3 Tahap Dukungan Terhadap Korban Gigitan Ular

bacaanku.com3 Tahap Pertolongan Terhadap Korban Gigitan Ular. Ular merupakan salah satu binatang reptili yang hidup di negara tropis.


Dengan banyaknya sawah, kebun, dan banyak sekali jenis pepohonan menciptakan Indonesia menjadi sarang ular yang sangat banyak jenisnya.


Ular yaitu salah satu jenis binatang reptilia yang sangat unik. Banyak orang memelihara binatang ini lantaran keindahan bentuk dan warna dari sisiknya.


Terdapat 2 jenis ular, yaitu ular berbisa dan tidak berbisa. Walaupun begitu kita harus tetap waspada kalau bertemu ular, jangan pernah menyepelekan binatang reptil yang satu ini lantaran sanggup membahayakan nyawa.


Oleh lantaran itu, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana sumbangan pertama kalau terkena gigitan ular yang berbisa, Beberapa tindakan Pertolongan Terhadap Korban Gigitan Ular yang  sanggup Anda lakukan secara sanggup bangun diatas kaki sendiri antara lain :


1. Kenali Penampilan Ular Yang Menggigit Anda


Hal ini dilakukan supaya sanggup dikenali, Apakah ular yang menggigit Anda merupakan ular berbisa atau tidak. Supaya sanggup disampaikan kepada petugas medis yang menangani Anda.


Secara kasat mata, Kita sanggup membedakan ular berbisa dan tidak dengan melihat jenis moncong kepalanya. Apabila mencong ular tersebut berujung tumpul kedepan maka ular tersebut tidak berbisa, Sedangkan kalau moncong ular tersebut berujung lancip maka ular tersebut berbisa.


Detail gambar sanggup dilihat pada gambar dibawah ini :


 Tahap Pertolongan Terhadap Korban Gigitan Ular 3 Tahap Pertolongan Terhadap Korban Gigitan Ular
Contoh Atas Tidak Berbisa, Dan Bawah Adalah Ular berbisa

2. Posisikan korban dalam posisi yang aman


Sembari menunggu sumbangan medis datang, Anda sanggup melaksanakan beberapa hal berikut terhadap korban supaya membantu kondisi korban :



  1. Jauhkan/Amankan korban dari sumber ancaman (Ular yang telah menggigit) sebab, Semakin banyak sanggup maka semakin cepat menyebar.

  2. Buat korban untuk sanggup setenang mungkin biar tidak panik, Karena kepanikan sanggup menimbulkan jantung berdetak lebih kencang yang berakibat mempercepat penyebaran racun ular.

  3. Baringkan korban dengan posisi luka yang lebih rendah dari jantung, Hal ini mempunyai kegunaan untuk menurunkan durasi penyebaran darah yang mengandung racun.

  4. Tutupi bekas luka gigitan ular dengan materi steril (Lebih baik gunakan kasa/perban)


Akan tetapi, Jangan sekali kali Anda melaksanakan beberapa hal berikut terhadap korban :



  1. Menyayat luka gigitan

  2. Menghisap luka gigitan supaya sanggup mengeluarkan racun, Hal ini justru berakibat orang (penghisap) ikut terkena racun

  3. Mengikat kencang pada potongan luka yang terkena gigitan ular


3. Menilai kondisi Dan Menjaga Kesadaran Korban


Terakhir yang sanggup Anda lakukan sebelum hingga pada daerah medis (penanganan yang komprehensif) menyerupai rumah sakit ataupun klinik sekitar.


Anda sanggup membantu dengan menilai kondisi badan korban dengan memperhatikan frekuensi napas dan denyut nadi, serta kondisi umum lainnya dengan mengajak berbicara untuk memantau kesadarannya.


Hal ini dilakukan biar dikala korban tiba di rumah sakit atau klink, Anda sanggup segera melaporkan kondisi korban tanpa harus menginterogasi korban ulang di masa kritis.


Hal tersebut sanggup membantu korban untuk sanggup mendapatkan vaksin tetanus dikala masih tersadar, Karena vaksin tetanus merupakan booster yang penting bagi korban.


Sekian artikel mengenai Pertolongan Terhadap Korban Gigitan Ular semoga sanggup bermanfaat di lalu hari, Jangan lupa untuk menyebarkan gosip ini kalau dirasa bermanfaat bagi Anda dan orang lain.


[su_spoiler title=”Source” style=”simple” icon=”arrow”]klikdokter.com[/su_spoiler]



Sumber https://bacaanku.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "3 Tahap Dukungan Terhadap Korban Gigitan Ular"

Posting Komentar