√ Pengertian Ekonomi Beserta Motif Dan Prinsip Ilmu Ekonomi

Pengertian ekonomi secara umum, ekonomi ialah satu dari banyak ilmu sosial yang mempelajari acara insan yang hubungannya dengan produksi, distribusi dan konsumsi atas barang dan jasa. Orang sebagai teladan dengan ilmu ekonomi disebut hebat ekonomi atau ekonom. Pengertian ekonom sendiri yanitu orang yang menggunakan konsep ekonomi dan data untuk melaksanakan suatu pekerjaan. Jika berdasarkan istilah pengertian ekonomi sendiri berasal dari bahasa yunani kuno yaitu oikos yang mempunyai arti keluarga, rumah tangga sedangkan nomos ialah peraturan, atran, hukum. Makara secara etimologi pengertian ekonomi ialah aturan rumah tangga atau administrasi rumah tangga.


Pengertian Ekonomi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) :



  • Ilmu yang mengenal asas produksi, distribusi dan pemakaian banang juga kekayaan, misalnya dalam hal keuangan, perindustrian dan pergangan.

  • Kegiatan yang memanfaatkan uang, tenaga, waktu dan suatu hal yang berharga.

  • Tata hidup perekonomian suatu.

  • Urusan keuangan rumah tangga, organisasi atau Negara.


Ada beberapa hebat yang memperlihatkan pendapat dalam pengertian ekonomi. Berikut pengertian ekonomi berdasarkan para hebat yang sanggup anda simak.


 ekonomi ialah satu dari banyak ilmu sosial yang mempelajari acara insan yang hubung √ Pengertian Ekonomi Beserta Motif dan Prinsip Ilmu Ekonomi


Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli :



  1. Abraham Maslow

    Ekonoi ialah bidang keilmuan yang sanggup menyekesaikan dilema kehidupan insan dengan cara penggemblengan semua sumber ekonomi yang ada berdasarkan teori dan prinsip dalam sisitem ekonomi yang dianggap efisien dan efektif.

  2. Adam Smith

    Ekonomi ialah penyelidikan mengenai kondisi dan lantaran hadirnya kekayaan Negara.

  3. Jhon Stuart Mill

    Ekonomi ialah ilmu simpel yang mempelajari mengenai penagihan dan pengeluaran.

  4. Paul Anthony Samuelson

    Ekonomi ialah cara yang dipakai seseorang atau sekumpulan orang untuk menggunakan sumber yang terbatas semoga menerima banyak macam komoditi dan produk juga menyalurkan semoga sanggup dikonsumsi banyak masyarakat.

  5. Hermawan Kartajaya

    Ekonomi ialah suatu tempat yang dimana sector industry sedang menempel diatasnya.


Setelah memahami pengertian ekonomi, tadi banyak kata ilmu ekonomi yang disematkan dalam pengertian ekonomi. Lalu apa sih ilmu ekonomi itu? Mari simak penjelasannya mengenai pengertian ilmu ekonomi.


Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari sikap individu dan masyarakan dalam pembuatan pilihan mengenai uang atau tanpa uang menggunakan sumber terbatas yang menggunkancara atau alternative terbaik semoga menghasilkan barang atau jasa untuk pemenuhan kebutuha insan yang tak terbatas. Barang dan jasa yang sudah dihasilkan kemudian didistribusikan untuk kebutuhan konsumsi ketika ini mau pun di masa yang akan mendatang untuk individu dan kelompok masyarakat.


Prinsip dan Motiv Ekonomi :



  • Prinsip ekonomi

    Prinsip ekonomi ialah panduan acara ekonomi dengan mempunyai tujuan yaitu mencapai perbandiangan rasional antara pengorbanan yang dikeluarkan dan hasil yang diperoleh.

  • Kegiatan produksi

    Dasar menghasilkan barang dan jasa dalam jumlah banyak dengan biaya produksi dan pengorbana tertentu. Seperti memilih harga jual menguntungkan, membuka perjuangan bersahabat dengan bahanbaku, tenaga kerja, dan kawasan pemasaran.

  • Kegiatan distribusi

    Sistem dan acara penyaluran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Seperti membeli barang dari produsen sehingga sanggup mengeluarkan biaya yang kecil, menyalurkan barang konsumen sempurna waktu.

  • Kegiatan konsumsi

    Upaya memperoleh kepuasan sebesar mungkain dari barang atau jasa dengan pengorbanan danpenggunaan tertentu. Seperti membeli barang anggun dan berkualitas, membeli barang yang berharga terjangkau, menciptakan daftar barang yang diharapkan sesuai keperluan.


Baca juga : Pengertian Bisnis


Pengertian perumbuhan ekonomi ialah proses yang meningkatnya pendapatan tanpa menghubungkan dengan tingkat petumbuhan penduduk, tingkat pertumbuhan penduduk biasanya sering dihubungkan dengan pembangunan ekonomi atau pertamahan pendapatan nasional pada periode tertentu misalnya satu tahun terakhir pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan dari kapasitas produksi atau jasa dalam kurun waktu tertentu.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pengertian Ekonomi Beserta Motif Dan Prinsip Ilmu Ekonomi"

Posting Komentar