Aturan Rancang Fasilitas

Perencanaan tataletak yang baik sanggup dilanjutkan dengan cara berikut :

1. Peroleh Data Dasar
Perancang kemudahan sebaiknya menyandarkan diri pada pekerjaan staf untuk data dasar yang di perlukan untuk merancang tataletak.

2. Analisis Data Dasar
Pekerjaan rancang kemudahan berawal dari analisis data untuk memilih keterkaitan yang dibutuhkan dan kemudian untuk mempersiapkan langkah perencanaan selanjutnya.

3. Perencanaan Proses Produksi
Langkah selanjutnya yakni memilih proses pengubahan materi menjadi komponen dan produk yang diinginkan, atau bagi perusahaan bukan pengilangan, hukum yang memilih pelaksanaan jasa.

4. Rencanakan Pola Aliran Bahan
Untun mencapai suatu tataletak yang memudahkan proses produksi, rujukan umum fatwa materi harus dirancang dengan hati-hati untuk menjaga minimumnya perpindahan, dan semoga diperoleh keterkaitan yang baik antar jalur fatwa beberapa komponen.

5. Perhakan Seluruh Rencana Pemindahan Barang
Sistem pemindahan barang mengubah rujukan fatwa statis menjadi suatu fatwa barang di pabrik yang cergas.

6. Hitung Kebutuhan Peralatan
Sebelum proses tataletak sanggup dilanjutkan lebih jauh, perlu ditentukan beberapa jumlah tiap jenis peralatan dibutuhkan.

7. Rencanakan tempat kerja mandiri
Pada kesempatan ini, setiap operasi, stasiun kerja, tempat, proses, dsb, harus direncanakan secara rinci.

8. Pilih Peralatan Pemindahan Barang Yang Tepat
Setelah metode pemerosesan, faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan pada perencanaan tataletak yakni pemindahan barang.

9. Koordinir Kelompom Operasi Yang Berkaitan
Jika operasi atau tempat kerja berdikari dirancang, keterkaitan antara tempat kerja juga harus dirancang, keterkaitan antara tempat kerja juga harus dirancang.

10. Rancang Keterkaitan Kegiatan
Kebanyakan langkah terdahulu bekerjasama dengan acara produksi. Sekarang diharapkan penyambungan langkah-langkah tadi dengan acara penunjang dan acara pelayanan dengan memperhatikan drajat kedekatan yang di butuhkan barang, orang, dan fatwa informasi.

11. Tentukan Kebutuhan Gudang
Sekali lagi topik ini mungkin saja telah diperhitungkan pada langkah terdulu, tetapi kini harus dipecah untuk gudang bahan-baku, gudang barang setengah jadi dan gudang produk jadi.

12. Rencanakan Kegiatan Pelayanan dan Kegiatan lain
acara pelayaban dan acara pendukung lainnya mungkin telah memperlihatkan beberapa pemikiran, tetapi petimbangan utama ditunjukan bagi acara yang mengarah ke produksi.

13. Tentukan Kebutuhan Ruang
Setelah merancang rujukan fatwa dan membrikan beberapa pertimbangan pada acara pelayanan dan acara penunjang, perlu dibentuk asumsi awal wacana ruang total yang dibutuhkan bagi tiap acara dalam kemudahan dan asumsi awal dari luas total dari kemudahan yang diusulkan.

14. Alokasikan Daerah Kegiatan Ke Seluruh Ruangan
Lembar kerja kebutuhan ruangan total memperlihatkan sebuah model tempat bagi tiap kegiatan.

15 . Pertimbangkan Jenis Bangunan
Jika pertimbangan untuk bangunan belum dilakukan, sekaranglah ketika menentukannya. Misalnya bangunan hanya merupakan kerangka yang mengelilingi dan menutul tataletak. Pada bangunan lain mungkin merupakan bab terpadu dari kemudahan produksi.

16. Bangunan Tataletak Induk
Beberapa planning tempat kerja dan diagram alir harus sanggup dipadukan. Hal ini memberi arti bahwa banyak pembiasaan yang harus dilakukan untuk memberi tempat bagi penggagungan banyak sekali tempat kerja, diagram alir, dan acara pelayanan dan penunjang, dengan rujukan fatwa ke dalam satu komposisi perkerjaan.

17. Evaluasi, Sesuaikan, dan Periksa Tataletak dengan Pihak yang lain
Tidak peduli bagaimana cermatnya atau bagaimana ilmiahnya langkah-langkah terdahulu telah dilakukan, selalu ada faktor langsung dan prasaan yang perlu diperhitungkan.

18. Perolehan Persetujuan
Pada tahapan akhir, terletak harus disetujui secara resmi oleh pejabat pabrik yang mengemban kebijakan dan hukum pabrik, serta yang mempunyai pengetahuan khusus wacana fase-fase operasi yang diusulkan  dan mempunyai pemahaman yang luas terhadap keterkaitan menyeluruh antara banyak sekali fase operasi.

19. Dirikan Tataletak
Karena perancang tataletak telah merancang tataletak, wajarlah jikalau beliau harus menyelia pekerjaan pelaksanaan tataletak secara ketat.

20. Tindak Lanjut Pelaksanaan Tataletak
Tataletak yang tekah didirikan ibarat yang direncanakan, tidak memberi jaminan bahwa beliau akan bekerja ibarat yang direncanakan.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Referensi :

  • Tataletak pabrik dan pemindahan barang


Sumber http://matematikaakuntansi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Aturan Rancang Fasilitas"

Posting Komentar