Cara Membuat Surat Laporan

 Dari namanya sudah mampu disimpulkan bahwa surat laporan ialah surat yang memberikansik Cara Menciptakan Surat Laporan
Dari namanya sudah mampu disimpulkan bahwa surat laporan ialah surat yang memberikansikan mengenai laporan suatu hal misalnya ihwal pekerjaan. Tujuannya tentu saja untuk menunjukkan laporang yang berkaitan dengan hal tersebut. Bagian-bagian isi laporan tergantung dari ragam laporan yang dibuat. Surat laporan ini sendiri terdiri dari beberapa komponen atau belahan penting yaitu :

1. Sampul

Sampul atau cover ialah belahan yang biasanya berada paling luar. Sampul ini juga memberikansi judul laporan, penyusunan laporan, kepentingan penyusunan laporan, logo instansi, dan bulan pembuatan laporan itu sendiri.

2. Halaman Judul

Bagian penting yang kedua ialah halaman judul. Halaman judul ini memberikansikan ihwal judul laporan, nama dan keterangan diri penerima laporan. nama dan keterangan diri penulis, kawasan dan tanggal. Judul laporan juga harus jelas, ringkas, tidak ada yang kurang, dan mencerminkan isi secara keseluruhan. Identitas dan nama penerima biasanya tidak selalu ditulis, namun jikalau akan disertakan maka biasanya diawali dengan kata "Diserahkan Kepada". Nama dan keterangan diri penulid diberlalu dan silami kata "Oleh" dan diikuti keterangan diri penulis. Tempat dan tanggal ditulis pada belahan bawah dengan terpisah.

3. Surat Penyerahan

Bagian yang ketiga ialah surat penyerahan. Surat penyerahan merupakan surat formal yang memberikansi unsur-unsur konvensional surat dengan judul "Surat Penyerahan". Sebenarnya surat penyerahan ini sendiri bukan belahan dari laporan, namun hanya sebagai pengantar dan sifatnya perorangan. Kaprikornus surat ini tidak wajib dibuat, akan tetapi akan ludang kecepeh baik jikalau disertakan.

4. Abstrak

Apa itu abstrak? Abstrak ialah suatu uraian yang bertujuan mengambarkan aspek-aspek yang ditulis dan informasi penting dalam laporan kepada pembaca. Abstrak ini keberadaannya cukup penting untuk melihat secara sekilas isi dari laporan. Selain itu asing juga mampu digunakan untuk menyegarkan ingatan supaya ingat kembali isi laporan yang telah dibaca.

5. Daftar Isi

Mengenai daftar isi, belahan ini ialah belahan dari laporan yang menunjukkan garis besar judul, subjudul laporan yang memmemberikan gambaran dan petunjuk topik apa saja yang dilaporkan. Gunanya daftar isi ini ialah untuk mememperringan dan sepelekan pembaca mengetahui struktur dari laporan.

 Dari namanya sudah mampu disimpulkan bahwa surat laporan ialah surat yang memberikansik Cara Menciptakan Surat Laporan
6. Penberlalu dan silaman

Bagian yang memberikankutnya ialah penberlalu dan silaman. Penberlalu dan silaman ini merupakan belahan dari laporan yang berfungsi sebagai pengantar sebelum memasuki inti dari suatu laporan. Penberlalu dan silaman memberikansi ihwal latar belakang masalah, ruang lingkup, uraian ringkas penyusunan, tujuan, sumber informasi, waktu terlaksanakan, dan lain sebagainya.

7.  Isi

Dan ini merupakan belahan yang paling penting dan harus ada dalam membuat surat laporan. Karena jikalau tidak ada, apa gunanya anda membuat surat laporan. Isi dari laporan ini menyangkut ihwal duduk perkara dan segala sesuatu yang berkaitan langsung dengan duduk perkara tersebut. Biasanya isi laporan meliputi : 
  • Hasil pengamatan
  • Pencocokan data dan fakta
  • Faktor pendukung dan penghambat
  • Pembahasan dan hasil dari sesuatu yang telah dilaksanakan mengenai pokok duduk perkara yang akan dilaporkan.
 8. Kesimpulan dan Saran

Bagian dari surat laporan yang memberikankutnya ialah kesimpulan dan saran. Kesimpulan dan saran ini merupakan belahan penutup dari surat laporan. Kesimpulan ditarik dari fakta-fakta dan banyak mempersoalkan kekerabatan logis. Sedangkan daran sendiri ialah langkah atau alternatif penyelesaian perkara supaya perkara tersebut mampu diatasi dengan sebaik-baiknya. Bentuk dari kesimpulan ini sendiri tergantung dari isi laporan alasannya ialah urutan penyajiannya sesuai dengan isi laporan.

9. Bagian Petidak ada yang kurang

Yang terakhir dari belahan surat laporan ialah belahan petidak ada yang kurang. Bagian ini ialah belahan dari laporan yang metidak ada yang kurangi laporan tersebut. Bagian petidak ada yang kurang ini biasanya berupa lampiran dan bibliografi. Sebagai pola lampiran ihwal data yang telah dikumpulkan, foto-foto, peta, dan lain sebagainya.

Nah itulah beberapa belahan yang merupakan cara membuat surat laporan yang benar. Kami harap ulasan kami ini mampu membantu anda ya. Sampai bertemu di ulasan menarik kami yang memberikankutnya. Sukses selalu.

Sumber http://ayobelajarpemasaran.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Membuat Surat Laporan"

Posting Komentar