Cara Membuatkan Data Gis Ke Pengguna Autocad Menyerupai Arsitek Atau Drafter Biar Sanggup Dibuka Dengan Mudah

Tutorial ini membahas cara menyebarkan data GIS ke pengguna AutoCAD menyerupai arsitek atau drafter semoga data tersebut dapat dibuka dengan gampang dengan AutoCAD yang biasa mereka gunakan.


Perlu diketahui, tidak semua versi AutoCAD dapat membuka data-data GIS. Misalnya data GIS yang berformat SHP atau SDF dapat dibuka dengan AutoCAD Map, tetapi tidak dapat dibuka dengan AutoCAD.


Agar data GIS dapat dibuka dengan AutoCAD, maka perlu untuk dikonversi terlebih dahulu menjadi file DWG. Sehingga nanti data tersebut dapat dibuka dengan AutoCAD versi apapun. Untuk caranya silakan ikuti tahapan di bawah ini.


Cara Berbagi Data GIS Ke Pengguna AutoCAD : Merubah Data GIS Menjadi File DWG



  1. Ganti workspace AutoCAD Map menjadi Tool-based RibbonWorkspace atau Task-based Ribbon Workspace. Jika sudah maka langkah ini silakan dilewati, tetapi jikalau belum atau masih memakai Map Classic Workspace cara menggantinya dapat klik sajian Tools > Workspaces > Tool-based RibbonWorkspace.



  1. Buka data GIS yang akan di share. Cara membuka data GIS di AutoCAD Map sudah sering aku bahas di tutorial-tutorial sebelumnya. Salah satunya dapat dilihat di Cara Membuka File SHP.



  1. Tentukan apakah data yang akan dibagi itu seluruhnya atau hanya sebagian saja yang diperlukan. Jika seluruhnya maka langkah ini silakan dilewati, tetapi jikalau hanya sebagian saja yang akan dibagikan maka gunakan tool Query to Filter untuk menentukan dan menyaring data. Cara memakai Query to Filter sudah pernah aku bahas di tutorial Cara Memisahkan Peta.



  1. Jika sudah yakin bahwa data yang tampil dilayar penggambaran ialah data yang akan di share, maka langkah terakhir tinggal klik sajian berlogo M 3D > Save As > Save Current Map as DWG > tentukan lokasi penyimpanan dan nama file > Save.


Hasil penyimpanan berupa file dwg merupakan file AutoCAD biasa yang dapat dibuka dengan AutoCAD versi apapun. Sehingga akhirnya ini siap untuk di share, contohnya kepada seorang arsitek atau drafter.


Setelah menjadi file dwg, gambar AutoCAD sudah tidak mempunyai data tekstual atau data atribut yang terikat kepada gambar tersebut. Jika data tekstualnya ini juga dibutuhkan dan harus juga di share, maka ikuti cara berikut ini.


Merubah Data Tekstual Dari Data GIS Menjadi File CSV Atau Excel



  1. Klik Table pada tab Display Manager Task Pane (Lanjutan dari tahapan 4 diatas).



  1. Pada Data Table yang sudah muncul, klik kanan kolom table yang paling kiri > Select All > klik kanan lagi > Export > tentukan kawasan penyimpanan dan nama file > Save. File akan tersimpan dalam format csv.


Jika data ingin tersimpan dalam format excel, klik kanan kolom table yang paling kiri > Select All > klik kanan cell yang tersorot dan berwarna biru > Copy. Kemudian buka Program Excel > klik kanan di salah satu cell excel > Paste. Setelah itu tinggal di Save As sebagai file excel.


Demikian tutorial mengenai menyebarkan data GIS ini semoga bermanfaat untuk anda. Silakan dicoba dan diparaktekkan. Jika ada yang ingin ditanyakan atau ingin menambahkan, silakan melalui bab komentar di bawah.




Sumber https://www.asifah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Membuatkan Data Gis Ke Pengguna Autocad Menyerupai Arsitek Atau Drafter Biar Sanggup Dibuka Dengan Mudah"

Posting Komentar