Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Manajemen?
Pengertian Umum Manajemen Apakah kau di sekolah yang berpartisipasi dalam organisasi? Organisasi apa yang kau ikuti? Osis, Pramuka, atau koperasi sekolah? Tentu saja, ada administrasi di organisasi-organisasi itu. Apakah kau termasuk tim administrasi organisasi di sekolah kamu?
Di perusahaan ada juga manajemen. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan manajemen? Dapatkah kau membayangkan dalam organisasi perusahaan, bagaimana karyawan di tingkat administrasi puncak menjalankan dan mengelola operasi perusahaan? Tindakan apa yang dilakukan pemimpin perusahaan dalam menangani problem dengan perusahaan? Nah, pada kesempatan kali ini akan mengajak kau untuk berkenalan dengan apa itu yang dinamakan Manajemen. Semoga bermanfaat.
A. Pengertian Manajemen
Dalam setiap aktivitas, terutama kegiatan bisnis, hampir tidak sanggup dipisahkan dari kolaborasi antar beberapa orang yang bergabung di dalamnya. Setiap orang yang terlibat di dalamnya mendukung satu sama lain meskipun tugas yang dilakukannya berbeda. Untuk mencapainya tujuan dari suatu kegiatan, kegiatan pengorganisasian dan pengelolaan akan diperlukan.
Kegiatan sejumlah orang untuk mencapai tujuan tertentu dikenal sebagai manajemen. Wadah untuk kegiatan sejumlah orang untuk mencapai tujuan biasanya dikenal dengan sebutan organisasi. Organisasi dan administrasi mempunyai arti yang hampir sama sehingga beberapa orang salah paham. Manajemen tidak sanggup dipisahkan dari problem organisasi.
Organisasi yaitu kumpulan orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Organisasi didorong oleh kesadaran manusia, yang pada pada dasarnya membutuhkan derma orang lain. Dengan adanya suatu organisasi, akan ada koordinasi dalam upaya mencapai tujuan yang dinyatakan. Manajemen yaitu kegiatan pemimpin dalam menggerakkan sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu dengan memanfaatkan sarana dan prasarana secara efektif dan efisien.
"Manajemen yaitu kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan, sementara organisasi yaitu daerah bagi sejumlah orang untuk melaksanakan kegiatan tersebut."
Manajemen terbentuk dalam setiap organisasi. Oleh alasannya yaitu itu, jalannya administrasi tergantung pada prinsip-prinsip organisasi yang diadopsi. Dalam pengertian manajemen, ada elemen tujuan, aktivitas, dan orang. Ketiga elemen ini yaitu elemen utama organisasi. Dengan cara ini, administrasi merupakan upaya biar ketiga elemen organisasi sanggup diterapkan secara efektif, efisien, produktif, dan maksimal.
Harold Koontz dan Cyril O'Donnel mendefinisikan administrasi sebagai upaya untuk mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Untuk alasan ini, koordinasi dibutuhkan untuk merencanakan kegiatan, staf, mengarahkan, dan mengendalikan.
Manajemen yaitu ilmu. Dalam hal ini, Shrode (1972) menyampaikan bahwa administrasi sanggup dilihat sebagai serangkaian kegiatan atau proses untuk mengkoordinasikan dan menginterpretasikan penggunaan sumber daya dalam mencapai tujuan organisasi (produktivitas) memakai orang melalui teknik dan warta dalam kanal organisasi. Oleh alasannya yaitu itu, seorang pemimpin harus mengetahui dan menguasai pekerjaannya sehingga lebih gampang untuk memindahkan orang. Namun, seorang pemimpin tidak hanya cukup untuk mengetahui dan menguasai pekerjaan, tetapi juga harus mengetahui seni atau cara memindahkan orang. Salah satunya yaitu dengan mengetahui secara mendalam langsung bawahannya. James A.F. Stoner (1986) menyampaikan bahwa administrasi yaitu seni melaksanakan pekerjaan melalui orang lain.
B. Elemen Manajemen
Manajemen sanggup diimplementasikan dengan baik jikalau unsur-unsur yang terkandung di dalamnya bersinergi dengan baik. Unsur-unsur ini, yaitu manusian (man), uang (money), materi mentah (material), mesin (machine), dan metode (metode) atau yang sering disebut 5M.
1. Manusia (man) yaitu elemen terpenting dalam administrasi alasannya yaitu insan yaitu bintang film utama dalam administrasi pencapaian tujuan.
2. Uang (money) merupakan elemen penting dari produksi alasannya yaitu untuk menjalankan kegiatan usahanya setiap perusahaan niscaya membutuhkan uang. Perusahaan membutuhkan uang untuk melaksanakan banyak hal, termasuk mengelola pendirian perusahaan, menyediakan modal usaha, pembelian peralatan, peralatan dan materi baku, dan membayar honor karyawan.
3. Bahan baku (material) sangat dibutuhkan dalam kegiatan bisnis suatu perusahaan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Bahan baku diperoleh dan diproses dengan cara yang efektif dan efisien.
4. Mesin (machine) mulai menggantikan banyak pekerjaan insan sesudah revolusi industri. Mesin-mesin yang dipakai semakin canggih seiring dengan perkembangan teknologi mesin. Mesin-mesin ini sanggup bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas bisnis suatu perusahaan.
5. Metode (metode) dibutuhkan untuk memastikan kelancaran pekerjaan di sebuah perusahaan. Metode kerja yang dipakai harus sesuai dengan kebutuhan perusahaan sehingga ada keselarasan antara metode kerja, mekanisme kerja, dan mekanisme kerja.
Berdasarkan klarifikasi diatas, sanggup disimpulkan bahwa administrasi yaitu ilmu atau seni yang mengatur proses pemanfaatan sumber daya insan dan sumber lain secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang didalamanya terdapat sinergi antar unsur-unsur menyerupai manusia, uang, bahan, mesin, dan metode. Semoga klarifikasi mengenai Defini Manajemen di atas sanggup bermanfaat. Terima kasih. Sumber http://www.zonasiswa.com
Di perusahaan ada juga manajemen. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan manajemen? Dapatkah kau membayangkan dalam organisasi perusahaan, bagaimana karyawan di tingkat administrasi puncak menjalankan dan mengelola operasi perusahaan? Tindakan apa yang dilakukan pemimpin perusahaan dalam menangani problem dengan perusahaan? Nah, pada kesempatan kali ini akan mengajak kau untuk berkenalan dengan apa itu yang dinamakan Manajemen. Semoga bermanfaat.
Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Manajemen? | www.zonasiswa.com |
A. Pengertian Manajemen
Dalam setiap aktivitas, terutama kegiatan bisnis, hampir tidak sanggup dipisahkan dari kolaborasi antar beberapa orang yang bergabung di dalamnya. Setiap orang yang terlibat di dalamnya mendukung satu sama lain meskipun tugas yang dilakukannya berbeda. Untuk mencapainya tujuan dari suatu kegiatan, kegiatan pengorganisasian dan pengelolaan akan diperlukan.
Kegiatan sejumlah orang untuk mencapai tujuan tertentu dikenal sebagai manajemen. Wadah untuk kegiatan sejumlah orang untuk mencapai tujuan biasanya dikenal dengan sebutan organisasi. Organisasi dan administrasi mempunyai arti yang hampir sama sehingga beberapa orang salah paham. Manajemen tidak sanggup dipisahkan dari problem organisasi.
Organisasi yaitu kumpulan orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Organisasi didorong oleh kesadaran manusia, yang pada pada dasarnya membutuhkan derma orang lain. Dengan adanya suatu organisasi, akan ada koordinasi dalam upaya mencapai tujuan yang dinyatakan. Manajemen yaitu kegiatan pemimpin dalam menggerakkan sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu dengan memanfaatkan sarana dan prasarana secara efektif dan efisien.
"Manajemen yaitu kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan, sementara organisasi yaitu daerah bagi sejumlah orang untuk melaksanakan kegiatan tersebut."
Manajemen terbentuk dalam setiap organisasi. Oleh alasannya yaitu itu, jalannya administrasi tergantung pada prinsip-prinsip organisasi yang diadopsi. Dalam pengertian manajemen, ada elemen tujuan, aktivitas, dan orang. Ketiga elemen ini yaitu elemen utama organisasi. Dengan cara ini, administrasi merupakan upaya biar ketiga elemen organisasi sanggup diterapkan secara efektif, efisien, produktif, dan maksimal.
Harold Koontz dan Cyril O'Donnel mendefinisikan administrasi sebagai upaya untuk mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Untuk alasan ini, koordinasi dibutuhkan untuk merencanakan kegiatan, staf, mengarahkan, dan mengendalikan.
Manajemen yaitu ilmu. Dalam hal ini, Shrode (1972) menyampaikan bahwa administrasi sanggup dilihat sebagai serangkaian kegiatan atau proses untuk mengkoordinasikan dan menginterpretasikan penggunaan sumber daya dalam mencapai tujuan organisasi (produktivitas) memakai orang melalui teknik dan warta dalam kanal organisasi. Oleh alasannya yaitu itu, seorang pemimpin harus mengetahui dan menguasai pekerjaannya sehingga lebih gampang untuk memindahkan orang. Namun, seorang pemimpin tidak hanya cukup untuk mengetahui dan menguasai pekerjaan, tetapi juga harus mengetahui seni atau cara memindahkan orang. Salah satunya yaitu dengan mengetahui secara mendalam langsung bawahannya. James A.F. Stoner (1986) menyampaikan bahwa administrasi yaitu seni melaksanakan pekerjaan melalui orang lain.
B. Elemen Manajemen
Manajemen sanggup diimplementasikan dengan baik jikalau unsur-unsur yang terkandung di dalamnya bersinergi dengan baik. Unsur-unsur ini, yaitu manusian (man), uang (money), materi mentah (material), mesin (machine), dan metode (metode) atau yang sering disebut 5M.
1. Manusia (man) yaitu elemen terpenting dalam administrasi alasannya yaitu insan yaitu bintang film utama dalam administrasi pencapaian tujuan.
2. Uang (money) merupakan elemen penting dari produksi alasannya yaitu untuk menjalankan kegiatan usahanya setiap perusahaan niscaya membutuhkan uang. Perusahaan membutuhkan uang untuk melaksanakan banyak hal, termasuk mengelola pendirian perusahaan, menyediakan modal usaha, pembelian peralatan, peralatan dan materi baku, dan membayar honor karyawan.
3. Bahan baku (material) sangat dibutuhkan dalam kegiatan bisnis suatu perusahaan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Bahan baku diperoleh dan diproses dengan cara yang efektif dan efisien.
4. Mesin (machine) mulai menggantikan banyak pekerjaan insan sesudah revolusi industri. Mesin-mesin yang dipakai semakin canggih seiring dengan perkembangan teknologi mesin. Mesin-mesin ini sanggup bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas bisnis suatu perusahaan.
5. Metode (metode) dibutuhkan untuk memastikan kelancaran pekerjaan di sebuah perusahaan. Metode kerja yang dipakai harus sesuai dengan kebutuhan perusahaan sehingga ada keselarasan antara metode kerja, mekanisme kerja, dan mekanisme kerja.
Berdasarkan klarifikasi diatas, sanggup disimpulkan bahwa administrasi yaitu ilmu atau seni yang mengatur proses pemanfaatan sumber daya insan dan sumber lain secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan yang didalamanya terdapat sinergi antar unsur-unsur menyerupai manusia, uang, bahan, mesin, dan metode. Semoga klarifikasi mengenai Defini Manajemen di atas sanggup bermanfaat. Terima kasih. Sumber http://www.zonasiswa.com
0 Response to "Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Manajemen?"
Posting Komentar