8 Jenis Tanaman Yang Dapat Dikembangkan Secara Generatif

Tanaman sanggup melaksanakan perkembangbiakkan secara vegetatif maupun generatif. Perkembangbiakkan secara generatif ditandai dengan adanya proses penyerbukan. Proses ini ialah perisitiwa jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Kemudian apa saja jenis tumbuhan yang bisa dikembangkan secara generatif.


Perkembangbiakkan secara generatif memerlukan alat perkembangbiakkan yang disebut putik dan benang sari. Putik merupakan alat kelamin betina pada tanaman. Benang sari ialah alat kelamin jantan pada tanaman.


Ada empat jenis penyerbukan, yakni:



  • Penyerbukan sendiri yaitu penyerbukan dimana serbuk sari jatuh ke putik bunga itu sendiri

  • Penyerbukan tetangga yaitu penyerbukan dimana serbuk sari yang jatuh berasal dari bunga lain ke kepala putik bunga lainnya, tetapi kedua bunga tersebut masih dalam satu pohon.

  • Penyerbukan silang yaitu dimana serbuk sari dari bunga yang berbeda pohon jatuh ke bunga lain yang mempunyai putik, tetapi masih dalam satu jenis pohon.

  • Penyerbukan bastar yaitu penyerbukan dimana serbuk sari bunga yang berbeda pohon dan jenis (namun masih dalam satu famili) jatuh ke bunga lainnya yang mempunyai kepala putik. Hal ini sanggup terjadi antara cabe rawit dan cabe merah.


Terdapat aneka macam jenis tumbuhan yang bisa dikembangbiakkan secara generatif. Namun, pada pembahasan kali ini hanya akan dibahas beberapa jenis tumbuhan yang bisa dikembangbiakkan secara generatif. Tanaman-tanaman tersebut diantaranya adalah:



  1. Bunga kembang sepatu


Bunga kembang sepatu mempunyai putik dan benang sari yang terletak dalam satu bunga. Bunga kembang sepatu sering dijadikan tumpuan sebagai tumbuhan yang mempunyai bunga lengkap. Bunga lengkap ialah bunga yang mempunyai seluruh bab bunga, yaitu putik, benang sari, mahkota, dan kelopak.


Tanaman ini melaksanakan penyerbukan sendiri (autogami), yakni proses jatuhnya serbuk sari ke kepala putik dengan sendirinya. Contoh tumbuhan lain yang melaksanakan penyerbukan sendiri ialah tumbuhan bunga pacar air dan bunga terompet.



  1. Bunga matahari


Bunga matahari atau bunga biji matahari merupakan tumpuan bunga tidak lengkap. Bunga tidak lengkap tidak mempunyai salah satu atau bahkan beberapa bab bunga. Penyerbukan yang terjadi ialah penyerbukan tetangga (geitonogami).


Penyerbukan geitonogami yakni proses jatuhnya serbuk sari ke kepala putik bunga lain yang masih dalam satu pohon. Contoh tumbuhan lain yang mengalami penyerbukan tetangga ialah bunga aster, bunga kelapa, dan bunga kamboja.


Bunga matahari penyerbukannya dibantu oleh serangga (entomogami). Hal ini terjadi alasannya warna bunganya yang menarik, mempunyai serbuk sari yang lengket, dan menghasilkan nektar.








  1. Hydrilla


Hydrilla ialah jenis tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh air. Tanaman yang penyerbukannya dibantu oleha air umumnya adalaha tumbuhan yang habitatnya di air. Air yang mengenai serbuk sari akan membantu serbuk sari jatuh kepala putik.



  1. Jagung


Tanaman jagung merupakan salah satu tumpuan tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh angin (anemogami). Tanaman yang penyerbukannya secara anemogami mempunyai bunga yang tidak berwarna, tidak mempunyai kelenjar madu, mempunyai serbuk sari yang ringan sehingga gampang diterbangkan oleh angin.


Selain itu, ada juga yang tidak mempunyai mahkota dan mempunyai putik berbulu dan panjang yang terentang ke luar. Contoh lain tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh angin ialah rerumputan, kelapa, dan padi.


Baca juga media tanam yang manis untuk pertumbuhan jagung dan tanah yang sesuai untuk menanam pokok jagung.



  1. Durian


Durian ialah salah satu tumpuan tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh hewan. Umumnya tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh binatang ialah jenis tumbuhan yang mempunyai mahkota bunga yang berwarna-warni sampai mencolok, berukuran besar, dan mengeluarkan anyir harum yang khas.


Bunga durian sanggup menghasilkan nektar, sehingga menarik binatang untuk menghampirinya. Bunganya juga mempunyai kelenjar madu dan mempunyai serbuk sari berlendir yang lengket, sehingga melekat pada badan hewan.


Hewan yang sering membantu penyerbukannya umumnya ialah kupu-kupu dan lebah. Selain durian, penyerbukan bunga kamboja juga dibantu oleh hewan. Baca juga jenis tanah yang cocok untuk tanam durian.








  1. Vanili


Vanili dikenal sebagai tumbuhan yang penyerbukannya dibant oleh insan (antropogami). Hal ini alasannya sifat tumbuhan yang berumah dua. Hal ini berarti bahwa dalam satu pohon hanya terdapat bunga jantan atau bunga betina saja.


Penyerbukan dilakukan dengan menempelkan bunga jantan dengan serbuk sari yang telah dipetik dengan bunga betina yang sudah masak atau matang. Selain vanili, tumbuhan anggrek dan salak juga penyerbukannya dibantu oleh manusia. Baca juga cara menanam vanili dan cara menciptakan pot bunga anggrek dari sabut kelapa.



  1. Bunga cangkring atau dadap


Bunga cangkring ialah salah satu tumpuan tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh burung (ornitogami). Tanaman yang mengalami penyerbukan oleh burung biasanya mempunyai ukuran bunga yang cukup besar, berwarna merah cerah, tidak berbau, dan menghasilkan nektar dalam jumlah cukup banyak.


Ukuran bunga yang besar bisa menahan berat dari burung. Tidak semua jenis burung sanggup membantu penyerbukan tanaman. Burung yang sanggup membantu penyerbukan contohnya burung kolibri dan burung isap madu.



  1. Kaktus


Kaktus dibantu oleh kelelawar dalam penyerbukannya (kiropterogami). Tanaman yang penyerbukannya dibantu oleh kelelawar umumnya mempunyai warna yang menarik, menghasilkan bau, dan mekar pada malam hari. Baca juga cara merawat tumbuhan kaktus dan mengapa tumbuhan kaktus bisa hidup di lingkungan yang kekurangan air.


Inilah klarifikasi mengenai jenis tumbuhan yang bisa dikembangbiakkan secara generatif. Selain tanaman-tanaman yang telah disebutkan ada jenis tumbuhan lainnya menyerupai mangga dan jeruk. Semoga bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "8 Jenis Tanaman Yang Dapat Dikembangkan Secara Generatif"

Posting Komentar