√ Pengertian Sistem Informasi, Komponen, Dan Contohnya

Sistem Informasi – Apa itu sistem warta atau sisfo? Mari kita ulas pengertian sistem warta sebagai berikut. Sistem warta yakni data yang diolah supaya menjadi mempunyai kegunaan bagi orang dan membantu untuk pengambilan putusan dari duduk kasus tertentu. Dengan kata lain sistem warta yakni sistem yang di dalamnya terdapat kumpulan warta yang hubungannya terhadap operasional organisasi atau instansi yang dipakai untuk pengambilan putusan.


Pengertian sistem informasi berdasarkan bahasa yakni 2 kata yang terdiri dari kata sistem yang mempunyai arti kumpulan orang atau beberapa orang yang bekerja sama secara tersetruktur untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan warta yakni data yang diolah supaya menjadi mempunyai kegunaan bagi orang dan membantu untuk pengambilan keputusan. Berikut sistem warta berdasarkan beberapa ahli.


 Mari kita ulas pengertian sistem warta sebagai berikut √ Pengertian Sistem Informasi, Komponen, dan Contohnya


Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli :



  1. Menurut Gardon B Davis


Pengertian sistem warta yakni sistem yang memerima input data dan instruksi, mengolah data berdasarkan intruksi dan mengeluarkan hasilnya.



  1. Menurut John F. Nash


Pengertian sistem warta yakni adonan antara manusia, kemudahan atau alat teknologi, media, mekanisme dan pengendalian ditujukan tuntuk pengaturan jaringan komunikasi, proses transaksi rutinan, membtu administrasi dan pemakai intern dan ekstern dan penyedia dasar untuk pengambilan keputusan yang sangat tepat.



  1. Menurut Kertahadi


Sistem warta menjadi alat peyajian data warta dengan aneka macam bentuk supaya bermanfaat untuk penerima. Dan mempunyai tujuan yaitu membrikan warta dalam perncanaan, memulai, pengorganisasian, operasional perusahaan dalam pelayanan sinergi organisai dalam proses pengendalian pengambilan keputusan.



  1. Menurut Rommey


Sistem warta diadakan untuk mengumpulkan, memasukkan, mengolah, dan menyimpan data dengan terorganisir cara penyimpanannya, mengolah, mengendalikan dan melaporkan warta supaya sanggup mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.



  1. Menurut Mc Leod


Sistem informasi merupakan sistem yang mempunyai kemampuan mengumpulkan warta dari sumber dan menggunakan beberapa media untuk menampilkan informasi.


Setelah memahami sistem warta selanjutnya akan membahas kompenen yang terlibat dalam sistem informasi. komponen sistem warta ini menjadi hal sangat penting dalam sistem informasi. berikut penjelasannya.


Komponen Sistem Informasi :



  1. Komponen input


Suatu data yang masuk kemudian diproses demi memcahkan setiap permasalahan yang sedang dihadapi para pengguna.



  1. Komponen model


Komponen input masuk ke sistem kemudian di proses di kompenen model. Peoses dilakukan melibatkan kombinasi peosedur, logika, dan model matematika supaya output bisa  sesuai yang di harapkan.



  1. Komponen output


Bisa disebut sebagai keluaran atau hasil warta yang mempunyai kualitas maka dari itu bisa menjadi dokumentasi untuk semua tingkat administrasi dan semua pemakai sistem.



  1. Komponen teknologi


Bertindak menjadi alat dan mempunyai semua alur sistem warta yaitu input, menjalankan fungsi model, menyimpandan mengakses data yang masuk dan menghasilkan output yang mempunyai kualitas tinggi.



  1. Kompoen basis data


Data  yang sudah masuk kemudian disimpan kedalam basis data atau komponen basis data. Komponen basis data yakni sekumpulan data yang dihubungkan oleh software pengolah data base.



  1. Komponen control


Bertugas menjadi pengendali tapi hanya untuk menjadi pengendali kalau terdapat gangguan pada sistem informasi.


Contoh Sistem Informasi :



  1. Knowledge work system


Jenis sistem warta yang memuat banyak warta terkini mengenai ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan yang dimuat kemudian bisa diakses pengguna dan dipakai untuk pemecahan macam – macam masalah.



  1. Transaction processing system


Jenis ini biasanya dipakai oleh instansi yang melaksanakan acara secara rutin. Seperti operasional rutin yaitu melaksanakan transaksi keuangan, regristrasi ulang secara berulang. Kegiatan tersebut rutin di catat dalam data base yang sudah dikomputerisasikan.



  1. Office automation system


Bertugas untuk menyatukan beberapa peralat IT di dalam jaringan tertentu dan dipusatkan pada server tertentu. Penyatuan peralatan IT  dari anggota atau pekerja dilakukan mempunyai tujuan supaya mempermudah dan memperlihatkan efesiensi dalam komunikasi.


Baca juga : Pengertian sistem


Demikianlah sajian warta lengkap mengenai definisi apa itu sistem warta beserta struktur komponen komponen sistem warta dan contohnya. Semoga apa yang kami paparkan diatas bisa menjadi media berguru untuk sobat sahabat semua yang sedang membutuhkan warta mengenai pengertian sistem informasi.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pengertian Sistem Informasi, Komponen, Dan Contohnya"

Posting Komentar