ini, penulis akan mengulas mengenai Cara menanam padi bibit unggul mapan – Tips dan kiat suskes panen melimpah.


Nah, berikut yakni hal yang wajib diperhatikan dan dicatat baik baik :


Perhatikan contoh trend


Menanam padi bibit unggul mapan tentu harus memperhatikan trend tanam, meskipun ketika ini trend tanam tak sanggup diprediksi lagi namun sebagai petani tetap harus mempunyai patokan menyerupai  jenis tumbuhan akuarium. Sebagaimana diketahui bahwa umur panen padi bibit unggul mapan sendiri sudah terang yakni 80-85 hari.


Artinya anda sudah bisa memilih kapan akan menenam padi ini atau istirahat sejenak dan menggantinya dengn tumbuhan lain. Misalnya saja ketika hari raya besar menyerupai idul fitri undangan akan besar niscaya akan melonjak tentu saja harga jual baik gabah atau beras akan meningkat. Supaya anada mendapat kesempatan ini makan anda harus menghitung mundur kapan sebaiknya anda mulai menanm padi mapan di sawah.


Penggunaan benih yang berkulitas


Padi mapan sendiri cukup popular sehingga tidak jarang mengundang oknum yang tidka bertanggung jawab untuk meniru benihnya sebagaimana juga jenis tumbuhan akuarium o2.


Tentu saja hal ini menjadi peluang bagi mereka alasannya yakni harga jual benih padi mapan dan benih padi lainnya jauh berbeda. Terng saja tidak sedikit petani yang kesudahannya tertipu. Oleh alasannya yakni itu, pada ketika membeli benih padi ini maka sebaiknya perhatikan hal hal berikut ini :



  • 1 Produsen benih harus menjadi perhatian utama anda, cek di internet nman produsen yang tertera pada label.

  • 2 Pilihlah hanya benih yang sudah tersertifikasi secara resmi dari kementrian terkait.

  • 3 Baca dengan teliti setiap gosip yang tertera pada label, terutama mengenai tanggal kadaluwarsa benih.

  • 4 Jangan tergiur harga murah, alasannya yakni niscaya hasilnya akan tidak sesuai harapan.


Cara budidaya yang benar


Agar padi mapan bibit unggul sanggup menghasilkan panen yang sesuai keinginan maka anda harus melaksanakan teknik budidaya yang benar yang mencakup :



  • Persemaian


Dilakukan memakai benih berkualitas, pada lahan yang kesuburannya terjaga dan juga dalam jarak tanam yang ideal. Selain itu juga penanggulangan terhadap serangan keong dan bekicot harus dilakukan secara optimal biar tidak terjadi  kenapa tumbuhan layu.









  • Penanaman


Penanman dilakukan secara sempurna diaman umur bibit benar benar telah pandai balig cukup akal serta juga bibit siap dipindahkan ke lahan tanam. Dianjurkan penanamn dilakukan pada pagi hari dengan jarak tanam yang diubahsuaikan dengan kesuburan tanah, lagi lagi lantaran bibit merupkan tumbuhan muda maka perhatikan mengenai serangan keong dan bekicot yang seringkali dating.



  • Perawatan dan pemeliharaan


Adapun pemeliharaan dan perawatan yang dilakukan meliputu pemupukan, pengairang, penganggulangan HPT dan penyiangan. Untuk pemupukan khususnya dilakukan secara spesifik memakai jenis pupuk dan jug dalam frekuensi yang dianjurkan.

Untuk dosis, jenis dan macam pupuk yang digunakan dpat merujuk pada cara menanam benih padi mapan 05 dan cara menanam padi mapan 02. Tak kalah penting yakni penanggulana HPT yang seringkali menyerng. Karenanya harus benar benar dicegah dengan cara baik secara manual atau menggubakan tunjangan pestisida.



  • Panen dan pasca panen


Pada umunya padi mapan sanggup dipenan pada umur kurang dari 90 hari sesudah tanam. Padi mapan yang siap panen akan mengatakan warna malai padi yang sudh menguning keseluruhan serta juga malai atau bulir padinya sudha merunduk.

Biasanya panen dilakukan secara manual dengan cara memotong batang padi 5 cm dari akarnya. Untuk memisahkan padi dan malainya digunakan alat atau mesin menyerupai juga cara stek bunga mawar ..


Setelahna hasil panen yakni berupa gabah yang masih dalam kondisi berair atau mempunyai kadar air sekita 80%. Agar sanggup dijual maka gabah harus dikeringkan dengan cara dijemur dibwah terik matahari samapi benar benar kering atau kadar airnya menjadi dibwah 5%.


Kemudian brulah gabah digiling dan selanjutnya menjadi beras yang kita konsumsi sehari hari.


Itulah tadi, Cara menanam padi bibit unggul mapan – Tips dan kiat suskes panen melimpah. Semoga sanggup bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Padi Bibit Unggul Mapan Hingga Panen"

Posting Komentar