Tahapan Lesson Study

Menurut Syamsuri dan Ibrohim (2011) bahwa terdapat tiga Tahapan Lesson Study, yaitu plan, do dan see.

Tahap Perencanaan (Plan)
Pada tahap perencanaan akseptor menentukan salah seorang akseptor menjadi moderator. Moderator harus mengikuti seluruh proses Studi Pembelajaran yaitu melalui tahapan plan, do, see. Dalam proses perencanaan para guru hendaknya mengkaji hal-hal sebagai berikut.

1. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), yang di dalamnya bisa di cermati Kompetensi Dasar dan standar kompetensi.

2. Menentukan materi pembelajaran yang akan disajikan. Biasanya materi yang dipilih untuk dijadikan topik dalam Studi Pembelajaran ialah sebagai berikut.
  • Materi yang sulit bagi siswa, dibutuhkan dengan pembelajaran model Lesson  Study menjadi lebih mudah, alasannya adanya kerjasama antar siswa dalam kelompok. 
  • Materi yang sulit bagi guru, kesulitan yang dihadapi guru akan terpecahkan, alasannya dalam pembelajaran Lesson  Study guru bisa saling bertukar pikiran, saling mengamati terkait proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru model secara kerja sama dengan para observer. 
  • Materi gres dalam kurikulum, dengan materi gres setidaknya menciptakan para guru belum sepenuhnya menguasai materi materi ajar, sehingga dengan kerja sama dengan para observer bisa memecahkan problem secara bersama-sama.
3. Metode pembelajaran yang efektif, metode pembelajaran yang digunakan harus bisa menyesuaikan dengan materi yang diajarkan, alasannya tidak semua metode pembelajaran sempurna untuk semua materi pelajaran.

4. Memerlukan media pembelajaran yang efektif, media pembelajaran harus diadaptasi dengan kondisi lingkungannya masing-masing, dan media pembelajaran yang efektif tidak harus mahal. Media pembelajaran hendaknya sanggup memperlihatkan isu pembelajaran dengan terang sehingga siswa akan cepat memahami apa yang dipelajarinya.

5. Menyusun indikator, dengan menyusun indikator yang berasal dari kompetensi dasar maka tujuan pembelajaran akan tercapai. Karena indikator akan memperlihatkan rincian materi lebih terang dan spesifik.

6. Menentukan metode yang sesuai, metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran harus sesuai dengan materi yang diajarkan. Dengan metode pembelajaran hendaknya bisa menciptakan siswa menjadi aktif, kreatif dan menyenangkan.

7. Menentukan urutan proses pembelajaran (skenario pembelajaran), proses pembelajaran yang dilakukan menurut pada tahapan dalam planning pelaksanaan pembelajaran (RPP). Penunjukan guru model sehabis aktivitas pembuatan planning pelaksanaan pembelajaran (RPP) selesai. Hasil planning pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan hasil kerja bersama dan dilaksanakan oleh guru model.

Tahap Pelaksanaan (Do)
Setelah aktivitas perencanaan matang dan aktivitas pelaksanaan di mulai maka para observer bisa mengadakan observasi pembelajaran yang akan dilakukan oleh guru model. Hal yang dibutuhkan ialah bagaimana bisa menciptakan siswa menjadi aktif, kreatif dan mau belajar.

Pada pelaksanaan pembelajaran, guru model harus mematuhi apa yang telah direncanakan dalam skenario pembelajaran, walaupun pada dikala pembelajaran boleh menyimpang dari skenario pembelajaran demi berhasilnya proses pembelajaran. Dimana kondisi yang direncanakan tidak sesuai dengan bencana pada dikala pelaksanaan proses pembelajaran. Apabila dalam kondisi tersebut, guru model harus tanggap untuk merubah situasi pembelajaran semoga berhasil.

Tahap Refleksi (See)
Merefleksikan pembelajaran dan merencanakan tahap-tahap selanjutnya. Pada tahap ini anggota kelompok dibutuhkan berpikir wacana apa yang harus dilakukan selanjutnya. Kegiatan refleksi dilakukan dalam bentuk diskusi, yang dipimpin oleh seorang moderator.

Kegiatan refleksi ini dilakukan sehabis proses pembelajaran selesai. Dengan anggapan para pengamat akan melaksanakan refleksi sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Refleksi harus dilakukan pada dikala itu juga, untuk menghindari bencana yang akan mensugesti hasil observasi.

Kegiatan yang dilakukan dalam Lesson  Study sanggup dilihat pada bagan  berikut ini.

Pada tahap perencanaan akseptor menentukan salah seorang akseptor menjadi moderator Tahapan Lesson  Study

Sumber:
Basuki. 2013. Implementasi Lesson Study Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dalam Menanamkan Kemandirian dan Sikap Kewirausahaan Siswa Sekolah Menengan Atas di Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2012/2013. Tesis. Pascasarjana UNS.

Sumber http://pend-ekonomi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tahapan Lesson Study"

Posting Komentar