Cara Menanam Bunga Kertas Dengan Stek Batang

Cara menanam bunga kertas dengan stek batang, akan menjadi topik yang kita ulas dalam kesempatan ini. Sebagaimana kita tahu bahwa bunga kertas merupakan salah satu jenis tumbuhan hias yang termasuk difavoritkan dan ditanamn oleh sebagian besar masyarakat kita.


Daya tarik dari tumbuhan ini tidak lain yaitu mempunyai jenis dan waran yang bermacam-macam sehingga cenderung menarik dn juga indah dipandang mata.


Selain itu juga tumbuhan bunga kerta sanggup dilakukan stek sehingga dalam satu batangnya kita akan mendapat warna bunga yang berbeda, tentu saja balasannya akan lebih indah dan unik. Hal inilah yang menciptakan tumbuhan ini diperbanyak dan dibudidayakan, nah untuk bab yang biasa digunakan sebagai materi perbanyakan yaitu bab stek batang.


Yuk disimak Cara menanam bunga kertas dengan stek batang – dan tahap perawatannya berikut ini :


Menyiapkan materi perbanyakan yakni bab stek batang


Nah, untuk memulai tahapan menanam bungan kertas maka terlebih dahulu kita harus mendapat materi perbanyakan yang tidka lain yaitu bab batang. Adapun criteria batang yang baik yaitu sebagai berikut ini:



  1. Pilih bab batang yang tidak terlampu bau tanah dan juga tidak terlampau muda.

  2. Hal ini sanggup dilihat dari warna batang yang masih menawarkan warna batang cokelat kehijauan.

  3. Diameter batang yang baik digunakan sebagai materi stek kurang lebih 1-2 cm.

  4. Ambil bab batang yang sehat serta juga masih ditumbuhi daun yang lebat.

  5. Selanjutnya kemudian potong batang tumbuhan sepanjang 25 cm.

  6. Setelah itu kemudin runcingkan bab dasar batang, biar nantinya ketika ditanamn tidak terbalik.


Mengolah lahan tanam


Bunga kerta sangat cocok ditanam disekitar pekarangan yakni dibagian depan rumah, lantaran mempunyai batang yang besar maka pastinya membutuhkan area yang luas oleh sebah itu maka pilih lokasi yang sempurna dan menjadi lokasi yang jauh dari tumbuhan lainnya.


Nantinya tumbuhan akan tumbuh semakin membesar dikhawatirkan kalau dicampur dengan tumbuhan lainnya akan sanggup menimbulkan pertumbuhan yang lain terganggu.


Adapun lahan tanam tidak perlu diolah secara khusus, anda hanya harus mencangkul dan menggemburkan bab tanah yang akan dijadilakn lokasi tanam. Kedalaman lubang tanam berkisar antara 5-10 cm. kemudian tambahkan pupuk sangkar kedalam lubang tanam biar tanah semakin subur sebagaimana Cara Mengatasi Cacar Buah Melon,


Menanam bunga kertas dengan stek batang


Tahapan selanjutnya dilanjutkan dengan pribadi menanam bab stek batang pada lokasi tanam. Caranya sangat gampang yakni hanya dengan menancapkan bab dasar batang yang sudang diruncingkan kedalam lubang tanam.


Sebelum itu oleskan terlebih dahulu hormone perangsang penumbuh akar biar tumbuhan lebih cepat tumbuh, Kemudian tutup kembali lubang tanamn dan posisikan tumbuhan kedalam posisi yang tegak l;urus.


Perawatan tumbuhan bunga kertas


Sebagaimana jenis tumbuhan hias lainnya bunga kerta juga harus dirawat dengan baik biar sanggup menghasilkan kualitas bunga yang indah.


Oleh alasannya yaitu itu, tahapan perawatan bagi tumbuhan bunga kertas tidka perlu terlalu intensif namun tetap ada beberapa hal yang wajib dilakukan diantaranya adalah:



  • Pengairan / penyiraman


Hal yang paling penting dan krusial yaitu melaksanakan penyiraman alasannya yaitu pada ketika awal awal masa penanaman bab stekk batang sangat membutuhkan air.


Sehingga tentu anda harus rutin melaksanakan penyiraman minimal sebanyak 2 kali dalam sehari hal ini biar bab stek batang tidak mengalami kekeringan. Ketersediaan air juga akan merangsang pertumbuhan akar tumbuhan sehingga tumbuhan akan sanggup gampang tumbuh sebagaimana Cara Mengatasi Korisa pada Unggas.








  • Pemupukan


Agar tumbuhan bunga kerta sanggup tumbuh dengan baik maka juga perlu dilakukan pemupukan baik menggunakan pupuk organik dan pupuk anorganik.


Tambahkan pupuk sangkar setiap 2 ahad sekali ke bab dasar bersahabat dengan bab kara tumbuhan hal ini biar pertumbuhan tumbuhan terutama pada masa vegetative sanggup berlangsung dengan optimal.


Selanjuntnya kalau tumbuhan siap berbungan maka sanggup ditambahkan pemupukan menggunakan pupuk NPK dan KCL yang diberikan pada bab akar tumbuhan dengan jaraj 5 cm dari bab batang. Atau juga sanggup diberikan dengan cara dikocorkan bersamaan dengan penyiraman air ketanaman sehingga akan lebih gampang diserap.



  • Pemangkasan daun dan ranting yang mati dan busuk


Agar pertumbuhan tumbuhan semakin optimal maka perlu dilakukan pemangkasan terutama kepada bab daun dan ranting tumbuhan baik yang anyir atau mati.


Dikhawatirkan kalau tidak dilakukan mamak akan diserang jamur dan penyakit akaibat bab tumbuhan yang anyir dan mati. Hal ini juga merupakan upaya untuk menumbuhkan tunas gres sehingga tumbuhan sanggup terus menghasilkan bunga yang indah ibarat pada Cara Menanam Tomat Hidroponik dan Cara Menanam Tomat dalam Polybag.



  • Pengendalian HPT


Bunga kertas termasuk jenis tumbuhan hias yang tidak gampang diserang hama dan penyakit sehingga tentunya tidk ada treatment khusus untuk mengatasi serangan hama dan penyakit. Namun sebagai pencegahan maka sanggup dilakukan penyemprotan menggunakan insektisidan dan fungisida terutama sesudah proses pemangkasan dengan takaran yang sesuai dengan hukum pakai.


Nah, itulah tadi Cara menanam bunga kertas dengan stek batang – dan tahap perawatannya, semoga sanggup bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Bunga Kertas Dengan Stek Batang"

Posting Komentar