Macam-Macam Kebutuhan Insan & Alat Pemuasnya

Jenis-jenis Kebutuhan Manusia Seperti yang dijelaskan di artikel sebelumnya, kebutuhan merupakan hasrat yang timbul dalam diri insan yang mana kalau tidak dipenuhi akan menganggu kelangsungan hidup insan itu sendiri. Setelah sebelumnya kita sudah membahas apa itu kebutuhan dan faktor apa saja yang mempengaruhinya; pada kesempatan kali ini akan menghadirkan klarifikasi mengenai Macam-macam Kebutuhan beserta alat pemuasnya. Semoga bermanfaat.

 Seperti yang dijelaskan di artikel sebelumnya Macam-macam Kebutuhan Manusia & Alat Pemuasnya
Macam-macam Kebutuhan Manusia & Alat Pemuasnya | www.zonasiswa.com

A. Jenis Kebutuhan Manusia

1. Kebutuhan Menurut Intensitas Penggunaan

Kebutuhan sesuai dengan intensitas (tingkat) kegunaan diukur dengan prioritas atau ukuran tingkat kebutuhan yang penting. Macam kebutuhan sesuai dengan intensitasnya, yaitu:

a. Kebutuhan primer. Kebutuhan primer ialah kebutuhan utama yang harus dipenuhi untuk mempertahankan kelangsungan hidup insan secara wajar. Menurut ILO (Organisasi Perburuhan Internasional) bahwa kebutuhan primer ialah kebutuhan fisik minimal masyarakat, terkait dengan kecukupan kebutuhan dasar setiap komunitas, baik kaya maupun miskin. Kebutuhan dasar ini meliputi kecukupan pangan dan gizi, pakaian, perumahan, pendidikan, layanan kesehatan dan kemudahan pendukung lainnya menyerupai transportasi, persediaan air minum, keamanan, dan sebagainya.

b. Kebutuhan sekunder. Kebutuhan sekunder ialah kebutuhan yang saling melengkapi dengan kebutuhan primer dan kebutuhan ini hanya terpenuhi sesudah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan ini tidak berarti itu tidak penting, alasannya ialah sebagai insan yang berbudaya, yang tinggal di sebuah komunitas sangat membutuhkan aneka macam hal lain yang lebih luas dan lebih sempurna, baik menyangkut kualitas, kuantitas, dan jenisnya. Contoh kebutuhan sekunder meliputi televisi, lemari es, sepeda motor, dan kebutuhan lain yang mendukung kebutuhan primer.

c. Kebutuhan Tersier. Kebutuhan tersier muncul sesudah kebutuhan primer dan sekunder dipenuhi. Secara umum, kebutuhan tersier ini disebut kebutuhan mewah, alasannya ialah pemenuhan kebutuhan mereka diarahkan pada barang-barang glamor yang hanya dilakukan oleh orang-orang yang berpenghasilan tinggi. Contohnya perhiasan berlian, rumah mewah, kendaraan beroda empat mewah, dan lainnya.

2. Kebutuhan sesuai dengan waktu pemenuhan

Distribusi kebutuhan menurut waktu pemenuhan dibagi menjadi:

a. Kebutuhan Saat Ini. Kebutuhan dikala ini ialah kebutuhan yang harus dipenuhi kini dan tidak sanggup ditunda lagi sehingga insan tidak mendapat masalah. Misalnya: obat untuk orang sakit, air minum untuk orang yang haus, pakaian untuk sekolah, dan sebagainya. Contoh lain dari negara yang kondusif dan stabil ialah kebutuhan sekarang, semoga rakyat Indonesia sanggup menyebarkan negara ini.

b. Kebutuhan Masa Depan. Kebutuhan masa depan ialah kebutuhan yang sanggup dipenuhi besok. Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, itu tidak akan mempunyai imbas fatal pada kelangsungan hidup seseorang. Misalnya saja tabungan. Seseorang yang menabung, berarti ia memenuhi kebutuhan masa depan.

c. Kebutuhan yang Tidak Terduga. Kebutuhan ini muncul kalau sesuatu terjadi secara tak terduga, yang insidentil. Misalnya, orang yang tiba-tiba sakit, akan membutuhkan obat atau perlu ke dokter.

d. Kebutuhan Semua Waktu. Kebutuhan ini terjadi setiap dikala dan tidak ada batasan. Misalnya, berguru sains.

3. Kebutuhan sesuai dengan sifatnya

Sesuai dengan bentuk dan sifatnya, kebutuhan insan dibagi menjadi:

a. Kebutuhan Fisik. Kebutuhan fisik ialah kebutuhan yang secara alami dirasakan oleh insan fisik atau fisik. Kebutuhan ini meliputi semua kebutuhan material menyerupai kebutuhan akan makanan, pakaian, olahraga, rumah, dan lainnya.

b. Kebutuhan Spiritual. Kebutuhan spiritual ialah kebutuhan yang mempunyai kepuasan spiritual. Kebutuhan ini tidak jelas. Hanya orang yang bersangkutan yang eksklusif merasakan. Jika kebutuhan ini terpenuhi, insan merasa puas dengan kebutuhan mereka dan ia akan merasa bangga, bahagia, senang atau bahagia. Misalnya, mendapat cinta, hiburan, rekreasi, ibadah, dll.

4. Kebutuhan Menurut Subjek yang Membutuhkan

Pembagian kebutuhan sesuai dengan subjek yang membutuhkan, dibagi menjadi:

a. Kebutuhan Individu. Kebutuhan individu ialah kebutuhan yang mempunyai kegunaan untuk memenuhi kepuasan pribadi (individu). Misalnya, sebagai siswa, kebutuhan pribadi Anda meliputi seragam, sepatu, buku, pensil, dan sebagainya.

b. Kebutuhan Sosial. Kebutuhan sosial ialah kebutuhan yang kalau dipenuhi bermanfaat untuk kepentingan banyak orang (secara kolektif). Kebutuhan ini terkait dengan kebersamaan, kemakmuran, ketertiban, kenyamanan, kemakmuran, dan sebagainya. Misalnya jalan, telepon umum, kawasan ibadah, rumah sakit, dan lainnya.

BACA JUGA:
1. Pengertian Kebutuhan Manusia

B. Alat Pemuas Kebutuhan Manusia

Alat kepuasan untuk kebutuhan insan sanggup diartikan sebagai segala sesuatu yang sanggup memenuhi kebutuhan insan yang umumnya terdiri dari dua hal, yaitu barang dan jasa. Barang ialah alat kepuasan yang tampak dan berwujud; misalnya ialah makanan, seragam, sepatu, buku, dan sebagainya. Sedangkan jasa atau layanan ialah salah satu alat yang memuaskan kebutuhan insan yang tidak berwujud tetapi sanggup dirasakan manfaatnya, menyerupai jasa potong rambut, jasa ojek, dan sebagainya.

Alat kepuasan untuk kebutuhan insan sanggup dikelompokkan menjadi 4 jenis tergantung pada cara mereka diperoleh, bagaimana mereka digunakan, bagaimana mereka bekerjasama dengan barang lain, dan bagaimana mereka dibuat. Berikut penjelasannya.

1. Dalam hal cara mendapatkannya

Dalam hal cara memperolehnya, alat pemuas kebutuhan insan dibagi menjadi:

a. Barang ekonomi. Barang ekonomi ialah barang yang memuaskan yang membutuhkan sejumlah pengorbanan yang biasanya dalam bentuk uang. Misalnya, untuk mendapat kuliner kita harus mengeluarkan uang. Uang itu ialah pengorbanan.

b. Barang gratis. Barang gratis ialah barang yang memuaskan kebutuhan yang tersedia hampir tidak terbatas sehingga untuk mendapatkannya kita tidak perlu berkorban dan sanggup mengambilnya eksklusif di alam. Misalnya, udara untuk bernafas, pasir di padang pasir, dan es di kutub.

c. Barang ilith. Barang ilith ialah barang yang diharapkan tetapi kalau barang ini melebihi apa yang dibutuhkan, barang itu akan merusak dan berbahaya. Misalnya, air dan api.

2. Dalam hal cara menggunakan

Dalam hal cara penggunaannya, alat pembuas kebutuhan insan dibedakan menjadi:

a. Barang konsumsi. Barang-barang konsumen siap dipakai barang alasannya ialah keuntungannya sanggup diambil langsung. Misalnya makanan, minuman dan pakaian.

b. Barang produksi. Barang produksi ialah barang yang mempunyai kegunaan untuk memproduksi barang lainnya. Barang produksi ialah istilah barang modal lainnya. Misalnya, mesin jahit dan radio.

3. Dalam hal kekerabatan dengan barang lain

Dalam hal hubungannya dengan barang lain, alat pemenuhan kebutuhan insan sanggup dibagi menjadi:

a. Barang substitusi. Barang pengganti ialah barang yang memenuhi kebutuhan yang fungsinya sanggup menggantikan barang lain atau sanggup saling menggantikan. Misalnya, gas sanggup menggantikan minyak tanah sebagai materi bakar.

b. Barang pelengkap. Barang suplemen ialah barang yang memenuhi kebutuhan yang akan mempunyai kegunaan ketika dipakai bersama dengan benda lain. Misalnya, kendaraan beroda empat dengan bensin, jarum dengan benang, dan kompor dengan minyak tanah.

4. Dalam hal Proses Pembuatannya

Dalam hal proses pembuatan, alat pemenuhan kebutuhan insan dibagi menjadi:

a. Barang mentah (bahan baku). Barang mentah ialah materi dasar untuk menciptakan barang-barang lainnya. Item ini belum mengalami pemrosesan apa pun. Misalnya, kapas, kayu dan produk pertambangan.

b. Setengah matang. Barang setengah jadi ialah barang yang sudah diproses, tetapi tidak sanggup dipakai untuk memenuhi kebutuhannya alasannya ialah belum menjadi produk akhir. Misalnya, kain untuk menciptakan pakaian, besi untuk menciptakan pisau, dan tepung untuk menciptakan kue.

c. Barang jadi. Barang jadi ialah produk final yang telah melalui proses pengolahan dari materi baku menjadi materi setengah jadi menjadi barang jadi untuk memenuhi kebutuhan manusia. Misalnya: pakaian, pisau, kue.

Semoga artikel tersebut di atas perihal Macam-macam Kebutuhan Manusia sanggup bermanfaat bagi teman semua. Apa bila ada dari teman yang menemukan kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan dari artikel tersebut, mohon kiranyan kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Terima kasih.
Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Macam-Macam Kebutuhan Insan & Alat Pemuasnya"

Posting Komentar