Perbedaan Jarak Dengan Perpindahan

Pada postingan sebelumnya Mafia Online sudah mengulas perihal pengertian jarak dan perpindahan. Pada postingan kali ini Mafia Online akan mengulas perihal perbedaan jarak dengan perpindahan. Apa perbedaan jarak dengan perpindahan?

Jika dilihat dari sudut pandang definisi maka jarak didefinisikan sebagai panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu benda dalam selang waktu tertentu, sedangkan perpindahan didefinisikan sebagai perubahan kedudukan suatu benda. Misalnya, Wahyuno akan menciptakan layang-layang lalu ia membeli perlengkapan untuk menciptakan layang-layang tersebut ke toko di sekitar rumahnya. Ia berjalan sejauh 40 m dari rumahnya ke arah utara menuju toko A untuk membeli kertas. Kemudian dari toko A ia berjalan sejauh 30 m ke arah timur menuju toko B untuk membeli lem. Dapatkah Anda hitung berapa jarak dan perpindahan yang ditempuh oleh Wahyuno untuk menuju toko B?

Misalkan rumah Wahyuno kita beri tanda titik R, toko A titik A dan toko B titik B, maka kalau digambarkan akan tampak menyerupai gambar di bawah ini.

Pada postingan sebelumnya Mafia Online sudah mengulas perihal pengertian  Perbedaan Jarak dengan Perpindahan

Berdasarkan definisi dari jarak, maka panjang lintasan yang ditempuh oleh Wahyuno yakni panjang lintasan dari rumah wahyuno hingga ke toko A lalu ditambahkan dengan panjang lintasan dari toko A hingga ke toko B, maka:
Jarak = RA + AB
Jarak = 40 m + 30 m
Jarak = 70 m
Jadi, jarak yang ditempuh oleh Wahyuno dari rumahnya hingga ke toko B yakni 70 m. Bagaimana dengan perpindahannya?

Berdasarkan definisi perpindahan, maka perubahan kedudukan Wahyuno dari rumah hingga ke toko B yakni dari titik R hingga titik B. Sekarang kita akan mencari panjang RB dengan memakai teorema phytagoras, maka:
RB2 = RA2 + AB2
RB2 = 402 + 302
RB2 = 1600 + 900
RB2 = 2500
RB = √2500
RB = 50 m
Jadi perpindahan Wahyuno dari rumah hingga ke toko B ialah 50 m.

Untuk memantapkan pemahman Anda perihal konsep jarak dan perpindahan silahkan kerjakan soal latihan berikut ini.

Soal Latihan
Perhatikan gambar di bawah ini

Pada postingan sebelumnya Mafia Online sudah mengulas perihal pengertian  Perbedaan Jarak dengan Perpindahan

Sebuah benda mula-mula bergerak dari titik A dengan mengikuti garis dan berhenti di titik G, tentukan jarak dan perpindahan benda tersebut.

Nah itu merupakan perbedaan jarak dan perpindahan menurut definisi. Jika dilihat dari sudut pandang besaran, maka jarak merupakan besaran skalar dan perpindahan merupakan besaran vektor. Di mana besaran skalar merupakan besaran yang mempunyai nilai saja, sedangkan besaran vektor merupakan besaran yang mempunyai nilai sekaligus arah (silahkan baca perbedaan besaran skalar dan vektor)


Demikian postingan Mafia Online perihal perbedaan jarak dengan perpindahan. Mohon maaf kalau ada kata atau perhitungan yang salah dalam postingan ini. Salam Mafia => Kita niscaya bisa.

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Perbedaan Jarak Dengan Perpindahan"

Posting Komentar