Tujuan Utama Lesson Study
Menurut Thobroni (2011: 319) tujuan utama Lesson Study ialah sebagai berikut.
1. Memperoleh pemahaman yang lebih baik perihal bagaimana proses pembelajaran. Pembelajaran dengan model Lesson Study akan membimbing siswa tidak sekedar pada hasil kognitif tetapi juga afektif, sehingga anak lebih paham terhadap permasalahan yang dihadapi.
2. Memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya dalam melakukan pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari Lesson Study bisa dijadikan pedoman bagi guru-guru yang lain dalam meningkatkan proses pembelajaran. Dengan melihat aktivitas dalam proses pembelajaran seorang guru sanggup melihat kelemahan maupun kelebihan dari guru model, sehingga bisa dijadikan contoh atau pedoman untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
3. Meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif. Pembelajaran secara kolaboratif akan menumbuhkan keaktifan dan kreatifitas siswa, alasannya siswa termotivasi, bekerjasama, dan saling membelajarkan.
4. Membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru sanggup menimba pengetahuan dari guru lainnya. Pengalaman mengajar yang tidak di miliki para observer bisa dijadikan pengalaman berharga untuk diterapkan di kelasnya masing-masing.
Dengan penguasaan konsep Lesson Study akan menambah kepercayaan guru di satu sisi sebagai pengajar, pendidik, peneliti yang bisa merubah pola pikir siswa dari yang pasif menjadi aktif. Lesson Study memperlihatkan ruang bagi siswa untuk berpikir kritis, alasannya adanya keterbukaan untuk mengemukakan pendapat dan berargumentasi dengan temannya.
Sumber:
Basuki. 2013. Implementasi Lesson Study Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dalam Menanamkan Kemandirian dan Sikap Kewirausahaan Siswa Sekolah Menengan Atas di Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2012/2013. Tesis. Pascasarjana UNS.
Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com
0 Response to "Tujuan Utama Lesson Study"
Posting Komentar