Resep Camilan Bagus Cubit Setengah Matang Dan Cara Membuatnya

Kue Cubit yaitu kudapan manis mini yang orisinil berasal dari Jakarta, Indonesia. Resep Kue Cubit mulai dikenal di banyak sekali negara dan namanya diterjemahkan pribadi menjadi Pinch Cakes sebab ukurannya yang kecil.


Dinamakan dengan kudapan manis cubit sebab pada umumnya diambil dengan cara dicubit dengan dua jari dan biasanya habis dalam satu atau dua gigitan.


Makanan ini biasa dijual di pasar dan warung makan atau warung kopi, khususnya di daerah-daerah Jakarta. Selain kudapan manis cubit vanilla polos, kini sudah banyak variasi kudapan manis cubit dalam banyak sekali rasa dan warna. Misalnya kudapan manis cubit teh hijau, ubi jalar (berwarna ungu), talas, coklat, nangka dan masih banyak lagi.


Secara tradisional, Kue Cubit biasa dibuat memakai loyang cetakan kudapan manis yang disebut Cetakan Kue Cubit dan bentuk dan polanya juga beda-beda. Setelah campuran dituang ke dalam cetakan kudapan manis cubit kemudian dimasak di atas kompor.


Cara Membuat Kue Cubit


Gambar di bawah ini yaitu bentuk cetakan kudapan manis cubit yang biasa dijual di pasar.


Kue Cubit yaitu kudapan manis mini yang orisinil berasal dari Jakarta Resep Kue Cubit Setengah Matang dan Cara Membuatnya


Jika kau tidak mempunyai atau susah mencari Cetakan Kue Cubit, kau juga dapat memakai Panci Aebleskiver atau disebut juga dengan Besi Cor Aebleskiver dan mengisi rongganya dengan campuran sekitar setengah penuh.


Kue Cubit yaitu kudapan manis mini yang orisinil berasal dari Jakarta Resep Kue Cubit Setengah Matang dan Cara Membuatnya


Biasanya Panci Aebleskiver tidak dilengkapi dengan penutup, jadi kau dapat memakai epilog gelas yang terbuat dari steinless steel. Alternatif lain untuk cetakan kudapan manis cubit dapat juga mengguanakan Wajan Takoyaki ibarat yang terlihat pada gambar di bawah ini.


Kue Cubit yaitu kudapan manis mini yang orisinil berasal dari Jakarta Resep Kue Cubit Setengah Matang dan Cara Membuatnya


Kue akan dimasak setengah matang atau setengah jadi dengan bentuk permukaan belahan atas yang tidak diatur. Memasak kudapan manis cubit membutuhkan waktu singkat, yaitu sekitar 2-3 menit. Bisa juga memasaknya dalam waktu sekitar 4 menit. Sedangkan api kompor untuk memasaknya diharapkan panas api antara rendah dan sedang sesuai kebutuhan. Hal tersebut guna mencegah belahan bawah kudapan manis terlalu matang atau gosong.


Permukaan belahan atas kudapan manis cubit (topping) dapat diberi hiasan dengan taburan cokelat meises atau kelapa parut. Selain kudapan manis cubit jadi terlihat cantik, juga menambah variasi rasa sesuai dengan selera. Opsi topping lain untuk belahan atas atas kudapan manis cubit dapat juga menaburinya dengan coklat kitkat atau keju cheddar biar terkesan lebih mewah.


Agar kudapan manis cubit mempunyai rasa lebih enak, ditengah proses memasak campuran kudapan manis cubit, dapat mencampurnya dengan setengah sendok makan bubuk teh matcha. Atau gunakan satu sendok penuh teh hijau ke masing-masing kudapan manis cubit sebelum siap diangkat dari kompor.


Kue Cubit lebih yummy disajikan panas dan setengah matang.


Baca juga resep-resep kudapan manis dan kudapan lainnya:



Resep Kue Cubit


Dibawah ini kau akan melihat bahan-bahan yang diharapkan untuk menciptakan 26 buah kudapan manis cubit:



  • 3/4 cangkir gula pasir,

  • 3 telur,

  • 2 cangkir tepung terigu,

  • 1 sendok teh baking powder,

  • 1/2 sendok teh soda kue,

  • 1/4 sendok teh garam,

  • 1 sendok teh ekstrak vanila,

  • 1/2 cangkir susu murni,

  • 3 sendok makan mentega tawar, dilelehkan dan didinginkan,

  • minyak sayur untuk melumasi wajan, dan

  • taburan cokelat, biskuit cokelat yang di hancurkan, kelapa parut, keju cheddar, atau topping lain sesuai kreasi dan harapan masing-masing.


Cara Memasak Kue Cubit


Sebelum mulai memasak, khususnya pemula, kau boleh membaca artikel Wongunik lainnya mengenai tips memasak.


Kue Cubit yaitu kudapan manis mini yang orisinil berasal dari Jakarta Resep Kue Cubit Setengah Matang dan Cara Membuatnya


Dalam mangkuk besar, kocok gula dan telur secara bersamaan hingga halus. Perlahan-lahan campur tepung, baking powder, baking soda dan juga garam. Kocok ekstrak vanila, susu dan mentega untuk membentuk campuran yang halus. Tutup dan didiamkan selama 1 jam.


Tempatkan cetakan kudapan manis cubit atau opsi lain di atas kompor dengan api sedang. Setelah dipanaskan, lumasi rongga-rongga cetakan tersebut dengan minyak sayur dan kurangi panas apinya menjadi antara rendah dan sedang.


Pindahkan campuran kudapan manis cubit ke kantong pastry atau kantong plastik dengan sudut runcing yang dilobangi. Setelah itu, tuang campuran tersebut ke dalam rongga cetakan hingga setengah penuh. Lalu tutup rongga yang sudah terisi campuran dan masak selama satu menit.


Kemudian beri topping de atas kudapan manis cubit yang sedang dimasak sesuai dengan kreasi dan harapan kamu. Tutup lagi tongga cetakan tersebut dan masak hingga tingkat kematangan yang diinginkan, biasanya sekitar 2-3 menit untuk kudapan manis cubit setengah matang atau hingga 4 menit untuk kudapan manis cubit matang penuh.


Angkat kudapan manis cubit dari cetakan memakai sumpit atau sendok kecil. Ulangi lagi proses memasak kudapan manis cubit di atas hingga campuran yang tersisa habis dan kudapan manis cubit siap disajikan.


Demikianlah resep kudapan manis cubit dan proses membuatnya yang sederhana dan singkat. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan juga resep kudapan manis cubit ini ke sobat atau keluarga kamu. Selamat mencoba!



Sumber https://www.wongunik.com/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Resep Camilan Bagus Cubit Setengah Matang Dan Cara Membuatnya"

Posting Komentar