Bunga Pukul Empat Yang Unik Dan Cara Menanamnya

 merupakan salah satu spesies dari genus Mirabilis yang paling sering dibiakkan untuk  Bunga Pukul Empat yang Unik dan Cara Menanamnya


Bunga Four o’clock atau biasa disebut bunga pukul empat atau kembang ashar di Indonesia, atau nama lainnya Marvel of Peru (Mirabilis jalapa) merupakan salah satu spesies dari genus Mirabilis yang paling sering dibiakkan untuk tanaman hias.


Warna tumbuhan ini beragam, di website kami ada beberapa warna yang disediakan, silahkan lihat link berikut ini:



  1. M. jalapa merah

  2. M. jalapa putih

  3. M. jalapa kuning

  4. Warna campur (mixed)


Bunga dikenali dengan gampang sebab tiap bunganya mempunyai pola yang sanggup disebut sektor, menyerupai strip pada mawar batik, tapi jumlahnya sedikit, tidak sebanyak mawar batik. Warna stripnya seringkali berbeda dengan warna dasar (tentunya dong, makanya sanggup kelihatan sebagai strip).


Nama bunga pukul empat pun muncul sebab bunga dari tumbuhan Mirabilis jalapa akan mekar atau membuka menjelang sore hari. Bunganya yang berbentuk terompet kemudian menghasilkan amis yang manis dan lembut selama malam hari, dan akan menutup lagi pada pagi hari. Begitu seterusnya. Kok bisa? Ternyata kembang pukul empat merespon terhadap intensitas cahaya dan suhu di sekitarnya. Ketika suhu sudah mulai dingin, mulailah beliau untuk membuka, saat panas dan mulai sunny, beliau akan mengatup sendiri.


Salah satu fakta yang menarik, di luar negeri bunga ini saking ‘manis’nya sanggup menarik berbagai hummingbird dan kupu-kupu. Jenis tumbuhan ini termasuk gampang ditumbuhkan dari biji, silakan baca cara tanam bunga ashar di section bawah ini.


Habitat dan Syarat Tumbuh Bunga Pukul Empat


Tanaman bunga ashar berasal dari kawasan tropis di Amerika Selatan dan tumbuh bebas di seluruh dunia, dimana pun asal suhunya tropis, termasuk di Indonesia. Performa terbaik dari tumbuhan bunga ini muncul apabila diberi sinar matahari sepanjang hari atau full sun. Tinggi tumbuhan ini sanggup mencapai 90 cm, bijinya bundar tidak terlalu besar namun tidak kecil, dan berwarna hitam. Bijinya tidak mulus melainkan berkerut.


 merupakan salah satu spesies dari genus Mirabilis yang paling sering dibiakkan untuk  Bunga Pukul Empat yang Unik dan Cara Menanamnya
Contoh biji kembang ashar di pohon yang siap diambil untuk dibiakkan lagi. Mirabilis jalapa termasuk yang termudah untuk dibiakkan melalui biji.

Beberapa pekebun menyatakan biar benih bunga pukul empat kita tumbuh, bagusnya direndam terlebih dahulu. Ada benarnya, sebab biji dari tumbuhan berumbi ini berdasarkan saya solid dan keras. Namun ternyata tidak terlalu perlu. Berikut ini kami sertakan cara menanam bunga pukul empat:



  1. Rendam biji 2-4 jam dalam air hangat

  2. Siapkan media tanam yang baik (bisa memakai tanah humus : pasir = 3: 1, boleh juga tambahkan kompos)

  3. Angkat biji mirabilis jalapa yang sudah direndam dan tanam dalam kedalaman 0.5 cm

  4. Biji akan tumbuh sekitar 7 hingga 14 hari penyemaian dalam tanah

  5. Jika sudah tumbuh 5-6 cm, sudah sanggup dipindahkan ke polybag akibat atau wadah pot, dsb


*Ingat bahwa pengalaman masing-masing gardener akan berbeda-beda.


 merupakan salah satu spesies dari genus Mirabilis yang paling sering dibiakkan untuk  Bunga Pukul Empat yang Unik dan Cara Menanamnya
Contoh kembang pukul empat yang siap berbunga, dimulai dari kuntum bunga yang sudah ‘siap’ berubah menjadi terompet.

Kegunaan Bunga Pukul Empat


Bunga pukul empat berbagai kegunaannya, salah satu yang paling utama yaitu sebagai pewarna makanan. Daun dari tumbuhan ini bahkan sanggup dimakan kalau keadaan darurat (kondisi dimana tidak ada kuliner sama sekali). Pewarna kuliner yang sanggup diproduksi dari bunga pukul empat sering dipakai untuk menambah warna menarik pada camilan manis dan jelly.


Pada dunia herbal, tumbuhan ini dikenal mempunyai khasiat menyembuhkan luka terbuka, juga sebagai diuretik atau peluruh air seni (kencing). Daunnya menurunkan rasa sakit dan terbakar pada luka yang terbuka, sanggup dipakai eksklusif untuk menutup luka atau sanggup juga dihancurkan / di-jus terlebih dahulu kemudian diusap ke luka.


Bunga ashar pun sering dikeringkan dan dibentuk jadi bubuk, dipakai sebagai materi perhiasan untuk kosmetik dan pewarna pakaian. Untuk biji, jangan sekali-sekali menelan biji bunga pukul empat sebab diperkirakan bijinya beracun.


Dari salah satu sumber kami juga melihat bahwa bunga ini dipakai untuk mengobati bisul, radang sending akut, infeksi terusan kencing atau prostatitis, kencing manis (diabetes mellitus), radang amandel, keputihan, dan abrasi ekspresi rahim.


Selain bunga pukul empat (Four o’clock), kami juga menyediakan aneka bibit tumbuhan bunga lainnya silahkan klik disini.


 



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Bunga Pukul Empat Yang Unik Dan Cara Menanamnya"

Posting Komentar