Cara Menciptakan Peta Akomodasi Pendidikan Dengan Autocad Map

Video dan artikel tutorial ini menjelaskan Cara Membuat Peta Fasilitas Pendidikan Dengan AutoCAD Map. Dan hening saja, durasi videonya tidak lama. Hanya 8 menit lebih 2 detik.


Data yang dipakai untuk pembuatan peta, sanggup didapatkan dari hasil pengkuran di lapangan atau sanggup juga hasil digitasi sendiri. Selain itu data sanggup juga didapatkan dari pihak ketiga.


Pada tutorial ini, aku tidak akan membahas cara mendapat atau menciptakan datanya. Jika anda ingin mempelajari cara menciptakan data dengan melaksanakan digitasi, silakan baca tutorialnya di ebook yang sudah aku tulis. Silakan d0wnl0ad gratis ebooknya di halaman Cara Membuat Peta.


Sekarang kita akan pribadi ke cara mengolah data yang sudah ada, sehingga menjadi Peta Fasilitas Pendidikan yang informatif dan menarik.


Tahapan Cara Membuat Peta Fasilitas Pendidikan


Tahapan di bawah ini hampir sama dengan video di atas. Hanya saja lebih detail versi video di atas. Walaupun begitu, semoga versi artikel ini sanggup melengkapi klarifikasi yang belum terang di video. Atau mungkin kalau koneksi internet anda kurang manis untuk memutar video, maka aku yakin artikel ini akan bermanfaat untuk anda.


Jadi, silakan diikuti tahapannya dengan secama dan berurutan biar tidak resah dikala mempraktekkan.


A. Membuka Data Fasilitas Pendidikan, Jalan, dan Batas Kecamatan


Data yang aku gunakan dalam pembuatan tutorial ini berformat SHP (Shapefile). Adapun Cara membuka data menyerupai ini dengan AutoCAD Map sanggup dengan cara yang aku gunakan di totorial Cara Membuka Data SHP Dengan AutoCAD Map atau sanggup juga dengan cara sebagai berikut:



  1. Buka AutoCAD Map.



  1. Buka folder kawasan data disimpan dengan windows explorer. Kemudian kecilkan ukuran windows explorer.



  1. Blok data-data yang akan digunakan, kemudian klik tahan dan geser ke Display Manager Task Pane di AutoCAD Map. Pastikan diletakkan diatas layer Map Base, kemudian lepaskan.


Jika berhasil, semua data akan terbuka di layar penggambaran AutoCAD Map.


B. Merubah Nama Layer Dan Susunannya



  1. Klik layer yang akan dirubah namanya. Kemudian klik lagi sekali. Silakan dirubah namanya dan kalau sudah tinggal tekan enter.



  1. Untuk menggeser susunan layer, klik dan tahan kemudian geser ke atas atau ke bawah. Silakan diadaptasi dengan keperluan dan keinginan.


C. Merubah Style Layer Fasilitas Pendidikan



  1. Klik kanan layer Fasilitas Pendidikan > Edit Style.



  1. Pada Style Editor yang sudah muncul, klik New Theme.



  1. Pada kotak obrolan Theme Points, Property ganti dengan JENIS (Field ini silakan diadaptasi dengan data yang anda miliki). Kemudian klik OK.



  1. Pada Style Editor kini akan ada beberapa baris data yang sudah dikategorikan sesuai Field JENIS. Kalau ada data yang kosong, silakan hapus dengan cara klik baris datanya. Kemudian klik tombol Delete.



  1. Rubah urutan baris data dengan cara klik baris datanya, kemudian klik tombol Up.



  1. Jika ingin mengganti symbol masing-masing baris, silakan klik tombol titik-titik pada kolom Style.



  1. Masih pada Style Editor, ceklis Label are fixed (not dynamic) dan Allow other label to obscure. Sebagai gambaran, di bawah ini ialah gambar Style Editor hasil pengaturan.


Video dan artikel tutorial ini menjelaskan Cara Membuat Peta Fasilitas Pendidikan Dengan A Cara Membuat Peta Fasilitas Pendidikan Dengan AutoCAD Map



  1. Setelah disetting menyerupai gambar diatas, kemudian silakan tutup Style Editor. Caranya klik tombol x di kanan atas.


D. Merubah Style Layer Jalan



  1. Klik kanan layer Jalan > Edit Style.



  1. Pada Style Editor, klik tombol titik-titik pada kolom Style.



  1. Pada kotak obrolan Style Line, silakan dipilih warna dan bentuk garis untuk jalan sesuai keperluan. Kalau sudah tinggal klik OK.



  1. Tutup Style Editor.


E. Merubah Style Layer Batas Kecamatan



  1. Klik kanan layer Batas Kecamatan > Edit Style.



  1. Pada Style Editor, klik tombol titik-titik pada kolom Style.



  1. Pada kotak obrolan Style Polygon, silakan dipilih dan diatur sesuai keperluan. Kalau sudah tinggal klik OK.



  1. Tutup Style Editor.


F. Memunculkan Label Nama Kecamatan



  1. Klik kanan layer Batas Kecamatan > Edit Style.



  1. Pada Style Editor, klik cell pada kolom Feature Label.



  1. Pada kotak obrolan Style Label, Property to display pilih Kecamatan (Field ini silakan diadaptasi dengan data yang anda miliki). Kalau sudah tinggal klik OK.



  1. Tutup Style Editor.


Demikian video dan artikel tutorial mengenai pembuatan peta ini. Silakan dicoba dan semoga materinya sanggup dipahami dan diikuti dengan mudah. Kalau mengalami kesulitan atau ada yang ingin ditambahkan, silakan melalui bab komentar di bawah. Terima kasih dan semoga bermanfaat.




Sumber https://www.asifah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menciptakan Peta Akomodasi Pendidikan Dengan Autocad Map"

Posting Komentar