Cara Menanam Dan Merawat Melati Air Di Pot Biar Selalu Mekar

Melati air, sesuai dengan namanya, merupakan tumbuhan yang ditanam dan hidup di habitat air. Tanaman dengan nama latin Echinodorus palaefolius ini mempunyai bunga yang berwarna putih dan kecil menyerupai bunga melati. Namun, rupanya bunga ini bukan termasuk ke dalam keluarga melati.


Tanaman ini termasuk ke dalam keluarga Alismataceae, yaitu tumbuhan air yang mempunyai bunga. Meskipun begitu, di Indonesia tumbuhan ini disebut dengan nama melati air alasannya ialah bentuk dan warna bunganya menyerupai dengan bunga melati.


Memang cara merawat bunga melati semoga cepat berbunga sanggup diikuti. Begitu pula dengan cara merawat bunga melati mini dalam pot semoga cepat berbunga.


Tanaman air ini memang mempunyai bentuk yang indah dan akan jadi tumbuhan hias air yang mengagumkan. Selain itu, tumbuhan ini juga rajin berbunga dan tak kenal musim. Meskipun begitu, tumbuhan melati air mempunyai daun yang cukup simpel untuk stres.


Simak uraian berikut mengenai cara menanam dan cara merawat melati air.


Cara Menanam Melati Air


Berikut ialah panduan lengkap mengenai cara menanam tumbuhan melati air yang sanggup Anda ikuti. Mungkin langkah ini akan berbeda dengan cara menanam melati Jepang:



  • Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menyiapkan alat dan materi yang dibutuhkan. Anda akan membutuhkan pot tanam yang bab bawahnya tidak berlubang, media tanam, dan rumpun melati air.

  • Tanah yang dipakai untuk menanam melati air sanggup memakai tanah halus, namun akan lebih baik lagi bila memakai media tanah lumpur. Masukkan media tanah ini ke dalam pot hingga sepertiganya, kemudian ditambahkan pupuk sangkar atau sanggup diganti dengan pupuk kompos di atas media tanah yang telah dimasukkan

  • Setelah media tanam siap, masukkan rumpun melati air ke dalam media tanam tersebut. Pastikan rumpun ini tertimbun oleh tanah, kemudian padatkan media tanah tersebut

  • Setelah selesai, siram tanah dengan air semoga tumbuhan melati air sanggup tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat

  • Letakkan pot tumbuhan di daerah yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini dilakukan untuk menghindari daun tumbuhan yang sanggup stres atau mengering bila terkena sinar matahari secara langsung


  • Tanaman melati air menyukai media tanam dengan jumlah air yang banyak. Anda juga sanggup menanam tumbuhan ini di media air. Caranya yaitu dengan menciptakan lubang tanam kemudian masukkan akar melati air. Posisi akar ini diusahakan semoga sanggup menyebar ke seluruh area kolam

  • Setelah akar melati dimasukkan ke lubang, isi bak dengan air hingga dengan setengah dari tinggi tanaman. Namun jangan biarkan bab atas atau daun tumbuhan karam dalam air alasannya ialah sanggup membusuk. Cara menciptakan tumbuhan darat menjadi tumbuhan air sanggup dicek.





     


Cara Merawat Melati Air


Berikut ialah panduan lengkap mengenai cara merawat tumbuhan melati air semoga sanggup tumbuh dengan baik dan sehat yang sanggup Anda ikuti, akan berbeda dengan cara merawat tumbuhan bambu air.


Cara perawatan ini harus Anda perhatikan alasannya ialah menyerupai telah disebutkan sebelumnya, tumbuhan ini sanggup berbunga dengan baik namun daunnya simpel stres:



  • Pastikan tumbuhan mendapat pengairan yang cukup, namun jangan hingga bab atas tumbuhan atau daunnya tergenang air

  • Tempatkan tumbuhan di lokasi yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung

  • Lakukan pemupukan sebanyak satu bulan sekali


Demikian klarifikasi mengenai cara menanam dan merawat melati air. Semoga bermanfaat dan sanggup menambah pengetahuan pembaca.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Dan Merawat Melati Air Di Pot Biar Selalu Mekar"

Posting Komentar