4 Jenis Flora Yang Sanggup Dikembangbiakkan Dengan Cara Merunduk

Tanaman sanggup berkembang biak secara vegetatif ataupun generatif. Perkembangbiakkan secara vegetatif sanggup terjadi secara alami maupun buatan. Salah satu metode vegetatif buatan ialah merunduk. Jika Anda tertarik dengan metode merundukkan tumbuhan maka Anda perlu memahami jenis tumbuhan yang sanggup dikembangbiakkan dengan cara merunduk.


Merunduk (layering) ialah merundukkan atau membengkokkan sebagaian cabang dan membenamkannya ke dalam tanah. Merunduk tidak sanggup dilakukan pada semua jenis tanaman.


Tanaman yang sanggup dikembangbiakkan dengan cara merunduk biasanya ialah tumbuhan yang bercabang panjang dan lentur serta cabangnya erat dengan tanah. Akar akan tumbuh dari ruas-ruas batang tumbuhan dan menjadi tumbuhan baru.


Merunduk sanggup dilakukan dengan dua cara, yaitu merunduk biasa dan majemuk. Merunduk biasa dilakukan dengan merundukkan cabang tumbuhan dan menimbunnya dengan tanah, kecuali ujung batangnya. Merunduk beragam dilakukan dengan merundukkan seluruh batang dan ditimbun dengan tanah pada beberapa atau seluruh tempat.


Jenis tumbuhan yang sanggup dikembangbiakkan dengan cara merunduk diantaranya adalah:



  1. Mawar


Mawar ialah salah satu jenis tumbuhan yang sanggup berkembang biak dengan merunduk. Cara menentukan bibit bunga mawar yang baik ialah hal paling penting untuk menentukan keberhasilan dari perkembangbiakkan dengan cara merunduk. Selain memakai bibit bunga mawar, Anda juga sanggup menerapkan cara menanam bunga mawar dari biji.


Anda sanggup merundukkan cabang tumbuhan mawar dengan melengkungkan bab cabangnya. Timbunlah dengan tanah bab ujung bawah dari lengkungan tersebut. Bagian ujung cabang dan daun dibiarkan berada di atas permukaan tanah.


Kedalaman penimbunan ialah sekitar 15-25 cm. Berikan irisan pada bab cabang yang tertimbun tanah. Hal ini dilakukan untuk merangsang pertumbuhan akar yang baru. Selain tumbuhan mawar, Anda juga sanggup menerapkan cara ini untuk pohon apel.


Tanaman mawar juga sanggup dikembangbiakkan dengan cara stek. Anda sanggup mempelajari cara stek bunga mawar warna-warni. Manfaat air cucian beras untuk bunga mawar juga baik untuk pertumbuhan mawar.



  1. Murbei


Tanaman murbei sanggup berkembang biak dengan cara merunduk. Anda sanggup merundukkan seluruh ujung pada cabang tumbuhan murbei. Cara dari metode ini tidaklah sulit.


Ambilah seluruh cabang ujung tumbuhan dan tanamkan ke dalam tanah. Timbunlah cabang tersebut dengan kedalaman sekitar 2,5-5 cm. Pastikan seluruh bab cabang termasuk ujungnya tertimbun dengan baik atau benar-benar tertutup.


Anda perlu menunggu dalam kurun waktu 2-3 bulan sampai akar gres muncul disekitar ujung cabang yang ditimbun tanah.








  1. Azalea


Azalea juga sanggup berkembang biak dengan cara merunduk. Anda sanggup menerapkan merunduk dengan sistem tidur untuk azalea. Cara merunduk ini sangatlah mudah.


Pilihlah cabang tumbuhan azalea yang cukup panjang terlebih dahulu. Setelah itu, cabang tersebut dirunduk dan direbahkan ke dalam tanah. Kedalaman yang disarankan ialah antara 5-15 cm.


Berikan sayatan dengan jarak sekitar 5 cm per sayatan sebelum cabang tumbuhan ditimbun dalam tanah. Hal ini dimaksudkan untuk merangsang pertumbuhan akar baru, sehingga membentuk tumbuhan baru.


Timbunlah cabang tumbuhan dengan tanah sampai merata. Biarkan beberapa helai daun dan bab ujung cabang tetap berada di atas permukaan tanah.


Jika Anda menginginkan bibit tumbuhan gres dari tumbuhan azalea, maka merunduk dengan sistem tidur sangatlah tepat. Metode ini sanggup menghasilkan bibit tumbuhan gres dalam jumlah banyak dan efisien. Selain itu, metode ini pun sanggup diterapkan pada tumbuhan mawar dan apel.


Bagi Anda yang tertarik dengan tumbuhan ini, Anda sanggup menerapkan cara menanam bonsai untuk tumbuhan Azalea.








  1. Anggur


Anggur sanggup dikembangbiakkan dengan cara merunduk sistem gelombang. Cara ini bersama-sama hampir ibarat dengan merunduk sistem tidur. Namun, merunduk dengan sistem tidur menimbun seluruh cabang panjangnya sedangkan pada sistem gelombang hanya beberapa bab yang ditimbun ke dalam tanah.


Cara merunduk sistem gelombang ialah dengan menimbun cabang panjang tumbuhan anggur dan dibuat ibarat gelombang. Bagian cabang yang tidak ditimbun tanah akan menghasilkan tunas baru. Bagian cabang yang tertimbun tanah akan menghasilkan akar gres untuk tunas tersebut. Selain anggur, metode ini juga sanggup diterapkan pada tumbuhan hias dan lain sebagainya.


Selain tanaman-tanaman yang sudah disebutkan, merunduk juga sanggup diterapkan pada jambu air, tebu, soka, dan melati.


Namun, metode perkembangbiakan ini mempunyai beberapa kelemahan yaitu bibit yang dihasilkan tidak banyak dan hanya sanggup diterapkan pada tumbuhan yang dahannya lentur dan cukup erat dengan permukaan tanah (tidak sanggup dilakukan pada tumbuhan yang relatif besar). Keuntungan dari merunduk ialah sanggup menghasilkan sifat tumbuhan (buah dan bunga) yang sama dengan tumbuhan induk dan tingkat keberhasilan yang tinggi.


Inilah klarifikasi mengenai jenis tumbuhan yang sanggup dikembangbiakkan dengan cara merunduk. Anda sanggup mencoba mempraktikkannya pada tanaman-tanaman yang Anda miliki.


Selain dengan cara merunduk, perkembangbiakkan dengan cara vegetatif buatan sanggup dilakukan dengan stek dan mencangkok. Metode ini sanggup diterapkan pada cara mencangkok belimbing wuluh, cara stek pucuk tumbuhan hias, cara stek tumbuhan sirih gading, cara menanam cangkokan anggur, dan cara mencangkok cengkeh. Semoga artikel ini bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "4 Jenis Flora Yang Sanggup Dikembangbiakkan Dengan Cara Merunduk"

Posting Komentar