Barisan Aritmatika

Barisan Aritmatika – sebuah persembahan dari Partner StudiMatematika untuk anda para pembelajar. Selamat menyimak.

Barisan Aritmatika

Dalam kehidupan sehari-hari, aneka macam dijumpai kelompok-kelompok yang berpola. Sebagai contoh, penataan dingklik di sebuah bioskop disusun dengan setiap baris memiliki jumlah dingklik yang berbeda-beda, semakin ke depan jumlah dingklik dalam setiap baris semakin bertambah.

Jika terurut barisan pertama dari paling belakang sebanyak 5 kursi, barisan kedua 8 kursi, barisan ketiga 11 kursi, barisan keempat 14 dingklik dan seterusnya, dapatkah kita memilih banyak dingklik di barisan-barisan berikutnya? Berapakah banyak dingklik pada berisan ke-20? Tentu kita bisa menentukannya dengan mudah, hingga dengan memilih banyak barisan ke-n dari susunan dingklik tersebut.
Penyelesaian:
1.      Kita sanggup menemukan pola dari barisan dingklik tersebut dengan derma tabel 1 berikut:
Tabel 1
Baris ke-
Banyak Kursi
Pola
B1
5
2 + 3×1 = 5
B2
8
2 + 3×2 = 8
B3
11
2 + 3×3 = 11
B4
14
2 + 3×4 = 14
....
....
....
Bn

2 + 3n

Dengan pola barisan bilangan ibarat di atas kita sanggup memilih banyak dingklik pada barisan berikutnya yaitu B5 = 2 + 3.5 = 17, B6 = 2 + 3.6 = 20, dan seterusnya. Kemudian banyak dingklik pada barisan ke-20 juga sanggup ditentukan dengan B20 = 2 + 3.20 = 62 kursi.
2.      Apakah ada pola yang lain pada barisan tersebut? Silahkan amati kembali tabel 2 berikut!
Tabel 2
Baris ke-
Banyak Kursi
Pola
B1
5
5 + 3.0 = 5 + 3(1 – 1) = 5
B2
8
5 + 3.1 = 5 + 3(2 – 1)= 8
B3
11
5 + 3.2 = 5 + 3(3 – 1)  = 11
B4
14
5 + 3.3 = 5 + 3(4 – 1)= 14
....
....
....
Bn

5 + 3(n -1)

Dengan pola barisan bilangan ibarat dalam tabel 2 kita sanggup memilih banyak dingklik pada barisan berikutnya yaitu B5 = 5 + 3(5-1) = 117, B6 = 5 + 3(6-1) = 20, dan seterusnya. Kemudian banyak dingklik pada barisan ke-20 juga sanggup ditentukan dengan B20 = 5 + 3(20-1) = 62 kursi.

Selain teladan pada susunan dingklik tersebut, masih banyak terdapat fenomena yang berkaitan, contohnya jikalau kita pergi ke pasar sering kita jumpai para pedagang jeruk yang menyusun buah jeruknya membentuk sebuah piramida untuk menarik konsumennya. Tentunya banyak buah jeruk pada baris paling bawah ialah paling banyak, dan semakin ke atas semakin sedikit.

Jika contohnya jeruk tersebut disusun dalam piramida segitiga, dan kita mengamati dari banyak jeruk pada barisan teratas, lalu semakin ke bawah, maka susunan buah jeruk tersebut sanggup kita representasikan ke dalam gambar berikut.



Susunan jeruk tersebut terlihat kokoh dan rapi, coba tentukan banyak jeruk pada 3 barisan berikutnya. Tentukan juka banyak jeruk pada barisan ke-30 !

Menemukan Pola Barisan Aritmetika

Pada susunan buah jeruk yang diberikan di atas, banyaknya bulatan yang tersusun sanggup dituliskan dengan bilangan, yaitu 1, 3, 6, 10, 15. ternyata diperoleh selisih antara bilangan pertama dengan bilangan kedua, bilangan kedua dengan bilangan ketiga, bilangan ketiga dengan bilangan keempat dan seterusnya, ibarat yang disajikan pada Gambar berikut.
Ternyata beda antara setiap dua bilangan yang berdekatan membentuk barisan yang gres yaitu 2, 3, 4, 5,... Perhatikan bagan pada Gambar berikut.
Selisih setiap dua bilangan yang berdekatan pada barisan 2, 3, 4, 5,... ialah tetap yaitu 1. Dengan demikian barisan 2, 3, 4, 5,... disebut “Barisan Aritmetika” dan barisan 1, 3, 6, 10, 15, ... disebut “Barisan Aritmetika Tingkat Dua”.
Masalah !
Seorang pengusaha sepatu Malangan bisa menjual sepatunya pada bulan pertama sebanyak 7 pasang. Sepatu yang dijual oleh pengusaha tersebut menerima kepercayaan dari para siswa Sekolah Menengan Atas di Malang, sehingga pada bulan kedua sepatu yang terjual sebanyak 10 pasang, bulan ketiga 13 pasang, dan bulan keempat 16 pasang. Dia mengira banyak sepatu yang terjual pada bulan berikutnya akan menjadi 3 lebih banyak dari penjualan bulan sebelumnya. Dengan pola tersebut, berpakah banyak sepatu yang harus disiapkan untuk dijual pada bulan ke-25?
Bulan ke-
Banyak Kursi
Pola
u1
5
5 + 3.0 = 5 + 3(1 – 1) = 5
u2
8
5 + 3.1 = 5 + 3(2 – 1)= 8
u3
11
5 + 3.2 = 5 + 3(3 – 1)  = 11
u4
14
5 + 3.3 = 5 + 3(4 – 1)= 14
....
....
....
un

5 + 3(n -1)

Bulan  ke-1 : u1 = a = 6                                        maka             u1 = 6 + (1 – 1)3
Bulan ke-2  : u2 = 6 + 3 = 6 + 1.3 = 9                  maka             u2 = 6 + (2 – 1)3
Bulan ke-3  : u3 = 6 + 3 + 3 = 6 +2.3 = 12           maka              u3 = 6 + (3 – 1)3
Bulan ke-4  : u4 = 6 + 3 + 3 + 3 =  6 + 3.3 = 15   maka             u4 = 6 + (4 – 1)3
...
Bulan ke-n : un = 6 + (n – 1)3                              maka              un = 6 + (n – 1)3

Berdasarkan pengamatan di atas,
penjualan sepatu pada bulan ke-n : un = 6 + (n – 1).3 (n merupakan bilangan asli).
Sesuai dengan pola di atas, sanggup diduga bahwa penjualan sepatu pada bulan ke-25 ialah  u25 = 6 + (25 – 1).3 = 6 + 72 = 78. Sehingga pengusaha tersebut sanggup menyiapkan 78 pasang sepatu pada bulan ke-25.

ü  Barisan aritmetika ialah barisan bilangan yang beda setiap dua suku yang berurutan ialah sama.
ü  Beda, disimbolkan dengan “b” . Beda dari suatu barisan aritmetika u1, u2, u3, u4, u5, …, un-1, un memenuhi pola berikut
b = u2 – u1= u3– u2= u4 – u3 = ... = un – u(n–1)
ü  u ialah bilangan orisinil sebagai nomor suku, un ialah suku ke-n, dan n merupakan anggota bilangan asli.
ü  Jika suku pertama (u1) dari barisan aritmetika dinyatakan dengan ”a” dan  beda antara dua bilangan berdekatan di notasikan  dengan“b”, maka pola susunan bilangan  5, 8, 11, 14,…, sanggup dijabarkan sebagai:
u1 = a
u2 = a + b
u3 = a + b + b = a + 2b
u4 = a + 2b + b = a + 3b
....
Un = a + (n – 1)b
ü  Jika u1, u2, u3, u4, u5, …, un-1, un  merupakan suku-suku barisan aritmetika. Rumus suku ke-n dari barisan tersebut dinyatakan sebagai berikut.
un = a + (n – 1)b
Contoh:
Diketahui barisan bilangan 1, 3, 5, 7, ..., 99
a. Tentukan rumus suku ke - n
b. Banyaknya suku dari barisan tersebut
Penyelesaian :

Barisan bilangan: 1, 3, 5, 7, ..., 99
a.     a = 1
        b = 2
       Un= a+(n-1)b
           = 1+(n-1)2
           = 1+2n-2
           = 2n-1
        Jadi, rumus suku ke-n barisan tersebut adalah Un =2n-1
b.     Diketahui suku ke-n = 99, berarti
        Un = 2n-1
         99 = 2n-1
     99+1 = 2n
       100 = 2n
    100:2 = n
         50 = n
                                 Jadi banyaknya suku pada barisan tersebut ialah 50.


Demikianlah pembahasan tentang Barisan Aritmatika dari kami. Semoga anda terbantu dengan penyajian kami. Salam Matematika ....!!


Sumber http://www.partnermatematika.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Barisan Aritmatika"

Posting Komentar