Cara Menanam Oregano Dari Biji

Oregano sebagai salah satu tumbuhan herba bumbu atau rempah masakan yang sanggup dengan gampang Cara Menanam Oregano dari Biji
Oregano sebagai salah satu tumbuhan herba bumbu atau rempah masakan yang sanggup dengan gampang ditumbuhkan dari biji.

Oregano (O. vulgare) adalah tumbuhan herba yang gampang untuk dipelihara, salah satu benih herba yang paling laku ketika ini dan banyak diburu alasannya yakni keunikan dan rasa aroma khasnya. Oregano sanggup ditanam di dalam ruangan atau di luar ruangan. Tanaman ini berasal dari tempat kering, sehingga ia sanggup hidup di ekspresi dominan kemarau. Oregano biasanya dipakai sebagai rempah-rempah dalam masakan.


Oregano sebagai salah satu tumbuhan herba bumbu atau rempah masakan yang sanggup dengan gampang Cara Menanam Oregano dari Biji
Gambar tumbuhan daun oregano kultivar Greek (Yunani).

Oregano sendiri banyak sekali jenisnya, ada oregano hindi, oregano greek, oregano urdu, oregano italian, cuban oregano, dan lain-lain (jinten atau bangun-bangun juga termasuk golongan oregano). Disini kita membahas soal oregano greek, sebagai yang paling umum ditemukan di Indonesia. Selain merawatnya yang mudah, menanamnya pun mudah. Oregano sanggup ditanam melalui biji atau juga melalui stek batang. Artikel ini membahas cara menanam oregano dari biji. Perlu diketahui, biji oregano berukuran sangat kecil, terlihat seakan-akan dengan biji mint yang juga kecil.


Penyemaian Benih Oregano


Oregano sebagai salah satu tumbuhan herba bumbu atau rempah masakan yang sanggup dengan gampang Cara Menanam Oregano dari Biji
Langkah menyemai biji oregano biasanya dilakukan di dalam ruangan atau indoor.

Penyemaian dilakukan di dalam ruangan (indoor). Anda sanggup memakai seedling tray, pot, atau wadah lainnya.



  1. Tebar biji di atas media tanam berupa cocopeat, sekam bakar, atau tanah yang telah dicampur dengan pupuk sangkar (1:1). Biji oregano tidak perlu dikubur.

  2. Semprot memakai semprotan air yang lembut. Atau gunakan semprotan bekas parfum.

  3. Tutup wadah penyemaian memakai plastik transparan.

  4. Tempatkan di tempat yang mendapat sinar matahari, contohnya di akrab jendela.

  5. Oregano akan berkecambah sekitar seminggu.

  6. Lakukan penyiraman setiap harinya.


Pemindahan Oregano Ke Media Tanam


Oregano sebagai salah satu tumbuhan herba bumbu atau rempah masakan yang sanggup dengan gampang Cara Menanam Oregano dari Biji


Jika oregano telah tumbuh sekitar lima sentimeter, Anda sanggup memindahkannya ke dalam pot atau polibag.



  1. Isi pot memakai gabungan tanah dan pupuk sangkar (1:1).

  2. Lubangi tanah seukuran gundukan akar oregano yang akan dipindahkan.

  3. Pindahkan tumbuhan dengan hati-hati.

  4. Siram memakai semprotan air.

  5. Simpan di tempat yang tidak terkena sinar matahari eksklusif selama seminggu pertama.

  6. Setelah satu minggu, Anda sanggup mindahkan pot ke luar ruangan yang terkena sinar matahari langsung.


Tips Perawatan Tanaman Oregano


Itulah cara menanam oregano dari biji. Oregano sangat menyukai sinar matahari. Oregano dikenal sebagai tumbuhan yang kuat. Ia sanggup hidup di tempat kering. Ia juga tidak memerlukan perhatian yang ekstra.


Anda sanggup memanen oregano kalau tingginya telah mencapai lima belas sentimeter. Panenlah oregano di pagi hari. Waktu terbaik untuk memanen oregano yakni sesaat sehabis embun pagi mengering.


Oregano memang sanggup tumbuh di tempat yang kemarau, namun bukan berarti Anda tidak perlu menyiramnya. Apalagi ketika media tanamnya sudah mengering.


Sekian gosip wacana cara menanam oregano, biar sanggup bermanfaat bagi Anda. Jika Anda tidak ingin pusing atau repot memulainya menanam lagi dari benih, kami menyediakan tanaman hidup oregano yang sudah jadi (sisa pindah tanam).


Silahkan klik disini untuk melihat aneka bibit tumbuhan herba yang kami punya.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Oregano Dari Biji"

Posting Komentar