Menguji Ketahanan Diri Di Curug Cikanteh, Geopark Ciletuh

Membahas keindahan alam Geopark Ciletuh tidak akan ada habisnya, setiap sudut dan objek mempunyai keindahan dan keunikan masing-masing tidak terkecuali Curug Cikanteh.


Baca Juga: Mengunjungi Geopark Ciletuh, Kandidat Global Geopark dari UNESCO


Walaupun Geopark Ciletuh mempunyai banyak curug, namun setiap curug menyimpan keistimewaan dan ceritanya masing-masing.


Menguji Ketahanan Diri di Curug Cikanteh, Geopark Ciletuh


Membahas keindahan alam Geopark Ciletuh tidak akan ada habisnya Menguji Ketahanan Diri di Curug Cikanteh, Geopark Ciletuh
Lelahnya usaha ke Curug Cikanteh kesudahannya terbayar

Penjelajahan Curug Cikanteh kami lakukan pada hari kedua dan sebelum kami memulai perjalanan, kami terlebih dahulu sarapan di guest house dan membawa barang-barang kami alasannya yaitu siang hari menuju sore kami akan kembali ke Jakarta.


Curug Cikanteh berlokasi tidak terlalu jauh dari Curug Sodong Kembar. Namun, untuk sanggup menjangkau curug ini kau harus melaksanakan trekking yang menguras tenaga dan sanggup dikatakan tidak mudah.


Baca Juga: Mengembalikan Energi di Puncak Panenjoan, Geopark Ciletuh


Mobil yang kami sewa kami parkirkan persis di pekarangan Curug Sodong Kembar bersamaan dengan barang-barang kami untuk pulang ke Jakarta. Terdapat dua tour guide yang bertugas menjaga kendaraan beroda empat dan barang-barang kami sedangkan kami dan seorang tour guide lainnya berjalan melalui track yang melewati Curug Sodong Kembar.


Track yang ada begitu sempit dan mempunyai banyak tanjakan. Dari track ini kau sanggup melihat pemandangan Curug Sodong Kembar dengan lebih terang alasannya yaitu memang curug tersebut berada di sebelah kirimu.


Selain itu di kiri dan kananmu tumbuh tanaman-tanaman liar khas tumbuhan hutan yang siap menemanimu di sepanjang perjalanan dan siap menggores tangan dan kakimu jikalau kau tidak hati-hati.


Membahas keindahan alam Geopark Ciletuh tidak akan ada habisnya Menguji Ketahanan Diri di Curug Cikanteh, Geopark Ciletuh
Perjuangan yang melelahkan untuk mencapai Curug Cikanteh-1

Semua track yang ada terbentuk secara alami dan di sini belum ada pembangunan jalan yang resmi. Namun tidak ada yang diperoleh dengan gampang jikalau ingin melihat pemandangan indah bukan? 😀


Untungnya teman-temanku kebanyakan pria dan mereka semua dengan sigap membantuku dan kedua sahabat perempuanku berjalan di tanjakan-tanjakan sulit dan terjal. Melakukan trekking bukanlah pengalaman gres bagiku alasannya yaitu saya memang bahagia dengan alam dan sudah terbiasa dengan perjalanan ibarat ini.


Lagipula rasa letih juga tidak terasa alasannya yaitu sepanjang perjalanan saya dan teman-temanku bersenda gurau dan di hadapan kami juga tersuguh pemandangan hijau alamiah nan menyegarkan mata.


Baca Juga: Curug Sodong Kembar, Salah Satu Curug yang Wajib Dikunjungi di Geopark Ciletuh


Harus saya akui, untuk menjangkau Curug Cikanteh memang butuh perjuangan. Kami tidak hanya dihadapkan pada track yang sempit dan terjal namun kami harus melalui beberapa sungai dan harus menyeberanginya dengan hati-hati. Selain itu kami harus melanjutkan perjalanan melewati hutan-hutan yang mempunyai jalan yang sempit dan penuh dengan bebatuan.


Membahas keindahan alam Geopark Ciletuh tidak akan ada habisnya Menguji Ketahanan Diri di Curug Cikanteh, Geopark Ciletuh
Perjuangan yang melelahkan untuk mencapai Curug Cikanteh-2

Pengalaman ibarat ini juga menguji sesolid apa pertemanan yang kita miliki alasannya yaitu kita dituntut harus saling berafiliasi terutama saat harus menyeberangi sungai-sungai yang berbatu-batu.


Kamu pun harus dengan perlahan dan hati-hati saat menyeberangi sungai semoga tidak tergelincir dan juga harus hati-hati saat berjalan di hutan alasannya yaitu tanah yang ada begitu licin dan lembab ditambah sendal dan kakimu sudah berair kuyup alasannya yaitu menyeberangi sungai-sungai tersebut.


Baca Juga: Puncak Darma, Sang Primadona Geopark Ciletuh


Malahan salah satu bapak di rombongan kami harus rela nyeker alasannya yaitu salah satu sendalnya putus akhir tergelincir di sungai. Alhasil beliau harus bertelanjang kaki menyusuri hutan-hutan dan sungai-sungai sepanjang perjalanan pergi dan pulang hehe 😀


Membahas keindahan alam Geopark Ciletuh tidak akan ada habisnya Menguji Ketahanan Diri di Curug Cikanteh, Geopark Ciletuh
Perjuangan yang melelahkan untuk mencapai Curug Cikanteh-3

Sekitar 30 menit berlalu, kami mendengar dari kejauhan bunyi air yang jatuh dengan derasnya mengambarkan bahwa Curug Cikanteh sudah dekat. Dari kejauhan pemandangan Curug Cikanteh yang mempesona sudah terlihat dan seakan memanggil kami untuk segera tiba. Namun masih ada tantangan yang harus ditaklukkan yakni melewati bebatuan sungai yang besar yang seakan menghalangi kami untuk datang di sana.


Baca Juga: Pantai Pasir Putih Geopark Ciletuh Menyimpan Keindahan yang Unik


Tibalah kami di Curug Cikanteh yang indah ini dan rasa lelah pun kian terbayar saat percikan air membasahi wajah dan rambut kami. Curug ini begitu indah dan bentuknya juga begitu unik seakan terpahat dengan rapi secara alami.


Benar-benar alam ciptaan Tuhan yang luar biasa, begitu bersyukur rasanya sanggup melihat salah satu keindahan alam Indonesia secara langsung.


Aku dan teman-temanku pun eksklusif heboh mengabadikan momen-momen kami di sini. Sungguh rasanya ingin sekali mandi dan bermain air di sini namun mengingat kami masih punya jadwal terakhir sebelum pulang maka niat itu pun kami urungkan.


Membahas keindahan alam Geopark Ciletuh tidak akan ada habisnya Menguji Ketahanan Diri di Curug Cikanteh, Geopark Ciletuh
Perjuangan yang melelahkan untuk mencapai Curug Cikanteh-4

Sama ibarat Curug Sodong Kembar, Curug Cikanteh juga mempunyai air yang cukup deras namun tidak jernih. Namun di Curug Cikanteh batu-batu sungainya lebih besar sedangkan di Curug Sodong Kembar, batu-batu sungai hampir tidak ada.


Untuk sanggup mengakses daerah ini kau tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali alasannya yaitu memang wisata curug ini masih belum digarap secara komersil. Namun sangat penting berkunjung ke curug ini dengan pertolongan jasa tour guide alasannya yaitu curug ini berada di tengah-tengah hutan dan jalanannya pun membingungkan.


Baca Juga: Megahnya Curug Awang, Curug yang Paling Dicari di Geopark Ciletuh


Jangan sekali-sekali mengambil risiko dengan pergi sendiri tanpa pertolongan atau pengawalan tour guide atau orang lokal mengingat signal telekomunikasi di sini juga tidak manis atau sanggup dikatakan hampir tidak ada.


Pastikan saat mengunjungi tempat-tempat ibarat ini kau memakai pakaian yang memadai. Gunakan pakaian yang tidak merepotkanmu dan sendal gunung yang beralaskan gerigi semoga kau tidak terpeleset. Bawa jugalah sedikit cemilan atau minimal sebotol air mineral semoga kau tidak kehausan selama perjalanan.


Membahas keindahan alam Geopark Ciletuh tidak akan ada habisnya Menguji Ketahanan Diri di Curug Cikanteh, Geopark Ciletuh
Curug Cikanteh yang mengagumkan

Setelah berfoto-foto dengan puas kami pun harus kembali ke daerah kami memparkirkan kendaraan beroda empat yakni di pekarangan Curug Sodong Kembar dengan melalui 30 menit perjalanan pulang dan melewati jalan yang sama ibarat kami hendak ke curug ini.


Rasa syukur tidak habisnya terucap di dalam hati alasannya yaitu kami sanggup keluar dari hutan dengan kondisi selamat tanpa kekurangan apapun. Tidak ada luka ataupun rintangan yang berarti yang menghalangi perjalanan kami.


Indonesia memang sungguh negara kaya dan begitu bersyukur sanggup hidup dan tinggal di negara ini hehe 😀




Kelebihan dan Kekurangan Curug Cikanteh, Geopark Ciletuh


Membahas keindahan alam Geopark Ciletuh tidak akan ada habisnya Menguji Ketahanan Diri di Curug Cikanteh, Geopark Ciletuh
Basah-basahan bersama teman-teman di Curug Cikanteh

Kelebihan Curug Cikanteh:

1. Curug alami yang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat luar

2. Keindahan dan keasrian yang masih terjaga dengan baik

3. Biaya gratis untuk mengakses

Kekurangan Curug Cikanteh:

1. Akses yang masih sulit

2. Dibutuhkan pembangunan infrastruktur dan penggalian potensi alam yang lebih maksimal

3. Tidak terdapat toilet umum ataupun warung-warung

4. Signal telekomunikasi tidak bagus



Perjalananku Mengelilingi Geopark Ciletuh – Hari Kedua



Curug CikantehCurug AwangPuncak Panenjoan




Peta Lokasi Curug Cikanteh, Geopark Ciletuh





Perjalananku di hari kedua masih berlanjut dan tetap ikuti ya ceritaku menjelajahi Geopark Ciletuh yang indah ini 😀



Sumber https://ladypinem.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Menguji Ketahanan Diri Di Curug Cikanteh, Geopark Ciletuh"

Posting Komentar