Standar Waktu Universal Utc

Pengertian UTC (Coordinated Universal Time)
UTC (coordinated universal time) yaitu dasar patokan waktu sipil untuk seluruh dunia. UTC menjadi standar waktu 24-jam yang menjaga semoga skala waktu di seluruh dunia terkoordinasi secara sinkron. UTC memakai dua komponen waktu yaitu waktu atom internasional (international atomic time, ITA) dan waktu universal (UT1). UT1 disebut juga waktu bumi atau waktu matahari dan didasarkan pada rotasi bumi.

 yaitu dasar patokan waktu sipil untuk seluruh dunia Standar Waktu Universal UTC

Sejarah Penggunaan UTC
Sebelum dikenal istilah UTC, telah dikenal terlebih dahulu istilah UT (universal time). UT ditetapkan pada “Wahington Meridian Conference” tahun 1884, yang lalu menjadi dasar zona waktu (time zone) yang berlaku sekarang. Pada ketika itu, Greenwich Mean Time (GMT) dipilih sebagai standar waktu dunia. Garis referensi atau titik awal (Prime Meridian) yang menetapkan yaitu bulat transit (transit circle) pada Royal Observatory di Greenwich, London). Lingkaran transit yaitu suatu bab dari sistem mekanik teleskop tersebut.

Pada tahun 1960, International Consultative Committee memformalkan konsep UTC, dan secara praktek berlaku tahun berikutnya. Nama Coordinated Universal Time secara resmi digunakan tahun 1967.

Mengapa Digunakan Singkatan UTC?
UTC disesuikan beberapa kali hingga tahun 1972, ketika detik-detik lompatan diperkenalkan untuk menjaga UTC sejalan engan rotasi bumi. Jika mengikuti hukum akronim karakter depan maka dalam bahasa Inggris, Coordinated Universal Time seharusnya disingkat CUT. Sedangkan dalam bahasa Perancis, Temps Universel Coordonné yang disingkat TUC. Terminologi UTC untuk mendekatkan dengan terminologi awal UT telah digunakan sebelumnya.

Perbedaan UTC dengan GMT
Pada awalnya GMT digunakan sebagai waktu universal (universal time, UT) hingga dengan tahun 1972. Sekarang GMT digunakan sebagai zona waktu. GMT yaitu zona waktu sedangkan UTC yaitu standar waktu. Jam 00:00 GMT setara dengan jam 07:00 WIB (Waktu Indonesia bab Barat). Waktu Indonesia bab Barat menurut standar yaitu UTC+7.

Format UTC untuk Menyatakan Waktu
UTC digunakan untuk menujukan perbedaan waktu dunia menurut standar. Waktu relatif suatu wilayah sanggup dinyatakan sebagai TUC+n atau TUC-n, dimana n yaitu perbedaan jam. Berikut beberapa tumpuan penggunaan standar UTC untuk menawarkan waktu di beberapa wilayah.

London, UTC + 00.00
Washington, UTC – 08.00
Canberra, UTC + 10.00
Jakarta, UTC + 07.00
Paris, UTC + 01.00
Tokyo, UTC + 09.00
New Yor, UTC – 05.00
Adelaide, UTC + 09.30
Pyongyang, UTC + 08.30
Kathmandu, UTC + 05.45
Vancouver, UTC – 08.00
Auckland, UTC + 12.00
Buenos Aires, UTC – 03.000

Waktu Indonesia dalam Format UTC
Wilayah Indonesia terbagi dalam 3 zona waktu.

  • Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB), UTC + 07.00
  • Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA), UTC + 08.00
  • Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT), UTC + 09.00

Sumber https://www.finansialku.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Standar Waktu Universal Utc"

Posting Komentar