Jenis Flora Yang Harus Ditanam Oleh Petani Dalam Cultuurstelsel Pada Jaman Dulu

Seperti yang telah diketahui bahwa Indonesia merupakan surganya bagi setiap jenis tanaman, hal inilah yang menciptakan penjajah menduduki indonesia. Bahkan pada ketika masa tanam paksa atau biasa dikenal dengan istilah culture stelsel, banyak sekali banyak sekali jenis tumbuhan yang harus ditanam oleh setiap petani lokal.


Namun sebelum anda mengetahui banyak sekali jenis tumbuhan yang di tanam pada masa tanam paksa tersebut. Ada baiknya juga anda mengetahui mengenai pengertian, tumbuhan utama yang ditanam dan tumbuhan lain yang harus ditanam di beberapa kawasan di Indonesia Sebagai berikut.


Pengertian Tanam Paksa


Cultuur stelsel ataupun juga disebut dengan tanam paksa merupakan peraturan yang terjadi di masa penjajahan. Pada masa tersebut gubernur van den bosch mengeluarkan sebuah peraturan yang mana mewajibkan setiap desa untuk menyisihkan bab tanahnya sekitar 20 persen.


Hal tersebut ditujukan untuk dipakai sebagai kebutuhannya yakni dengan menanami banyak sekali tumbuhan komoditi ekspor yang sangat laku di masa lalu. Ketahui juga cara Infus Tanaman dari Botol Bekas apabila anda hendak mengatur penyiraman air secara berskala


Ketentuan tumbuhan Paksa


Selain mengharuskan menyisihkan sebagian dari tanah desa sekitar 20 persen, ada ketentuan lain yang harus dipenuhi pada masa tanam paksa. Seperti halnya dengan mewajibkan setiap warga yang tidak mempunyai tanah untuk bekerja selama 75 hari dalam setahun.


Setiap warga yang tidak mempunyai tanah tersebut diharuskan bekerja di kebun milik pemerintah kolonial. Ada baiknya kalau anda mencoba menanam Jenis Tanaman Akuarium kalau mempunyai akuarium di rumah.


Akan tetapi dalam kenyataannya peraturan yang telah dibentuk ternyata tidak berarti alasannya bukan hanya 20 persen saja, bahkan seluruhnya wajib ditanami tumbuhan sesuai dengan kebutuhan dari pemerintah belanda.


Selain itu juga seluruh kesudahannya pun harus diserahkan pribadi pada pemerintah kolonial pada masa itu. Ketahui juga oleh anda beberapa alasan yang menciptakan Kenapa Tanaman Layu, semoga penanaman anda sanggup maksimal


Tanaman Utama yang Ditanam


Pada masa pemerintahan kolonial sendiri ada banyak sekali jenis tumbuhan yang wajib ditanam, untuk kemudian di serahkan dan juga di jual pada pemerintahan kolonial tersebut. Harga yang didapatkan tentunya sesuai dengan harga yang dibentuk dalam hukum pemerintah kolonial.


Adapun beberapa jenis tumbuhan utama yang harus ditanam diantaranya ialah ibarat berikut :



  • Tanaman Kopi

  • Tebu

  • Indigo atau materi pewarna








Jenis Tanaman Lain yang harus di Tanam Pada Beberapa Wilayah


Selain dengan tumbuhan yang wajib ditanam ibarat halnya dengan tumbuhan kopi, tebu dan juga indigo ada beberapa tumbuhan lain yang juga harus ditanam. Jenis tumbuhan tersebut pun di sesuaikan dengan wilayah yang ada di Indonesia, secara umum tumbuhan yang harus ditanam ialah tumbuhan untuk komoditi ekspor.


Ketahui juga oleh anda Cara Stek Bunga Mawar kalau anda hendak menanam bunga mawar.


Adapun beberapa wilayah yang tidak memakai komoditi ekspor tetap juga dikenakan pajak. Selain itu juga setiap warga yang tidak mempunyai tanah tentunya wajib untuk bekerja bahkan hingga dengan setahun penuh, dan bekerja pada lahan pertanian yang tentunya menjadi milik pemerintah kolonial pada masa itu.


Adapun Beberapa tumbuhan yang juga harus ditanam dalam skala kecil diantaranya ialah sebagai berikut :



  • Tembakau

  • Lada

  • Teh

  • Kayu manis

  • Cengkeh

  • Pala








Kerja Paksa di Wilayah lain di Luar Jawa


Selain di pulau Jawa sendiri semenjak tahun 1822 penyebaran untuk tanam paksa diberlakukan hingga ke luar pulai jawa. Hal ini terang dengan menyesuaikan beberapa jenis tumbuhan dengan kondisi kawasan yang lain yang tentunya mempunyai kondisi tanah yang berbeda.


Bahkan beberapa tumbuhan lain dengan skala lain juga diberlakukan. Ketahui juga oleh anda banyak sekali Tanaman Aquarium Tanpa co2 yang sangat cocok untuk ditanam kalau anda mempunyai akuarium.


Adapun beberapa wilayah lain yang juga kena imbas dari tanam paksa pada masa pemerintahan belanda diantaranya ibarat berikut :



  • Minahasa diberlakukan tanam paksa kopi

  • Sumatera Barat tahun diberlakukan dengan tanam paksa kopi

  • Madura diberlakukan dengan tanam paksa tumbuhan tembakau

  • Maluku diberlakukan dengan tanam paksa tumbuhan cengkeh

  • Ambon diberlakukan dengan tanam paksa tumbuhan cengkeh


Penyesuaian Tanam Paksa


Sistem tanam paksa sendiri tentunya juga diubahsuaikan dengan kondisi dari tanah dari masing- masing wilayah.


Untuk jenis tanah yang dibutuhkan juga tentunya sangat tergantung dari setiap tumbuhan yang diharuskan untuk ditanam. Ketahui juga oleh anda mengenai Tanaman Cabai Tiba-Tiba Layu untuk langkah pencegahan


Pada beberapa jenis tumbuhan utama ibarat halnya dengan tebu maka jenis tanah yang diperhatikan ialah jenis dari tanah persawahan. Hal tersebut dikarenakan tumbuhan tebu sangat memerlukan sistem irigasi yang baik. Ketahui juga oleh anda Tanaman Hidup untuk Aquarium kalau anda mempunyai akuarium.


Untuk jenis dari tumbuhan kopi, maka jenis dari tanah yang diharapkan ialah jenis dari tanah yang tandus. Akan tetapi dalam praktiknya, untuk tumbuhan kopi sendiri ditanam pada area yang belum digarap.


Dengan demikian maka untuk menggarapnya memerlukan banyak tenaga kerja dari warga yang tentunya wajib mengikuti sistem dari tanam paksa.


Selain dari tumbuhan kopi dan juga tebu, satu jenis tumbuhan utama lain ibarat tumbuhan indigo pemerintah kolonial menentukan tempat dengan menyesuaikan kawasan yang banyak penduduknya semoga pengerjaan nya lebih cepat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Jenis Flora Yang Harus Ditanam Oleh Petani Dalam Cultuurstelsel Pada Jaman Dulu"

Posting Komentar